Beton dan Semen

Agar Beton Cepat Kering, Begini Tips dan Triknya

Cara Mempercepat pengeringan beton

Agar Beton Cepat Kering, Begini Tips dan Triknya. Dengan perkeransan beton lebih cepat, maka diperoleh banyak keuntungan, seperti : waktu konstruksi lebih hemat, dan pemakaian tenaga kerja lebih efisien. Produk-produk pengeras beton pun sukses menjadi jalan keluar para pemilik proyek konstruksi. Pemilihannya sangat beragam dengan berbagai karakternya yang mempengaruhi proses pengerasan pada beton.

Di pasaran banyak produk-produk Agar Beton Cepat Kering. Bahan tambah ini bisa membuat beton cepat keras guna mendapatkan kondisi konstruksi yang diinginkan. Beberapa produk yang bisa dimanfatkan untuk tujuan ini ialah :

  • Bestmittel
    Bahan tambah kimia untuk mempercepat pengerasan beton ini berbahan dasar Lignin Sulfonic Acid. Inilah salah satu produk yang banyak dipakai oleh konstruksi-konstruki karena sudah sesuai dengan ASTM-C 494-81 atau Standart Specification for Chemical Admixture for Concrete.  Jadi bisa menjadi alternatif terbaik untuk perkerasan beton lebih cepat.Bestmittel termasuk bahan tambah tipe E yang memiliki fungsi ganda sebagai water reducing serta accelerating admixture. Artinya, bahan ini dipakai untuk mengurangi jumah air sekaligus juga untuk mempercepat pengikatan pada beton.Pemakain bahan tambah ini bisa membuat beton mengeras dalam usia muda, yaitu 7 hingga 10 hari. Selain itu bisa pula meningkatkan mutu beton 5% hingga 10%. Berbagai kelebihannya ini, membuat produk tersebut banyak diaplikasikan pada konstruksi.
  • Calbond
    Salah satu produk pengeras beton ini juga jadi andalan banyak kontraktor. Bahan perekat beton ini berbahan dasar plastik. Keunikannya ialah pada kemampuan Calbond untuk menyambungkan beton lama dengan beton baru. Karena fungsinya ini, maka Calbond biasa dipakai dalam perbaikan beton konstruksi.Perbaikan tembok retak hingga pemasangan batu bata bisa dilakukan dengan bahan tambah yang satu ini. Dalam pemakaiannya, Calbond harus dicampur ke dalam semen dan air untuk memperoleh kekentalan yang diharapkan. Setelah itu baru bisa diaplikasikan ke permukaan cor.
  • Calflash
    Bahan tambah beton Calflash memiliki banyak kegunaan sebagai bahan campuran semen untuk berbagai perbaikan kerusakan beton. Fungi utamanya ialah menangani jika terjadi kebocoran pada konstruksi bawah air, contohnya :
    – Tempat penampungan air
    – Bendungan
    Pondasi mesin
Baca Juga:  Aplikasi Beton Kinerja Tinggi Pada Proyek Konstruksi Sipil

Pengerjaan dengan bahan ini bisa mempercepat proses perbaikan yang akan sulit jika dilakukan dengan semen biasa. Yang perlu diperhatikan pada tahap perbaikan beton ini ialah pada saat sudah tercampur dengan semen harus segera diaplikasikan. Hal ini karena campuran semen akan cepat kering. Bahkan hanya butuh waktu kurang dari 15 detik,  campuran ini bisa cepat kering.

Agar Beton Cepat Kering kita harus memperkirakan cuaca dengan benar. Kondisi cuaca merupakan satu dari sekian faktor yang berdampak terhadap proses pengeringan beton. Oleh karena itu, kami sangat menyarankan anda untuk membuat adonan beton saat cuaca sedang cerah.

Hindari proses tersebut saat musim penghujan atau cuaca mendung. Meskipun beton tetap kering, namun sejatinya anda akan memakan banyak waktu lebih lama jika dibandingkan dengan membuat adonan beton saat musim kemarau. Bahkan hasil pengerasannya jauh lebih maksimal saat cuaca sedang panas.

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker