Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Interior

Memilih Lantai Vinyl, Pahami Sebelum Membeli Lantai Vinyl

Memilih Lantai Vinyl, Pahami Sebelum Membeli Lantai Vinyl. Apakah lantai vinil cocok untuk Anda? Sebelum memilih vinil, ada beberapa hal penting yang perlu Anda pertimbangkan. Lihat daftar kami di bawah ini.

Memilih Lantai Vinyl

Lantai vinil hadir dalam 2 jenis — lantai lembaran dan lantai ubin. Lantai lembaran — yang diletakkan dalam lembaran yang lebarnya 6 atau 12 kaki — tahan air dan mudah dipasang. Lantai ubin vinil hadir dalam ukuran ubin 9 atau 12 inci persegi; itu mereplikasi tampilan ubin keramik tetapi lebih ekonomis. Luxury Vinyl Tile — yang mensimulasikan batu atau kayu — hadir dalam bentuk papan, seringkali 7 ”lebar 48”.

Finishing Vinyl

Ada 3 jenis pelapis lantai vinyl, yang semuanya memberikan hasil akhir yang indah.

  • Vinyl no-wax finish: Ini adalah jenis yang paling ringan dan bagus untuk area dengan lalu lintas kaki yang ringan dan paparan minimal terhadap kotoran dan kelembaban
  • Lapisan Uretan: Lebih tahan lama, lapisan ini lebih berat dan tahan terhadap lalu lintas pejalan kaki yang moderat dan juga tahan terhadap lecet dan mudah dibersihkan
  • Enhanced urethane finish: Ini adalah yang terberat yang tersedia dan dapat mengakomodasi lalu lintas pejalan kaki terberat, sangat tahan terhadap goresan dan noda, dan menikmati kilau abadi tanpa perawatan yang konstan
Baca Juga:  Membuat Dapur Industrial, Ini yang Perlu Diperhatikan

Biaya Lantai Vinyl

Per meter persegi, lantai vinil adalah salah satu opsi lantai paling ekonomis yang bisa Anda pilih. Rata-rata, bisa menghabiskan 150.000 – 300.000 per meter persegi untuk menginstalnya. Ketika membandingkan biayanya dengan lantai kayu, batu, atau keramik, vinil menawarkan penghematan biaya yang signifikan.

Kita dapat memotong biaya lebih jauh dengan memasang lantai vinil sendiri. Bergantung pada kerumitan proyek, Anda dapat menghabiskan Rp. 50.000 lebih sedikit per meter persegi jika Anda melakukan instalasi.

Memilih Lantai Vinyl: Kemudahan Instalasi

Pemasangan lantai vinil biasanya lebih mudah daripada pemasangan bahan lantai lainnya. Lembaran vinyl  misalnya, tidak membutuhkan lem atau staples. bahkan ada yang sudah ada perekat dengan mudah ditempelkan ke lantai bawah yang sudah disiapkan.

Lantai vinil juga dapat dipasang di atas beton, kayu keras, atau kayu lapis. Ia bahkan dapat dipasang di atas vinil yang ada; namun, tidak disarankan jika Anda memiliki 2 atau lebih lapisan yang sudah ada.

Memilih Lantai Vinyl: Daya tahan

Lantai vinil sangat tahan lama. Jika dipasang dan dirawat dengan benar, itu bisa bertahan hingga 10-20 tahun. Yang mengatakan, vinil adalah pilihan tepat untuk kamar di rumah Anda yang mendapatkan lalu lintas terbanyak.

Baca Juga:  Skirting, Jenis dan Fungsi Skirting Pada Konstruksi Interior

Selain itu, sebagian besar lantai vinil memiliki lapisan keausan pada permukaannya yang tahan terhadap goresan dan noda. Beberapa produk vinil bahkan menawarkan jaminan hingga 15 tahun pada lapisan keausan. Seperti halnya lantai apa pun, kualitas material yang Anda beli akan memengaruhi berapa lama berlangsung.

Resistensi Noda

Seperti disebutkan sebelumnya, beberapa ubin vinil memiliki lapisan aus yang tahan noda dan tumpahan — Anda dapat mengharapkan perlindungan ini dengan ubin dan lembaran vinil tercetak. Di sisi lain, ubin vinil solid dan komposit tidak memiliki perlindungan permukaan ini. Karena itu, mereka lebih rentan terhadap noda dan membutuhkan pengupasan dan pemolesan sesekali agar tetap terlihat seperti baru.

Ketebalan

Vinyl umumnya lunak di bawah kaki Anda. Beberapa lembar dan ubin vinil bahkan memiliki lapisan yang empuk, membuat berjalan di atas vinil lebih nyaman. Juga, lantai vinil sering disebut sebagai lantai “tangguh”. Ini berarti bahwa lantai memiliki tingkat elastisitas tertentu ketika Anda berjalan melewatinya. Luxury Vinyl Tile juga lebih tenang, karena memiliki sifat menyerap suara.

Penggunaan yang Disarankan

Karena daya tahannya, ubin vinil menjadi pilihan tepat untuk:

  • Dapur
  • Kamar mandi
  • Ruang bawah tanah
  • Kamar Keluarga
  • Ruang Binatu
Baca Juga:  Akuarium Air Laut, Panduan Membuat Akuarium Air Laut

Pemeliharaan

Ini adalah salah satu area di mana ubin vinil benar-benar bersinar. Perawatannya cenderung mudah. Setelah menyapu lantai vinil Anda untuk menghilangkan kotoran dan pasir, cukup jalankan pel basah di atasnya (menggunakan pembersih lantai vinil yang disetujui) untuk menjaga lantai Anda tampak yang terbaik. Sebagian besar lantai vinil memiliki lapisan “tanpa lilin” dan akan terlihat sama mengkilapnya setelah mengepel seperti hari Anda membelinya.

 

Memilih Lantai Vinyl: Desain

Beberapa orang mungkin mengatakan bahwa opsi desain lantai vinil adalah fitur terbesarnya; fleksibilitas vinyl menjadikannya favorit pemilik rumah. Dengan begitu banyak warna dan pola lantai vinil yang berbeda, opsi Anda hampir tidak ada habisnya.

Misalnya, Anda dapat menggabungkan vinil padat dan komposit untuk membuat pola acak yang unik. Atau pertimbangkan untuk mencetak vinil. Dengan itu, Anda dapat membuat tampilan batu atau kayu tanpa biaya menggunakan bahan-bahan alami tersebut.

 

Perbaikan Vinyl

Lantai vinil berkualitas tinggi sangat tahan lama. Namun, vinil berkualitas rendah rentan terhadap sobek dan robek, dan memperbaikinya bisa menjadi tantangan. Secara khusus, ini terutama berlaku jika Anda menggunakan lembaran vinil. Karena lantai vinil tidak dapat diperbaiki, sekali rusak, perlu dilepas dan diganti.

Komentar

comments

Tags
harga lantai vinyl harga lantai vinyl motif kayu per box harga lantai vinyl per m2 harga lantai vinyl roll lantai vinyl memilih lantai vinyl spesifikasi lantai vinyl

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan. Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker