Pertukangan Bangunan

Bata Merah, Memilih Bata Merah Berkualitas untuk Rumah

Bata Merah, Memilih Bata Merah Berkualitas untuk Rumah. Bata merah merupakan bata yang dibuat dari tanah yang dicetak kemudian dibakar dengan suhu tinggi sehingga menjadi benar-benar kering, mengeras, dan berwarna kemerah-merahan. Tanah yang digunakan agak liat sehingga bisa menyatu saat proses pencetakan.

Rumah yang dindingnya dibangun dari material jenis ini terasa lebih nyaman dan sejuk. Selain lebih kuat dan kokoh serta tahan lama, jarang sekali terjadi keretakan dinding yang dibangun dari material bata merah.

Tidak semua tanah liat bisa digunakan, hanya yang terdiri dari kandungan pasir tertentu. Bata merah umumnya memiliki ukuran panjang 17-23 cm, lebar 7-11 cm dan tebal 3-5 cm. Ukurannya yang kecil memberikan kemudahan dalam hal pengangkutan.

Sangat baik dalam penggunaan pembentukan bidang kecil, murah harganya dan mudah didapatkan. Untuk dinding seluas 1 m2, bila menggunakan bata berukuran 23 cm x 17 cm x 5 cm, kira-kira membutuhkan 70 buah bata merah.

Dalam pemasangannya bahan baku yang dibutuhkan adalah semen dan pasir ayakan. Tidak memerlukan perekat khusus pada saat pemasangan. Untuk dinding kedap air diperlukan 1 : 2 atau 1 : 3 (artinya 1 takaran semen dipadu dengan 3 takaran pasir yang sudah diayak). Sedangkan untuk dinding yang tidak harus kedap air dapat menggunakan perbandingan 1 : 4 hingga 1 : 6.

Baca Juga:  Mengenal Baja Sebagai Bahan Konstruksi Bangunan dan Properti

Mari kita ketahui bagaimana ciri-cirinya batu bata yang memiliki kualitas bagus itu!

 

Bata Merah Berkualitas: Berwarna Merah Keunguan

Batu bata menggunakan tanah liat sebagai bahan utamanya. Tanah ini memiliki warna alami yaitu merah kecokelat-cokelatan. Setelah dibentuk sedemikian rupa dan dijemur sampai kering, batu bata yang masih mentah lantas dibakar untuk mematangkan serta memperkuat strukturnya. Adapun tanda kalau batu bata tersebut sudah matang sempurna adalah warnanya berubah menjadi merah keunguan. Ini merupakan batu bata yang sudah mengalami proses pembakaran sangat baik.

 

Bata Merah Berkualitas: Suaranya Ting

Batu bata yang berkualitas bagus pun dapat dilihat dari segi suaranya. Jikalau Anda membenturkan dua batu bata satu sama lain, maka akan terdengar perbedaan suara yang dihasilkannya. Batu bata yang bermutu tinggi adalah batu bata yang sanggup menghasilkan suara benturan yang gemerencing layaknya suara logam. Batu bata tadi pasti mempunyai struktur yang sangat keras dan kokoh sehingga suaranya pun seolah-olah terdengar seperti besi yang dibenturkan.

 

Bata Merah Berkualitas: Tahan Terhadap Air

Di satu sisi, air memang merupakan sumber kehidupan. Namun di sisi lain, air juga bisa menyebabkan kerusakan terhadap bangunan. Air dapat menyebabkan dinding menjadi lapuk sedikit demi sedikit. Apalagi kalau dindingnya terbuat dari bahan batu bata yang bermutu buruk. Anda harus memastikan kalau batu bata yang ingin dibeli tidak mudah hancur saat terkena air. Caranya dengan mencoba merendam sampel batu bata secara acak ke dalam air dan perhatikan hasilnya.

Baca Juga:  Membaca Gambar Konstruksi, Gambar Denah, Gambar Potongan, dan Gambar Tampak

 

Bata Merah Berkualitas: Tidak Gampang Pecah

Anda juga perlu memastikan kalau batu bata yang akan digunakan untuk membangun rumah tidak gampang hancur. Batu bata tersebut harus mempunyai struktur yang kuat dan kokoh sehingga dapat membentuk konstruksi bangunan dengan sebaik-baiknya. Untuk menguji kekuatan batu bata, Anda bisa mencoba menjatuhkannya dari ketinggian 1 meter. Batu bata yang kuat seharusnya tidak akan hancur jika dijatuhkan dari ketinggian tersebut.

 

Bata Merah Berkualitas: Ukuran Seragam

Faktor keseragaman dimensi juga sangat penting untuk diperhatikan dalam memilih batu bata. Anda sebaiknya membeli material yang mempunyai dimensi yang seragam. Baik bentuk maupun ukuran batu bata tersebut harus memiliki kesamaan antara satu dengan yang lainnya. Hal ini sangat berguna untuk mempermudah Anda dalam melakukan pemasangan nantinya. Batu bata yang memiliki dimensi seragam akan menghemat pemakaian semen dan pasir sebagai perekatnya.

 

Spesifikasi batu merah
• Berat jenis kering (ρ) : 1500 kg/m3
• Berat jenis normal (ρ) : 2000 kg/m3
Kuat tekan : 2,5 – 25 N/mm² (SII-0021,1978)
• Konduktifitas termis : 0,380 W/mK
• Tebal spesi : 20 – 30 mm
• Ketahanan terhadap api : 2 jam
• Jumlah per luasan per 1 m2 : 70 – 72 buah dengan construction waste

Baca Juga:  Fakta Tentang Beton yang Perlu Kita Tahu, Sejarah dan Perkembanganya

Kelebihan Bata Merah

  • Tidak memerlukan keahlian khusus untuk memasang.
  • Ukurannya yang kecil memudahkan untuk pengangkutan.
  • Mudah untuk membentuk bidang kecil
  • Murah harganya
  • Mudah mendapatkannya
  • Perekatnya tidak perlu yang khusus.
  • Tahan Panas, sehingga dapat menjadi perlindungan terhadap api.

Kekurangan Bata Merah

  • Sulit untuk membuat pasangan bata yang rapi
  • Menyerap panas pada musim panas dan menyerap dingin pada musim dingin, sehingga suhu ruangan tidak dapat dikondisikan atau tidak stabil.
  • Siarnya besar-besar cenderung boros dalam penggunaan material perekatnya.
  • Kualitas yang kurang beragam dan juga ukuran yang jarang sama membuat waste-nya dapat lebih banyak.
  • Karena sulit mendapatkan pasangan yang cukup rapi, maka dibutuhkan pelsteran yang cukup tebal untuk menghasilkan dinding yang cukup rata.
  • Waktu pemasangan lebih lama dibandingkan bahan dinding lainnya.
  • Berat, sehingga membebani struktur yang menopangnya.
  • Bata merah menimbulkan beban yang cukup besar pada struktur bangunan.

Kata Kunci:

memilih bata merah yang baik

Komentar

comments

Tags
bata merah berkualitas ciri bata merah bagus harga bata merah kelebihan bata merah kelemahan bata merah keunggulan bata merah memilih bata merah

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker