Harga Jasa

Biaya Service Pompa Air Mulai Servis Ringan Hingga Bongkar

Harga Servis Pompa Air Berbagai Kerusakan Berbagai Merek 2021

Biaya Service Pompa Air Mulai Servis Ringan Hingga Bongkar. Pompa air merupakan salah satu mesin rumah tangga yang cukup vital. kerusakan pada pompa air bisa berdampak buruk terhadap upaya sanitasi keluarga apalagi ditengan pandemi yang mengharuskan kita sering membersihkan diri.

Kerusakan pada pompa air biasanya terjadi karena banyak faktor misalnya karena karat pada gulungan dinamo, atau kotoran yang menyumbat kerja mesin.

Sebenarnya dengan sedikit keahlian teknik kita bisa memperbaiki mesin pompa air namun jika masih ragu kita bisa membawanya ke jasa service pompa air terdekat.

Biaya Service Pompa Air 2021

DAFTAR HARGA Biaya SERVICE POMPA AIR
JasaHarga
Biaya Kunjungan dan Pengecekan (Tanpa Service)*Rp70.000
Jasa Service Ringan**Rp140.000
Jasa Service Besar (Angkat Pipa dari Sumur)Rp390.000
Jasa Pemasangan***Rp140.000 – Rp300.000
Jasa Bongkar Pasang***Rp210.000 – Rp350.000
*Biaya pengecekan tidak dikenakan apabila menggunakan jasa lainnya dan akan dikenakan apabila tidak jadi menggunakan jasa service.
**Kerusakan ringan termasuk karet pompa air kendor, ganti dan setting radar, sambung pipa, ganti kapasitor
***Tergantung jenis pompa, lebih murah untuk pompa kecil. Tidak termasuk pompa industri. Harga dapat berubah apabila posisi pompa sulit dijangkau

 

Kerusakan pada Pompa Air dan Perbaikannya

Kerusakan yang umum terjadi pada pompa air adalah

Pompa Air Mati Total

Hal ini menunjukkan kalau tidak ada aliran listrik yang masuk ke pompa air.
Cara mengatasinya:

    • Pertama cek dengan menggunakan testpen atau multitester pada sumber listriknya bisa dari stop kontak atau saklar. Jika tegangan masuk, cek Switch Water level di tandon air ( jika menggunakan Sensor Water Level ). Selanjutnya cek di Automatic Pressure Switch untuk pompa air yang tidak menggunakan tandon air alias kran dibuka pompa nyala, kran di tutup pompa mati (pompa air otomatis). Jika kerusakan pada switch water segera ganti yang baru.
    • Jika switch water bagus dan tegangan sampai ke terminal pompa air, tetapi motor pompa tidak hidup dan tak ada suara sama sekali kemungkinan gulungan/lilitan dari pompa air putus atau thermal switch yang berada dalam spull/lilitan pompa air putus. Bisa juga gulungan/lilitan sudah terbakar dan putus. Untuk pengecekannya jangan hanya menggunakan testpen karena yang terdeteksi hanya phasenya saja sedangkan neutralnya tidak, testpen pun kadang menyala karena adanya tegangan induksi untuk memastikannya cek dengan multitester sehingga akan terdeteksi putus atau tidaknya. Kalau gulungan/lilitan putus bisa dispull/gulung kembali dengan menggunakan kawat tembaga ukuran yang sama sehingga akan sesuai seperti keadaan semula.
Baca Juga:  Biaya Pasang Listrik 3 Phase PLN Terbaru

 

Pompa air Hidup dengan suara tidak semestinya kemudian mati.

Pompa air hidup tetapi suaranya tidak normal, seperti berdengung dan as rotor tidak berputar atau hidup tapi putaran as rotor lemah kemudian mati. Jika dibiarkan lama pompa akan hidup lagi dengan kondisi seperti di atas kemudian mati lagi. Hal itu terjadi karena pompa air bermasalah pada komponennya.
Cara mengatasinya:

    • Cek Capasitornya dengan multitester kemungkinan lemah atau mati. Kalau kerusakan Capasitor secara fisik bisa meledak atau retak.
    • Cek Bearing (laher) kemungkinan macet, atau bisa juga blog pompa kemasukan pasir atau kotoran. Untuk pompa tertentu bisa juga macetnya karena As yang karatan dan merekat pada Stator karena mungkin beberapa hari tidak di hidupkan. Hal hal tadi menyebabkan Spull dari pompa air panas dan pengaman Thermal Switch dari spull tersebut terputus dan akan tersambung lagi jika panasnya turun. Lebih parah jika Spull tadi tidak menggunakan Thermal Switch efeknya spull pasti akan terbakar. Cara mengeceknya dengan membuka 3 atau 4 baut dibagian impeller (tergantung merk pompa).

 

Pompa air hidup tetapi air tidak mau keluar

Kerusakan untuk problem seperti ini kalau dari sebelumnya normal, kemungkinan pada Foot Klep di dasar pipa hisap bocor bisa karena karet foot klep sudah aus atau terganjal pasir.
Cara mengatasinya:

    • Buka tutup pancingangan pada blog pompa air lihat apakah kosong airnya . Jika kosong sudah pasti foot klepnya yang bocor, isi dengan air sampai penuh dan hidupkan pompa air ,tunggu beberapa saat maka air akan ngalir lagi. Jika setelah air bisa naik tetapi kemudian jika di matikan beberapa saat seperti itu lagi berarti harus di lakukan penggantian foot klep. Akan tetapi jika tetap lancar berarti Footklep hanya terganjal pasir dan pada saat di nyalakan pasir ikut terangkat ke atas.

 

Pompa air Lemah atau keluaran airnya kecil

Ini sering terjadi pada pompa air yang menggunakan Impeller berbahan kuningan. Sisi sisi dari Impeller ini mudah sekali tergerus pasir yang mengakibatkan terjadi rongga yang lebar di antara tutup impeller, impeller, dan blog pompa. Dan efeknya sedotan dari pompa menjadi lemah..
Cara mengatasinya:

    • Dengan penggantian tutup impeller dan impellernya masalah bisa terselesaikan selagi blognya tidak parah.
    • Dengan melakukan penambalan, akan tetapi hal ini tidak awet hanya beberapa bulan saja akan kembali lemah.
    • Cara yang lain lagi adalah dengan meratakan kembali tutup dan impellernya dengan cara dibubut, tetapi biayanya akan lebih mahal dan tidak sesuai dengan harga pompa airnya.

Good

Layanan Oke

Top Brand

Service pompa air sebaiknya dilakukan oleh profesional

User Rating: 4.5 ( 1 votes)

Baca Juga:  Biaya Service AC, Bongkar Pasang AC, dan Pengisian Freon AC

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker