Beton dan Semen

Aplikasi Beton Kinerja Tinggi Pada Proyek Konstruksi Sipil

Penggunaan Beton Performa Tinggi untuk Proyek Sipil

Aplikasi Beton Kinerja Tinggi Pada Konstruksi Sipil. Ada beberapa aplikasi beton kinerja tinggi di bidang teknik sipil karena sifat-sifatnya yang unggul seperti kekuatan tinggi dan daya tahan yang baik. Beton berkinerja tinggi telah digunakan dalam pembangunan jembatan, struktur tenaga air, trotoar, jembatan, perisai radiasi kepadatan tinggi, proyek beton massal, peredam kebisingan dan getaran platform lepas pantai, terowongan, dan bangunan bertingkat tinggi.

1. Struktur Bangunan Tinggi

Penggunaan beton kinerja tinggi dalam konstruksi bangunan bertingkat tinggi mengarah pada pengurangan beban mati, defleksi, getaran, dan perawatan beton.

2. Aplikasi Beton Kinerja Tinggi untuk Jembatan

Penggunaan beton kinerja tinggi dalam konstruksi struktur jembatan memberikan beberapa perbaikan struktural. Misalnya, meningkatkan daya tahan struktur dan karenanya meningkatkan usia pemakaian.

Baca Juga:  Perbedaan Beton Fleksibel dengan Beton Normal Serta Aplikasinya

Selain itu, balok beton pratekan bentang lebih panjang dapat dibangun ketika beton berkinerja tinggi digunakan. Ini karena hasil konkret seperti itu dalam kerugian pra-stres yang lebih kecil dan akibatnya stres yang diijinkan lebih besar dan penampang yang lebih kecil tercapai.

Selain itu, konstruksi elemen struktural ukuran yang lebih kecil mengarah pada pengurangan berat, dan karenanya penanganannya akan lebih ekonomis. Resistensi klorida struktur ditingkatkan karena penggunaan bahan pozzolanic seperti silica fume dan fly ash.

 

3. Aplikasi Beton Kinerja Tinggi untuk Jalan Raya

Penerapan beton berkinerja tinggi di perkerasan jalan raya sangat menguntungkan karena potensi manfaat ekonomi yang dapat diperoleh dari penguatan awal beton berkinerja tinggi, berkurangnya permeabilitas, peningkatan ketahanan abrasi terhadap ban, dan peningkatan daya tahan beku-cair.  Beton berkinerja tinggi juga dapat digunakan untuk memperbaiki trotoar yang rusak karena dapat digunakan dengan cepat.

Baca Juga:  Mengenal Beton Pracetak atau Precast, Kelebihan dan Kekurangannya

 

4. Struktur Tenaga Air dan Bendungan

Beton berperforma tinggi telah digunakan untuk pelapis saluran, terowongan pengalihan, terowongan headrace, terowongan flushing, tailrace tunnel untuk meningkatkan kinerja struktur ini dalam menangani air dengan kecepatan tinggi dan sejumlah besar lumpur. Penggunaan beton Kinerja Tinggi menghasilkan perbaikan yang lebih rendah, di satu sisi, dan peningkatan daya tahan, di sisi lain.

 

5. Aplikasi Lain-Lain

Serat baja dapat ditambahkan ke beton berkinerja tinggi untuk meningkatkan sifat mekanik seperti kekuatan tarik dinamis dan statis, abrasi dan ketangguhan energi, dan ketahanan terhadap kelelahan.

Beton yang diperkuat serat telah digunakan dalam beberapa aplikasi, misalnya lapisan perkerasan, pelat lantai, cangkang tipis, stabilisasi lereng batu, dan banyak produk pracetak.

Baca Juga:  Sambungan Beton Pracetak, Metode Prasyarat Pengggunaannya

Komentar

comments

Tags

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker