3D Printing & CNC

6 Penerapan Laser Cutting dalam Berbagai Sektor Industri

Aplikasi Mesin Laser Cutting Pada Dunia Industri

Mesin laser cutting kerapkali diidentikkan sebagai sebuah inovasi dalam industri konstruksi dan manufaktur. Namun, nyatanya mesin ini secara massif dipergunakan oleh beragam sektor industri. Mulai dari kerajinan, perhiasan, patung, mebel, hingga sektor penerbangan sudah banyak yang mengaplikasikan laser cutting dalam proses produksinya.

Mesin laser cutting sendiri yaitu teknik pemotongan bahan baku atau material dengan menggunakan sinar laser. Sistem kerjanya otomatis karena ditunjang oleh permesinan CNC yang canggih. Anda hanya perlu menyiapkan desain pola potongan dan mengatur beberapa setup untuk kemudian desain tersebut direalisasikan oleh laser cutting. Hasil pengerjaan dengan mesin ini terkenal presisi, halus, dan tajam sehingga tak mengherankan jika setiap bidang perindustrian melirik laser cutting. Berikut ini adalah beberapa penerapan laser cutting di berbagai sektor,

1. Konstruksi dan Manufaktur

Penerapan laser cutting di industri konstruksi dan manufaktur biasanya berupa pembuatan partisi ruangan, fasad bangunan, pagar rumah, dsb. Di sini peran arsitek sangat penting karena dituntut untuk menciptakan desain sekreatif mungkin agar sesuai keinginan klien. Material yang sering dipakai yaitu logam berupa besi atau aluminium dan material non-logam berupa kayu.

Baca Juga:  Kelebihan dan Kekurangan Penggunaan Laser Cutting

Laser cutting sangat membantu arsitek dan desainer interior untuk merealisasikan desain sekompleks apapun. Dengan hasil presisi tingkat tinggi dan mampu mengerjakan banyak part dalam waktu cepat, tentu penggunaan laser cutting akan mempercepat estimasi pengerjaan proyek.

2. Mebel dan Furniture

Dalam industri mebel, laser cutting berguna untuk menghasilkan berbagai perkakas ruangan berkualitas premium. Furniture yang diperoleh melalui proses pemotongan laser rata-rata memiliki model dan ukiran yang terlihat rapi dan presisi. Biasanya barang-barang dengan pola rumit yang nampak mustahil dikerjakan manual dibuat menggunakan laser cutting. Perkakas yang biasa dibuat yaitu meja, kursi, dekorasi ruangan, rak dll. Material yang dipakai berupa kayu atau akrilik.

3. Seni Kerajinan

Industri seni tak ketinggalan memanfaatkan teknologi ini pula. Karya yang banyak dibuat dengan pemotongan laser yakni berupa souvenir pernikahan dan wallart. Souvenir pernikahan menjadi lebih menarik karena desainnya kreatif, mesin laser cutting cocok juga untuk memproduksi souvenir dalam jumlah besar dalam waktu singkat.

Sedangkan untuk pembuatan wallart, penggunaan laser cutting merupakan langkah mudah yang hemat. Biasanya para pelaku industri kesenian memakai jasa laser cutting untuk memotong material kulit menjadi bentuk yang diinginkan. Hasilnya jauh lebih rapi dan bernilai seni dibandingkan pemotongan manual.

4. Otomotif

Industri otomotif mempunyai kebutuhan yang sangat besar akan suku cadang serta prototype komponen kendaraan. Dengan laser cutting yang mampu memproduksi suku cadang dengan cepat dan akurat, kebutuhan tersebut dengan mudah terpenuhi. Perangkat ini dipakai untuk memotong material plastik dan logam sampai membentuk komponen kendaraan, bagian body kendaraan, part elektronik, kancing, dan penutup body. Fungsi grafir dimanfaatkan untuk membuat ukiran tombol kendaraan serta mencatat nomor seri komponen yang masuk ke bagian produksi.

5. Perhiasan

Oleh karena laser cutting mampu memotong berbagai bentuk material dengan ketebalan berbeda, mesin ini dimanfaatkan untuk memproduksi perhiasan. Biasanya digunakan dalam pembuatan gelang atau cincin dengan diameter, kedalaman, dan lebar tertentu yang diatur oleh laser. Laser cutting jugga dipakai untuk mengukir atau membuat tanda pada perhiasan.

6. Penerbangan

Semenjak 1970-an, mesin laser cutting sudah diaplikasikan dalam pemotongan aluminium, titanium, serta baja tahan karat dalam rangka memenuhi kebutuhan industri penerbangan. Industri penerbangan sangat mengutamakan presisi dan akurasi karena menyangkut keselamatan nyawa, sehingga mesin laser cutting adalah pilihan terbaik. Mesin ini digunakan untuk membuat part rangka pesawat hingga membuat komponen mesin dan elektroniknya.

Kata Kunci:

Cnc 3d perhiasan,Cnc perhiasan dunia

Baca Juga:  6 Merk Mesin Laser Cutting Terbaik Paling Direkomendasikan

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker