KonstruksiMaterial

Botol Plastik untuk Material Dinding Bangunan

Botol plastik untuk material dinding bangunan masih belum banyak digunakan untuk konstruksi rumah di Indonesia. Limbah botol plastik bekas mempunyai beberapa kelebihan disamping murah dan termasuk mengurangi pemanasan global serta termasuk salah satu bentuk sustainable living.

Menggunakan botol plastik sebagai material dinding dalam penggunaannya mirip dengan batu-bata, yaitu disusun sedemikian rupa sama seperti memasang bata.

Sedangkan pemilihan botol tergantung dari selera dan konstruksi bangunan, apakah menggunkan botol plastik yang diisi dengan pasir, atau menggunakan botol gelas.

Untuk menggunakan botol plastik sebagai material bangunan dinding ada dua jenis proses pemasangannya, yaitu struktur horizontal dan vertical.

Struktur Horizontal

Botol dapat diletakkan secara horizontal di antara struktur. Setelah bingkai dinding dibangun, botol diletakkan secara horizontal dengan menggunakan mortar di antara sela-sela tiap botol. Sebelum dipasang, botol terlebih dahulu di isi pasir. Pasir apapun dapat digunakan untuk mengisi botol sebelum dipasang.

Baca Juga:  Dua Tipe Pondasi Konstruksi Bangunan dan fungsinya. Mana yang lebih efektif?

material botol plastik untuk bangunan rumah

Metode horizontal lebih praktis, tidak memerlukan jaring kawat sebagai penguat struktur. Berbeda dengan metode vertical yang memerlukan jaring kawat untuk memperkuat struktur botol.

Struktur Vertikal

Metode ini sama dengan metode horizontal, setelah kerangka dinding bangunan selesai dibuat. Kemudian botol dikumpulkan dan diisi dengan pasir. Botol-botol tersebut kemudian dipasang secara vertical kedalam kerangka dinding. Selanjutnya sama seperti metode horizontal, yaitu disela-sela botol di isi dengan mortar.

Untuk menguatkan struktur dinding botol dapat menggunakan jaring kawat, setelah itu diplester.

Konstruksi dinding dengan material botol plastik yang telah diisi pasir bermanfaat untuk mengisolasi panas matahari sehingga mampu menjaga suhu udara didalam bangunan tetap sejuk. Di Nigeria telah dibangun dua puluh rumah dengan menggunakan material botol plastik.

Baca Juga:  HYDROCERAMIC MATERIAL KONSTRUKSI DINDING INOVATIF

material botol plastik untuk bangunan dinding

Menurut konstruktor, menggunakan botol plastik untuk membangun rumah memerlukan biaya yang rendah, yaitu hanya menghabiskan sepertiga dari biaya rumah yang terbuat dari beton dan batu bata.

Komentar

comments

Tags
botol plastik untuk dinding bangunan manfaat botol plastik material ramah lingkungan rumah botol plastik

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker