Konstruksi

Jenis Gasket, Fungsi dan Ragam Tipe Gasket

Berbagai Jenis Gasket yang Digunakan pada Berbagai Industri

Jenis Gasket, Fungsi dan Ragam Tipe Gasket. Jenis Gasket, Fungsi dan Ragam Tipe Gasket. Gasket adalah perapat statis untuk menahan cairan, benda padat, dan gas pada seluruh jenis mesin, bejana dan sistem perpipaan. Gasket normalnya ditempatkan diantara benda kaku dan biasanya merapatkan permukaan logam.

Secara sederhana gasket dapat diartikan sebagai lapisan yang digunakan untuk melapisi sambungan antar flange pada pengerjaan pipa ataupun pada peralatanperalatan yang berkaitan dengan mesin.

Pada umumnya gasket digunakan untuk mencegah kebocoran dari sambungan (joined) dibawah kondisi bertekanan (compression). Gasket dapat didefinisikan sebagai bahan atau material yang dipasang diantara dua permukaan benda, dimana di dalamnya terdapat fluida bertekanan, untuk mencegah terjadinya kebocoran.

Pada sambungan dua permukaan benda, khususnya pada saatmemasang komponen mesin, memerlukan komponen antara. Komponen ini befungsi sebagai perapat dari sambungan. Perapat ini diperlukan karena memang tingkat kekasaran pada kedua komponen mesin akan memungkinkan terjadinya kebocoran.

Gasket inilah yang akan berfungsi sebagai komponen antara untuk mencegah terjadinya kebocoran. Pada saat dilakukan pengencangan baut pengikat antara duabuah flange, maka gasket akan bereaksi dengan berbah bentuk sesuai tingkat elastisitasnya. Perubahan bentuk ini akan mengisi ruang yang dihasilkan oleh kedua flange karena pengerjaan yang tidak rata. Perubahan bentuk inilah yang menyebabkan sambungan antara kedua flange menjadi rapat dan memungkinkan untuk mencegah kebocoran.

 

Baca Juga:  Estimasi Biaya Konstruksi, Proses dan Tahapan Estimasi Biaya Proyek

Jenis material Gasket

Jenisjenis material gasket yang digunakan dalam industri kimia berbedabeda,disesuaikan dengan kondisi operasi (tekanan, temperatur) dan karakteristik bahan kimia yang kontak dengan gasket.

Sehingga bahan dasar gasket akan disesuaikan dengan tingkat kebutuhannya. Sebagai ilustrasi, material gasket untuk perpipaan yang di dalamnya mengalir air tentu akan berbeda dengan material gasket yang digunakan untuk sambungan antara blok slinder dengan kepala silinder.

  • Grapite Gasket

Gasket yang satu ini memiliki keunggulan dari beberapa jenis yang lainnya, keunggulan tersebut yaitu gasket pipa jenis ini tahan terhadap tekanan suhu yang tinggi.

grapite gasket

Jenis gasket yang satu ini bahkan tahan terhadap beberapa jenis cairan yang memiliki kandungan asam dan basa dengan konsentrasi tinggi. Pemanfaatan gasket ini biasanya sering digunakan untuk pemanfaatan panas bumi sebagai sumber energi.

  • Gasket PTFE
Baca Juga:  Peralatan Bangunan yang Wajib Dimiliki Kontraktor

Gasket PTFE atau juga dikenal dengan teflon gasket merupakan salah satu gasket yang bersifat multi fungsi. Teflon yang memiliki ketahanan yang baik terhadap berbagai bahan kimia (misalnya hidrogen peroksida) membuat gasket ini banyak dikenal di pasaran.

  • Gasket EPDM Material

Kemampuan dari gasket yang terakhir ini cukup kompleks dan lengkap yaitu pada gasket ini memiliki ketahanan terhadap sinar UV, minyak, bahan kimia dan lain sebagainya. Dibuat dengan kemampuan yang kompleks karena untuk melindungi bagian yang ada pada bagian dalam dari pipa tersebut.

  • Rubber Gasket

Gasket rubber terbuat dari material plastik. Komponen ini berperan sebagai penghubung dari gabungan beberapa objek. Oleh sebab itu, fungsinya tidak langsung menyatukan, melainkan sebagai pelapis atau pelindung.

Baca Juga:  Perawatan Mesin Konstruksi dan Alat Berat Agar Optimal

rubber gasket

Sambungan perlu dilapisi dengan benda ini agar tidak terjadi kebocoran selama proses penghubungan. Terlebih terbentuknya celah yang terbuka rawan terjadi. Selain itu, membuat sambungan ini juga membuka peluang kemasukan benda asing saat digunakan. Oleh karena itu, gunakanlah rubber gasket sebagai pelapis yang cukup mumpuni.

  • Viton Gasket

Komponen ini juga digunakan untuk melindungi objek. Terutama pada bagian yang berkaitan langsung dengan beberapa zat kimia yang bersifat asam, minyak, dan cairan kental berkonsentrasi tinggi.

Jenis viton ini juga digunakan untuk menanggulangi kerusakan akibat lelehan. Pada dasaranya, viton gasket ini memiliki fungsi dasar yang sama. Namun, Anda bisa memilih gasket pipa dengan bahan ini jika jenis karet dirasa kurang awet.

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker