InteriorPengetahuan

Tips Praktis Menata Ruang Tamu Kecil Minimalis

Tak masalah punya ruang tamu kecil minimalis. Ini dia cara menatanya yang tepat.

Banyak orang yang tak punya ruangan besar untuk menerima tamu. Dengan demikian, banyak orang yang memilih ruang tamu kecil minimalis. Ternyata tak masalah jika kamu menyulap ruang tamu menjadi sederhana namun tetap memiliki gaya interior yang cantik dan bagus. Ini dia beberapa hal penting yang perlu kamu perhatikan.

1. Pakai Cat Tembok Terang untuk Ruang Tamu Kecil Minimalis

Salah satu trik yang kerap terlewatkan saat membuat ruang tamu minimalis adalah dari warna cat. Jika ingin tampil sederhana namun tetap mewah, kamu perlu memilih cat yang berwarna netral. Hal ini bisa memberikan kesan yang lapang dan bersih pada

Gunakan warna cat tembok yang terang seperti abu muda, krem, putih dan warna terang lainnya. Hal ini akan memberikan kesan ruangan agar hidup dan tidak membosankan. Dengan warna cerah, kamu akan mendapatkan ruangan yang jauh lebih terang, menyenangkan dan nyaman. Meskipun memang ruangannya tidak besar.

Baca Juga:  Memilih Wallpaper Dinding, Panduan Memilih Wallpaper yang Tepat

2. Pakai Cermin Agar Ruang Tamu Kecil Minimalis Lebih Luas

Jika merasa ruang tamu terlalu kecil, kamu bisa memakai dekorasi cermin. Cara sederhana ini adalah yang paling efektif untuk mengatasi ruang tamu yang kecil. Cermin memiliki efek memantulkan sehingga ruang tamu yang kecil sekalipun akan tampak luas dengan mudahnya. Namun, jangan taruh cermin dengan sederhana.

Kamu harus meletakkannya pada titik strategis. Selain itu, kamu perlu memilih cermin yang dipakai. Apakah mau pakai ukuran sangat besar atau pakai cermin kecil namun ada beberapa buah. Penempatan cermin sebaiknya dilakukan dekat dengan sumber cahaya. Pantulan cahaya ini akan memberikan kesan luas. Bila ada jendela, taruh cermin di seberang jendela.

3.Pakai Sofa yang Sesuai dengan Luas Ukuran Tamu

Banyak orang yang salah dalam menata ruang tamu kecil minimalis. Salah satunya adalah pemilihan sofa. Kerap kali ukuran dan bentuk sofa yang kurang tepat akan menyita banyak ruang. Kamu sebaiknya tidak memakai sofa berukuran besar karena ruang akan semakin sempit.

Baca Juga:  Perawatan Lantai Vinyl Agar tetap Awet dan Tahan Lama

Kamu perlu memikirkan luas ruangan dengan sofa apalagi jika ingin memadunya dengan meja tamu dan lampu. Jika sofa terlalu besar, maka kamu akan kesulitan menaruh perabotan yang lain. Salah satu jenis yang direkomendasikan adalah sofa minimalis dengan bentuk yang sederhana.

4.Menonjolkan Sisi Ruang Atas

Kamu harus memahami bahwa ruangan punya dimensi horizontal dan vertikal. Jika kamu memiliki ruang tamu kecil dan langit-langitnya tinggi maka coba memanfaatkan ruang atas tersebut. Coba pakai lampu gantung atau tirai yang panjang. Dengan cara ini, ruang tamu kecil minimalis akan tampak menimbulkan kesan yang luas.

Kamu juga bisa mengisi ruang vertikal atas dengan berbagai dekorasi. Sebut saja rak buku yang dekat dengan langit-langit. Dengan adanya objek hiasan ini, maka pandangan mata seseorang akan lebih banyak ke bagian atas. Dengan demikian ruang tamu akan tampak memiliki banyak aksen.

Baca Juga:  Kesalahan Interior Rumah Mungil yang Kerap Dilakukan

5. Memanfaatkan Bagian Dinding

Kamu bisa memakai fungsi dinding saat membuat ruang tamu yang kecil. Maksimalkan bagian penyimpanan dengan fungsi ini. Kamu bisa memakai rak untuk memajang dan menyimpan berbagai barang. Sebut saja majalah, buku, pajangan hingga tanaman.

Tambahkan pula misalnya bingkai dengan foto keluarga. Terakhir, lengkapi dengan pencahayaan yang tepat. Ruang tamu harus punya pencahayaan terang supaya dekorasi di sekitarnya tampak terlihat sehingga membuat ruang tamu tetap elegan dan bersih. Tak peduli meski luasnya tidak seberapa.

 

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker