Pengetahuan kayu

Jenis Kayu Ekspor yang Sangat Diminati Pasar Internasional Saat Ini

Jenis Kayu Ekspor yang Sangat Diminati Pasar Internasional Saat Ini. Potensi kayu Indonesia sebagai negara katulistiwa kepulauan terbesar sudah lama terkenal sebagai pemasok kayu berkualitas tinggi. Berbagai kayu yang menjadi favorit internasional diantaranya merbau, Nyatoh,  bengkirai, jati, meranti, keruing, dan kumea.

Meskipun Kepulauan Indonesia hanya terdiri sekitar 1% dari seluruh daratan di permukaan bumi, cadangan hutan alaminya merupakan yang terbesar di Asia dan kedua terbesar di dunia, yang diperkirakan membentang seluas lebih dari 100 juta hektar.

Indonesia mulai memanfatkan hutan pada awal tahun 1970-an, melalui pembangunan industri pengolahan kayu. Saat ini, Indonesia menjadi eksportir kayu lapis terbesar di dunia, dan juga produksi kayu gelondongan, kayu olahan dan bubur kayu untuk produksi kertas. Pada tahun 2001, terdapat data statistik yang akurat, produksi kayu menyumbang 1,1 % Gross Domestic Product Indonesia dan sekitar US$ 5,1 miliar dari hasil ekspor.

Baca Juga:  Teknik Pembelahan Kayu Bulat Agar Maksimal

Berdasarkan data Asosiasi Pengusaha Hutan (APHI), nilai ekspor meningkat. Pada 2016, nilai ekspor produk kayu sebesar US$ 9,87 miliar, sementara pada 2017 mencapai US$ 10,94 miliar.

produksi kayu bulat dari Hutan Tanaman Industri (HTI) terus meningkat setiap tahun. Pada 2015, produksi HTI sebesar 32,2 juta meter kubik, lalu pada 2016 sebesar 32,6 juta meter kubik, dan 2017 mencapai 38,8 meter kubik.

Sementara, produksi kayu bulat di wilayah hak pengusahaan hutan (HPH) terus stabil setiap tahun. Pada 2015 produksi HPH sebesar 5,84 juta meter kubik, lalu 2016 sebesar 5,38 meter kubik, dan pada 2017 sebesar 5,34 juta meter kubik.

Meskipun eksport kayu olahan banyak berasal dari kayu lapis dan bahan pembuat kertas namun ada beberapa kayu solid dengan berbagai produksi turunan seperti decking, flooring, maupaun kayu berbentuk olahan moulding yang juga mendominasi.

Baca Juga:  Kayu Jati Belanda, Harga Kayu Pinus dan Proses Pengolahannya

Berikut ini kami ulas jenis kayu ekspor yang banyak diminati konsumen internasional:

 

Jenis kayu Ekspor dari Indonesia di pasar Internasional

  • Kayu Merbau, Kayu merbau yang berasal dari Papua dan sekitar merupakan jenis kayu keras dengan peminat yang sangat tinggi. Jenis kayu berwarna kuning kemerahan hingga merah kehitaman. merbau banyak digunakan untuk produksi decking dan lantai kayu.
  • Kayu Nyatoh, Jenis kayu dari sulawesi ini hampir mirip dengan meranti namun memiliki tekstur serat yang bagus. Kayu nyatoh diminati korea, jepang hingga eropa. Kayu nyatoh banyak digunakan untuk pintu, jendela, dan kusen serta beberapa furniture interior.
  • Kayu Jati, Sebelum booming kayu jati dari vietnam dan Burma yang saat ini digemari eropa kayu jati Indonesia masih digemari untuk pasar asia dan sebagian eropa. kayu jati bantyak digunakan untuk beragam furniture.
  • Kayu Kumea, kayu kumea banyak terdapat di Sulawesi dengan warna kayu kekuningan hingga orange. Kayu keras dan tahan lama, banyak digunakan untuk decking.
  • Kayu Sengon, kayu sengon diekspor dalam bentuk barecore untuk kayu lapis ataupun blockboard. Ekspor barecore Indonesia termasuk yang terbesar di Indonesia.
  • Kayu Meranti, Kayu meranti merupakan kayu yang mempunyai pasar ekspor cukup luas banyak digunakan juga sebagai bahan kayu lapis dan plywood.
  • Selain kayu kayu diatas, kayu lain yang banyak diminati adalah Bengkirai, sonokeling, kruing, mahoni, akasia, dll.
Baca Juga:  Mengenal Sortimen Kayu Gergajian dan Jenis Sortimen Kayu

Demikian ulasan kami mengenai jenis kayu eskpor yang banyak diminati dunia.

Komentar

comments

Tags
cara ekspor kayu cara mudah ekspor kayu jenis kayu ekspor kayu ekspor yang mahal kayu kumea kayu merbau kayu nyatoh panduan ekspor kayu tips ekspor kayu

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker