Interior

Panduan Memesan Kitchen Set Custom

Kitchen set merupakan salah satu ruang yang menjadi bagian penting rumah, bahkan menjadi entri point of view karena didesain dengan menarik.

Banyak sekali jasa interior dan kitchen set yang menawarkan beragam produk dan harga. Namun, jarang yang memberi panduan tentang memilih dan menentukan jenis material yang tepat.

Menurut salah satu pelaku bisnis interior di Surabaya Tatagriya.com ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat memilih dan menentukan kitchen set, diantaranya:

Panduan Memesan Kitchen Set: Bahan

Bahan dasar kitchen set yang paling banyak digunakan adalah plywood, partikel, mdf, dan blockboard.

Material paling bagus adalah plywood, kualitas plywood dibagi lagi menjadi full meranti, semi maranti, dan balsa atau sengon. Full meranti berkualitas paling bagus dan kuat serta lebih berat. Jika jasa interior menawarkan harga diatas 2 juta per meter sebaiknya anda nego dan memastikan meminta bahan plywood full meranti.

Baca Juga:  Trend Warna Interior 2019 untuk Rumah dan Apartemen

Bahan MDF dan partikel board hampir identik karena terbuat dari serbuk kayu yang di press, material ini tidak cocok untuk daerah lembab karena mudah lapuk.

Material berikutnya adalah blockboard, block board banyak beredar baik yang berlapis melaminto maupun berlapis veener kayi. Blockboard adalah potongan kayu yang disusun dan dilapisi plywood 3mm sebagai face dan backnya. Kualitas tergantung bahan core nya, jika terbuat dari kayu jenis meranti atau kayi keras lain maka bagus, namun kebanyakan yang beredar adalah jenis sengon.

Panduan Memesan Kitchen Set: Bahan Pelapis

Bahan pelapis kitchen set ada banyak sekali ragamnya. Diantaranya HPL, Taco sheet, viconsheet, paper sheet. Selain bahan pelapis kitchen set juga bisa dilapisi cat melamin atau duco.

Baca Juga:  Elemen Dasar Aquascape dan Pertimbangan Membuat Aquascape

HPL merupakan material paling umum digunakan bentukanya lembaran dengan ketebalan 1-2 mm, HPL cukup tahan cuaca dan kuat. HPL mempunyai beragam merk dan harga mulai harga 100ribuan per lembar hingga jutaan per lembar. Pastikan anda meminta detail kepada kontraktor interior Anda mintalah merek yang berkualitas.

Bahan berikutnya adalah taco sheet dan viconsheet, berbentuk lembaran seperti vinyl dengan ketebalan 0,2-0,3 mm, kuliatasnya masih di bawah HPL.

Bahan pelapis berikutnya adalah cat melamin dan cat duco, biasanya yang dilapisi cat ini adalah mdf dan kayu solid, kami akan mengulas detail cat ini pada artikel berikutnya.

Panduan Memesan Kitchen Set: Hardware

Hardware merupakan peralatan fitting yang terdiri dari engsel, rel laci, dll. Ada sangat banyak merek yang beredar salah satu merek yang murah dan banyak beredar adalah Huben, Elco, Pahe, dll.

Sedangkan merek dan kualitas premium diantaranya Hettich, Hafele, dan Blum harganya bisa berlipat-lipat dari merek sebelumnya.

Demikian panduan singkat memilih kitchen set jika ditentukan dari materialnya. Tanyakan secara detil kepada kontraktor interior Anda agar sesuai dengan spek dan harapan.

Baca Juga:  Memilih Lantai Vinyl, Pahami Sebelum Membeli Lantai Vinyl

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan. Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker