Konstruksi

Penawaran Proyek Konstruksi, Tips Mengajukan Penawaran Proyek

Penawaran proyek konstruksi adalah proses di mana kontraktor atau arsitek dipilih untuk mengerjakan proyek konstruksi. Biasanya dalam proses penawaran konstruksi adalah upaya memberikan harga terendah kepada pemilik; namun kualifikasi kontraktor juga harus bonafide.

Melakukan penawaran proyek konstruksi haruslah relevan, jangan sampai berkompetisi pada harga namun berdampak pada keuangan perusahaan yang berantakan. Jika kontraktor tidak tahu cara mengajukan penawaran pekerjaan konstruksi, mereka tidak akan memiliki peluang untuk menghasilkan laba yang relevan.

 

Lembar Penawaran

Lembar penawaran proyek adalah dokumen yang diperlukan di mana perusahaan konstruksi menyajikan penawaran resmi mereka dalam upaya memenangkan proyek. Perusahaan arsitektur disewa oleh pemilik properti untuk mengembangkan desain bangunan atau proyek.

Setelah desain selesai dan disetujui oleh klien, arsitek kemudian menempatkan desain untuk ditawarkan. Arsitek mungkin ingin mengetahui lebih banyak informasi tentang kontraktor daripada sekadar harganya, harga adalah alasan utama pemilihan sebagian besar kontraktor utama.

Dalam beberapa kasus, penawaran terendah sering mendapatkan proyek, namun pada kasus lain kredibilitas kontraktor juga menjadi pertimbangan penting. Terutama jika proyek tersebut bersifat menyasar segmen khusus yang tidak terlalu memikirkan tentang biaya

Baca Juga:  Profil Mega Proyek Grand Estate Marina City (GEM City) Gresik By AKR Land

 

Jenis Proposal Penawaran Proyek

Dua metode proposal umum untuk penawaran pekerjaan konstruksi komersial adalah proposal desain-bangunan dan proposal manajemen (CM berisiko).

Metode desain-bangunan menggabungkan arsitek dan kontraktor sebagai tim terpadu yang menyajikan tidak hanya harga untuk membangun proyek tetapi juga biaya desain arsitektur. Dengan kata lain, penawaran tersebut berisi harga all-inclusive untuk biaya desain dan konstruksi. Metode ini lebih efisien dan menghemat biaya secata signifikan.

Sementara pada sistem menajemen resiko, kontraktor dan arsitek beroperasi secara terpisah, tetapi kontraktor terlibat dalam proses dari awal dan berfungsi sebagai penghubung bagi klien dalam berurusan dengan arsitek. Artinya klien dapat memilih kontraktor mana pun yang mereka yakini paling cocok untuk menangani proyek. Tawaran kontraktor datang dalam bentuk harga maksimum yang dijamin, yang menyatakan biaya layanan pra-konstruksi dan proses konstruksi itu sendiri tidak akan melebihi total tertentu.

 

Sistem Penawaran Konstruksi Online

Internet telah secara signifikan mengubah banyak aspek industri konstruksi, termasuk proses penawaran. Secara tradisional, perusahaan yang menawar suatu proyek harus mengirimkan dokumen dalam jumlah besar ke klien potensial untuk dipertimbangkan. Hari ini, tawaran konstruksi dapat dibuat dan dikirim secara online, menyelesaikan proses penawaran dengan cara mengklik mouse.

Baca Juga:  Digital Marketing Industri Konstruksi, Seberapa Jauh Urgensinya?

Ada basis data daring yang memungkinkan Anda melihat, mengunduh, dan mencetak gambar konstruksi untuk menyelesaikan proposal penawaran. Untuk mendapatkan akses ke database, perusahaan konstruksi harus mendaftar dan melengkapi semua persyaratan aplikasi. Untuk setiap proyek yang diberikan, semua informasi yang relevan dengan penawaran dibagikan di antara semua kontraktor yang berpartisipasi, dan pemberitahuan mengenai tanggal jatuh tempo dan perubahan dikirim melalui email.

 

Sistem basis data penawaran online memberikan dukungan untuk:

  • Penyiapan dokumen tender dan kontrak berdasarkan formulir standar
  • Pemilihan kontraktor dan konsultan dengan catatan kinerja yang terbukti
  • Manajemen kontrak yang efektif, termasuk, surat sampel, dan daftar periksa
  • Pemeliharaan sistem manajemen kinerja yang efektif melalui pemantauan dan pelaporan
  • Penyelesaian klaim dan perselisihan kontrak

 

Menggunakan Software Estimasi Penawaran Konstruksi

Software tawaran konstruksi biasanya digunakan oleh kontraktor umum untuk estimasi biaya dan penganggaran ketika mengembangkan tawaran untuk proyek baru.

Perangkat lunak ini diperkenalkan lebih dari dua dekade yang lalu dan telah berdampak besar pada industri dengan membuat aspek-aspek yang sulit menjadi lebih cepat dan lebih efisien. Tetapi mungkin manfaat terbesar dari software ini adalah cara mengotomatisasi penetapan biaya pekerjaan. software ini biasanya dilengkapi dengan database biaya konstruksi yang diperbarui setiap bulan dengan berlangganan.

Baca Juga:  Konstruksi Jalan Aspal vs Beton Ketahui Mana Yang Efisien

Kontraktor juga dapat menyimpan database mereka sendiri untuk penetapan biaya pekerjaan sehingga software lebih akurat mencerminkan biaya dan fluktuasi harga di pasar.

Estimator juga dapat menggunakan software untuk menentukan materi dan jam kerja suatu pekerjaan. software menghitung biaya pekerjaan dari database biaya tenaga kerja dan material. Estimator hanya perlu memilih pekerjaan yang telah ditentukan dalam database, dan software akan mengerjakan sisanya.

Manfaat lain dari software adalah memungkinkan kontraktor untuk melihat biaya pekerjaan akhir dan membandingkannya dengan tawaran awal. Tawaran kemudian dapat ditinjau untuk melihat bagaimana ia dapat dibuat lebih akurat. Estimator dapat memutuskan untuk mengubah definisi pekerjaan tertentu dalam basis data perangkat lunak, meminta sedikit bahan atau jam kerja lebih sedikit.

 

Kata Kunci:

contoh penawaran konstruksi jalan kontraktor,penawaran kerja bangunan prospek

Komentar

comments

Tags
contoh penawaran proyek konstruksi penawaran proyek konstruksi proposal penawaran proyek konstruksi software penawaran proyek konstruksi

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker