Konstruksi

Kaca Tempered untuk Bangunan dan Konstruksi

Kelebihan dan Kelemahan Kaca Tempered

Kaca tempered adalah jenis kaca yang diproses dengan menerapkan perawatan termal dan kimia terkendali, sehingga dapat meningkatkan kekuatan. Transmisi cahaya dan sifat radiasi matahari dari kaca temper sama dengan kaca float. Kaca tempered juga disebut sebagai kaca pengaman atau kaca yang dikeraskan.

Kaca ini dikeraskan dengan memanaskan kaca biasa hingga mencapai suhu sekitar 700 * C, kemudian setelah kaca dipanaskan, proses selanjutnya adalah mendinginkan secara mendadak, dengan menyemprotkan udara secara merata pada kedua permukaan kaca. Nah, dari proses ini ada perubahan fisik pada kaca yang merupakan perubahan pada gaya tekan dan gaya tarik pada kaca, tetapi secara visual tidak ada perubahan.

Sebuah kaca dianggap tempered ketika tekanan pada permukaan kaca memiliki nilai minimum 69MPa. Jika nilai ini melebihi 100Mpa, maka kaca tersebut dianggap sebagai kaca pengaman. Karakteristik kaca temper ini membuatnya aman untuk aplikasi bertekanan tinggi dan tahan ledakan.

Baca Juga:  Kinerja dan Fokus Infrastruktur RI Membawa Dampak Signifikan Ekonomi

Kelebihan Kaca tempered

  • Lebih Kuat

Berdasarkan standar yang dimiliki oleh ASTM C1048, kekuatan yang dimiliki kaca ini bahkan mencapai 5 kali dibandingkan dengan kaca biasa. Tekanan yang dimilikinya pun minimal sebesar 10.000 psi. Inilah yang menjadikan kaca ini pas digunakan sebagai material pembentuk bangunan yang memerlukan kekuatan di dalamnya.

  • Tingkat keamanan yang lebih baik

Dibandingkan dengan kaca pada umumnya, kaca jenis tempered memiliki keamanan yang baik. Umumnya, kaca yang pecah biasanya menjadi kepingan kecil dengan sudut tajam, namun untuk kaca ini, saat pecah akan berubah menjadi kepingan dengan sudut yang tak tajam sehingga relatif aman. hal ini membuat harga kaca jenis ini lebih kuat.

  • Daya tahan pada lingkungan
Baca Juga:  Struktur Gedung Bertingkat Tinggi, Jenis dan Tipe Teknologinya

Memiliki ketahanan yang sangat baik, bahkan di cuaca ekstrem sekalipun. Biasanya, kaca yang terkena panas secara terus menerus akan pecah, tetapi pada kaca ini, suhu panas yang diterima langsung menyebar, suhu kaca pun tetap dingin dan risiko pecahnya akan sangat kecil.

  • Memiliki banyak desain pilihan

Kaca ini memiliki begitu banyak desain yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Pemasangan kaca tidak melulu harus di depan rumah, Anda bisa menggunakan kaca ini untuk menambah kesan eksotis di dalam rumah.

 

 

Kelemahan Tempered

Meski memiliki banyak keunggulan, kaca tempered juga memiliki banyak kelemahan. diantaranya adalah:

  • Tidak dapat dipotong, sehingga ukurannya tetap dan tidak dapat diubah. Jika Anda mencoba memotongnya, itu akan menghancurkan seluruh gelas
  • Kaca temper jika ada retakan kecil dapat menyebar ke seluruh bagian kaca yang mengakibatkan kaca dan kaca tersebut pada akhirnya akan hancur.
  • Tidak dapat dibor atau dilubangi. Proses membuat lubang kunci atau pegangan dilakukan sebelum proses penempaan, jadi jika Anda berencana untuk membuat pintu dari kaca tempered maka lakukan latihan bor, coak, dan proses lainnya sebelum kaca dipasang.
  • Proses tempered memakan waktu antara 4 – 7 hari kerja, oleh karena itu bekerja menggunakan kaca tempered membutuhkan waktu lebih lama
Baca Juga:  Pengecoran Beton di Musim Kemarau? Perhatikan Hal Ini

Kaca Tempered untuk Fasad Konstruksi

Penggunaan kaca ini untuk konstruksi tidak hanya digunakan untuk ruang interior. Area fasad juga banyak menggunakan kaca jenis ini. Ketahanannya menghadapi cuaca ekstrim dan terpaan sinar UV membuat kaca lebih banyak dipilih untuk fasad yang menarik.

Komentar

comments

Tags

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker