Harga Jasa

Biaya Service AC, Bongkar Pasang AC, dan Pengisian Freon AC

Harga service AC dan pasang AC

Biaya Service AC, Bongkar Pasang AC, dan Pengisian Freon AC. Terkadang kita ingin mengganti AC rumah karena kurang dingin atau AC sedang rusak. Nah untuk memilih jasa perawatan atau pemasangan AC ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Diantaranya adalah pengalaman dan profesionalisme tukang AC, usahakan mencari tukang AC yang sudah mempunyai reputasi baik. Meminta rekomendasi teman bisa menjadi salah satu alternatif. Berikut ini kami sajikan informasi biaya service AC dan jasa pasangnya untuk memudahkan kalkulasi biayanya:

Biaya Service AC

DAFTAR HARGA dan Biaya Service AC
JasaHarga
Harga Service Cuci 0.5 – 1 PKRp 65.000,-
Harga Service Cuci 1.5 – 2 PKRp 70.000,-
Harga Tambah Freon R22 0.5 – 1 PKRp 150.000,-
Harga Tambah Freon R22 1.5 – 2 PKRp 200.000,-
Harga Tambah Freon R32/R410 0.5 – 1 PKRp 200.000,-
Harga Tambah Freon R32/R410 1.5 – 2 PKRp 250.000,-
Harga Isi Freon R22 0.5 – 1 PKRp 250.000,-
Harga Isi Freon R22 1.5 – 2 PKRp 350.000,-
Harga Isi Freon R32/R410 0.5 – 1 PKRp 350.000,-
Harga Isi Freon R32/R410 1.5 -2 PKRp 450.000,-
Harga Bongkar ACRp 100.000,-
Harga Pasang AC 0.5 – 1 PKRp 250.000,-
Harga Pasang AC 1.5 – 2 PKRp 325.000,-
Harga Bongkar Pasang AC 0.5 – 1 PKRp 350.000,-
Harga Bongkar Pasang AC 1.5 – 2 PKRp 425.000,-
Harga Penggantian Kapasitor AC 0.5 – 1 PK (Part dan Jasa)Rp 225.000,-
Harga Penggantian Kapasitor AC 1.5 – 2 PK (Part dan Jasa)Rp 300.000,-
Harga  Bobok Tembok per MeterRp 50.000,-
Harga Las Sambungan Pipa Freon per titikRp 100.000,-
Harga Las Perbaikan Kebocoran Pipa Freon + Isi FreonRp 500,000,-
Biaya Pengecekan AC**Rp 75.000,-
*Jika ada harga jasa service yang kurang dari Rp 75.000,- maka akan dikenakan biaya minimum sebesar Rp 75.000,-
**Biaya pengecekan tidak dikenakan apabila menggunakan jasa lainnya. Biaya ini dikenakan apabila Anda tidak jadi menggunakan jasa service AC lain yang tertera di atas
***Untuk apartemen, dikenakan biaya penambahan sebesar Rp 20.000,-
Baca Juga:  Biaya Instalasi Listrik Borongan Non Material dan Beserta Material

Rincian Layanan Biaya Service AC

Berikut rincian layanan service AC yang disediakan oleh penyedia jasa Sejasa.com:

Service Cuci AC

Service cuci AC dilakukan untuk membersihkan bagian indoor maupun outdoor pada AC. Perawatan ini harus dilakukan secara rutin sebab AC yang terus-menerus dipakai akan berdebu. Bila tidak dibersihkan, debu yang menumpuk akan membuat AC menjadi tidak dingin. Selain itu, AC yang kotor juga akan mencemari udara di ruangannya. Waktu ideal untuk melakukan cuci AC ialah 3 hingga 4 bulan sekali tergantung intensitas pemakaian dan tingkat polusi di area ruangan tersebut.

Tambah Freon

Refrigerant atau juga disebut freon merupakan salah satu komponen terpenting pada AC. Freon dapat menyerap panas pada suhu rendah dan menolak panas pada suhu yang tinggi. Kekurangan kadar freon dapat menyebabkan AC menjadi tidak dingin. Untuk mengatasinya, harus dilakukan penambahan freon. Pada umumnya, penambahan freon dilakukan kurang lebih setiap satu tahun sekali. Sementara freon yang harus ditambahkan tiga bulan sekali dapat menandakan adanya kebocoran pada AC.

Isi Freon

Layanan pengisian freon tidaklah sama dengan penambahan freon. Penambahan freon dilakukan hanya untuk menambahkan kadar freon pada AC. Sementara pengisian freon dilakukan ketika muncul indikasi adanya kebocoran pada instalasi AC. Pengisian freon dapat dilakukan dengan cara mengisi ulang freon atau menggantinya.

Terdapat bermacam-macam jenis freon yang digunakan sering pada AC, yakni R22, R410A, serta R32. Freon R22 memiliki sifat yang tidak mudah terbakar. Namun, freon R22 ini memiliki potensi pemanasan yang dapat merusak ozon. Sementara itu, freon R410A tidak memiliki potensi untuk merusak ozon. Namun, freon ini tetap berpotensi terhadap pemanasan global. Biasanya freon R410 digunakan pada AC inventer. Sementara itu, freon R32 dinilai paling ramah lingkungan. Meskipun memiliki potensi terbakar, freon R32 cenderung aman untuk digunakan.

Baca Juga:  Biaya Service Kulkas Berbagai Merek dan Type

Bongkar

Bongkar AC dilakukan untuk melepaskan instalasi AC yang sudah dipasang. Bongkar AC dilakukan pada bagian indoor maupun outdoor. Layanan bongkar AC digunakan apabila pemilik rumah sudah tidak menggunakan AC tersebut atau menggantinya dengan yang baru. Meskipun dapat dilakukan sendiri, pembongkaran AC sebaiknya dilakukan oleh orang yang ahli. Hal ini dikarenakan pembongkaran AC  dapat membuang freon. Bila diserahkan pada teknisi, mereka dapat melakukannya tanpa membuang freon.

Pasang

Pemasangan AC merupakan layanan untuk memasang AC yang baru dibeli. Berbeda dengan barang elektronik biasanya, pemasangan AC tidak bisa dilakukan sembarangan. Dibutuhkan keahlian khusus untuk memperkirakan letak AC agar AC tetap awet.

Bongkar Pasang

Bongkar pasang AC dilakukan untuk melepas AC dari suatu tempat dan memindahkannya ke tempat lain. Layanan ini diperlukan apabila AC hendak dipindahkan ke ruangan atau bangunan yang berbeda.

Las Sambungan Pipa Freon

Pipa freon merupakan pipa yang berfungsi menurunkan tekanan freon dan mengatur aliran freon menuju refrigerator. Namun, bila pipa ac ini terlalu pendek, tekanan kerjanya akan semakin tinggi. Akibatnya, kompresor akan bekerja lebih berat. Oleh karena itu, pipa yang terlalu pendek harus diperpanjang. Pipa yang lama dan tambahan pipa barunya disambungkan dengan alat las.

Las Kebocoran Pipa Freon dan Isi Freon

Pipa freon dapat mengalami kebocoran yang mengakibatkan AC menjadi tidak dingin. Untuk menanganinya, pipa yang bocor harus diperbaiki melalui pengelasan. Karena pipanya bocor, isi freon tentu akan terbuang. Oleh karena itu, layanan las pipa kebocoran ini biasanya juga disatukan dengan layanan isi freon.

Pengecekan AC

Pengecekan AC dilakukan untuk mendeteksi penyebab masalah yang terdapat pada AC. Pengecekan ini dilakukan dengan cara menyalakan AC sekitar 10-15 menit. Kemudian, teknisi akan mengecek fungsi remote AC serta suhu di dalam ruangan.

Baca Juga:  Harga Borongan Cat Per Meter Terbaru 2020

Perlu diperhatikan, biaya pengecekan hanya dikenakan bila Anda tidak jadi menggunakan layanan servis lainnya.

Tips Memilih AC

Penyejuk udara / pendingin ruangan / AC memiliki berbagai macam tipe yang disesuaikan dengan fungsinya. Inilah beberapa tips memilih AC yang tepat untuk rumah Anda sehingga nyaman ditinggali dan pengeluaran listrik tidak terlalu boros.

  • Tentukan luas ruangan

Ukur luas ruangan yang akan dipasangi AC. Hal ini bertujuan untuk mengetahui berapa ukuran pk AC yang cocok untuk ruangan tersebut. Jika luas ruangan 10 meter = 0,63 pk, 14 meter = 0,88 pk, 18 meter = 1,13 pk, 24 meter = 1,50 pk, 36 meter= 2,25 pk dan 48 meter =3 pk.

  • Tentukan pk AC yang akan digunakan

Setelah mengetahui luas ruangan tersebut, maka pilihlah AC yang memiliki pk yang tepat untuk ruangan tersebut. Secara umum, AC yang dijual di pasaran memiliki ukuran pk yaitu ½, 1, 1 ½, 2, 2 ½, 3.

  • Tentukan tipe AC

Selain pk, AC juga memiliki tipe dan spesifikasi lainnya yaitu tipe standar, low watt, inverter, anti virus dan bakteri, dan lainnya. Pilihlah yang tepat sesuaikan dengan kebijakan Anda apakah ingin yang menghemat listrik atau yang ingin cepat mendinginkan ruangan ataupun untuk kesehatan.

  • Tentukan Brand

Setiap brand / merek AC memilliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pilihlah yang sesuai dengan kebijakan Anda. Jangan lupa cek garansi dari tiap brand tersebut, apakah menawarkan garansi yang lebih menguntungkan Anda.

  • Tentukan toko AC yang terpercaya

Membeli di toko AC yang terpercaya akan memberikan Anda keuntungan karena produk yang dijual sudah pasti terjamin keaslian dan kualitasnya.

 

Demikian informasi Harga Pasang AC, biaya Service AC, dan Pengisian Freon AC beserta tips memilih AC, Semoga bermanfaat.

 

Kata Kunci:

harga cuci AC surabaya 2017,harga ganti pengisian preon ac,harga jasa service ac cst,harga standard cuci ac 2 pk surabaya 2017,kisaran harga pengisian freon,uraian service ac

Komentar

comments

Tags

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker