Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Energi HijauKonstruksi

Panel surya untuk konstruksi jalan raya. Solusi listrik murah masa depan

Panel surya untuk konstruksi pembangunan jalan raya adalah hasil perkembangan teknologi konstruksi yang semakin cepat, sehingga mampu menekan harga panel surya yang saat ini masih tidak ekonomis bagi sebagian besar masyarakat di Indonesia.

Prancis telah memulai proyek pembangunan jalan raya dengan panel surya sejak tahun 2016 melalui mega proyek kolaborasi antara pemerintah Prancis dengan perusahaan pembangunan jalan Colas serta Institut Nasional Energi Surya Perancis. Dan saat ini proyek tersebut mulai menuai hasil.

konstruksi-lempengan-panel-surya-jalan-raya
Lempengan panel surya untuk jalan raya

Pembangunan jalan raya dengan panel surya ditujukan untuk memberikan energi ramah lingkungan yang murah kepada lebih dari lima juta masyarakat Prancis. Perusahaan Colas, menghabiskan lima tahun untuk mengembangkan panel surya dengan ketebalan seperempat inci dan cukup kuat untuk bertahan terhadap lalu lintas jalan raya yang padat tanpa merusak atau membuat jalan lebih licin.

Baca Juga:  Software Estimasi Proyek Konstruksi Terbaik
konstruksi-pemasangan-panel-surya-jalan-raya
Konstruksi pemasangan panel surya jalan raya

Panel surya ini juga dirancang sedemikian rupa sehingga dapat dipasang langsung di atas jalan raya yang sudah ada sebelumnya, sehingga menjadikannya relatif murah dan mudah dipasang tanpa harus merusak infrastruktur atau membangun ulang jalan raya. Panel surya tersebut terbuat dari film silikon polikristalin tipis dan dilapisi dengan lapisan resin untuk memperkuat dan membuatnya tidak licin.

Colas mematenkan panel surya murah untuk jalan raya ini dan memberikan nama untuk produknya tersebut, yaitu “wattway”. Hal tersebut menjadikan perusahaan tersebut memperoleh gelar produsen pertama di dunia yang menciptakan dan membuat photovoltaic panel untuk jalan raya.

beban-konstruksi-panel-surya-jalan-raya
Tes beban panel surya untuk jalan raya

Melihat perkembangan energi hijau yang semakin diminati masyarakat dunia, sudah sepantasnya masyarakat Indonesia mulai beralih menggunakan solar panel untuk mengganti energi listrik PLN yang akhir-akhir ini pelayanannya memburuk, belum lagi inovasi yang kurang disamping seringnya terjadi kebocoran uang negara dalam BUMN tersebut. Tidak menutup kemungkinan, dua sampai tiga tahun lagi panel surya murah banyak beredar di pasaran.

Baca Juga:  Memacu Produktivitas Tenaga Konstruksi untuk Keberlangsungan Perusahaan

Komentar

comments

Tags
foto panel surya harga panel surya panel surya panel surya jalan raya

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker