EksteriorPertukangan Bangunan

Perbandingan Pintu Kayu dan Aluminium untuk Konstruksi

Perbandingan Pintu Kayu dan Aluminium untuk Konstruksi. Pemilihan material kayu dibandingkan material alumunium dilakukan karena harga yang cukup terjangkau, awet, mudah dibentuk dan bahan pembentuknya banyak diperoleh di Indonesia.

Beberapa kekurangan penggunaan material kayu antara lain adalah waktu pelaksanaan yang lama, kontrol kualitas yang sulit dan kelangkaan material kayu. Dari sisi kekurangan ini, industri mulai mengembangkan material alumunium menjadi material baru yang mudah dalam pemasangan dan penggunaan untuk kusen pintu maupun jendela. Berikut ini dapat dilihat perbandingan kelebihan dan kekurangan pada masing-masing material:

 

Perbandingan Pintu Kayu dan Aluminium untuk Konstruksi

Kelebihan Kusen dan Pintu Kayu

  • Adanya beragam variasi bentuk sesuai dengan kebutuhan ( tradisional, modern, minimalis, klasik, dll )
  • Kusen kayu bisa diterapkan pada design rumah type apa saja.
  • Kayu memiliki Keunggulan dibanding dengan material lainnya yaitu tampilan natural sesuai denga jenis kayu
  • Material kayu banyak yang kuat menurut jenisnya seperti kayu jati, kamper, atau ulin, melalui proses pengovenan yang baik.
  • Kayu memang fleksibel untuk diubah bentuknya sesuai desain, seperti bentuk lurus atau melengkung, dan dapat menahan panas atau dingin dari luar ruangan
  • Rumah akan tampil lebih alami dengan adanya ornamen/kusen kayu.
Baca Juga:  Sejarah Lantai Keramik dan Cara Memasang Lantai Keramik

Kekurangan Kusen dan Pintu Kayu

  • Sekarang ini sulit sekali mendapatkan kayu dengan kualitas yang baik.
  • Mudah dimakan rayap, perawatan secara berkala dengan cat atau coating agar tetap awet, dan menyerap air sehingga menyebabkan volume kayu dapat berubah-ubah. Akibatnya pintu atau jendela sulit dibuka karena salah satu sudutnya memuai
  • Lebih mahal dibanding aluminium, dalam pengertian biaya proses pembuatan, pemasangan dan perawatan untuk kusen kayu lebih mahal karena usia terbatas.

 

Kelebihan Pintu dan Kusen Alumunium

  • Tahan keropos, tidak dimakan rayap.
  • Bahan aluminium yang lebih tahan lama, anti rayap dan tidak menyusut seperti kayu, tidak mengalami penyusutan dan perubahan bentuk/melengkung akibat perubahan cuaca.
  • Tampilan kusen aluminium dapat dicat atau dilapis dengan warna kayu bahkan motif kayu sehingga menyerupai kayu.
  • Desain dapat dibuat sesuai pesanan. Keunggulan kusen aluminium adalah bobot yang ringan dan kuat sehingga mudah dipindahkan. Perawatannya yang simpel menjadi daya tarik bagi pembelinya disamping kualitas bahan aluminium.
  • Ekonomis, dalam pengertian biaya proses pembuatan, pemasangan dan perawatan untuk kusen aluminium lebih murah karena lebih tahan lama.

 

Kelemahan Kusen dan Pintu Aluminium

  • Variasi bentuk yang terbatas, karena merupakan standar pabrik, hanya terbatas pada bentuk minimalis dan klasik Eropa.
  • Pemasangan dengan menggunakan sistem fischer. Teknik ini mengandalkan kekuatan sekrup fischer yang diborkan dan ditanam bersama kusen merapat ke tembok sekeliling kusen pintu yang sudah diplester rapi dan sangat akurat ukuran dan sudut siku-sikunya. Untuk teknik pemasangan ini, apabila terjadi kesalahan dalam pemasangannya maka dapat berakibat fatal.
  • Cara pemasangan kusen aluminium mengandalkan kekuatan sekrup yang dipasangkan melekat pada dinding menjadikannya harus dipasang dengan presisi dan diplester rapi agar tidak terjadi kebocoran dan kesalahan lainnya. Jangan memilih kusen aluminium yang bermutu rendah, karena dapat mudah memuai saat terjadi perubahan suhu drastis karena kaca yang dibingkai dapat mudah lepas.
  • Sambungan yang kurang baik pada siku atau kaca dapat menyebabkan air hujan dapat masuk, karena itu faktor penyambungan dan sealant atau karet penyekat antara kaca dan alumunium harus dari bahan berkualitas dan tahan lama agar air tidak mudah masuk ke dalam kusen atau ke ruangan. Pada dasarnya masalah sealant ini tidak menimbulkan masalah pada kusen alumuniumnya karena bahan alumunium tidak terpengaruh air.
Baca Juga:  Cara Memoles Granit dan Marmer Top Table Secara Detail

Perbandingan Pintu Kayu dan Aluminium. Banyak kajian dan praktek yang menyimpulkan biaya dan waktu pelaksanaan menggunakan kusen alumunium biaya yang dikeluarkan lebih mahal 52 %. Namun untuk waktu pengerjaan dapat menghemat sebesar 53 %.

Hal ini karena harga alumunium yang cukup mahal apalagi alumunium ini termasuk pada pekerjaan finishing. Untuk penghematan waktu, kusen alumunium tidak banyak membutuhkan banyak metode dan dari proses kerja hingga hasil akhir relatif bersih. Hal ini yang menjadi salah satu alasan mengapa material alumunium pada kusen dan pintu menjadi salah satu solusi pengerjaan proyek yang lebih efisien dari sisi waktu tapi tidak dari sisi biaya.

Meskipun Perbandingan Pintu Kayu dan Aluminium relatif berkompetisi dari segi harga dan eifisiensi namun kembali lagi pada kebutuhan user dan juga proyek. Untuk proyek konstruksi modern look misalnya dealer mobil, kantor mungkin tidak masalah pakai aluminium. Namun jika untuk villa maupun rumah kayu tentu pintu kayu unggul dari segi tampilan dan natural looknya.

Baca Juga:  Mengurus IMB, Panduan Mengurus Ijin Mendirikan Bangunan

Kata Kunci:

pintu aluminium,Jendela aluminium,Kusen almunium,ketahanan pintu almunium dibandingkan dengan papan kayu,jenis dan ukuran almunium untuk kusen pintu jendela rumah,harga pintu dan kusen aluminium,harga pintu aluminium,Fungsi UNP pada pintu aluminium,Contoh pintu kaca rumah depan bahan aluminium,solid aluminum untuk kusen

Komentar

comments

Tags

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker