Pengetahuan kayu

Kayu Kering Oven, Alasan Kenapa Harus Beli Kayu Kering Oven

Kayu Kering oven menjadi salah satu syarat untuk pintu dan furniture yang berkualitas. Kenapa Harus Beli Kayu Kering Oven? Simak 1001 Alasannya. Kayu merupakan hasil hutan dari sumber kekayaan alam, merupakan bahan mentah yang mudah diproses untuk dijadikan barang sesuai kebutuhan.

Pengertian kayu disini adalah sesuatu bahan yang diperoleh dari hasil pemungutan pohon-pohon di hutan, yang merupakan bagian dari pohon tersebut, setelah diperhitungkn bagian-bagian mana yang lebih banyak dapat dimanfaatkan untuk sesuatu tujuan penggunaan dalam bentuk kayu pertukangan, kayu industri maupun kayu bakar.
Kayu mempunyai sifat higroskopik, yaitu dapat menyerap atau melepaskan air atau kelembaban. Sifat higroskopik merupakan suatu petunjuk bahwa kelembaban kayu sangat dipengaruhi oleh kelembaban dan suhu udara pada suatu saat, makin lembab udara disekitarnya akan makin tinggi pula kelembaban kayu sampai tercapai keseimbangan dengan lingkungannya.

Kandungan air pada kayu serupa ini dinamakan kandungan air keseimbangan (EMC = Equilibrium Moisture Content). Masuknya air kedalam kayu menyebabkan berat kayu akan bertambah.

Baca Juga:  Tahapan dan Proses Pengeringan Kayu

Karena sifat kayu yang menyerap kelembaban inilah maka kayu harus dikeringkan hingga 12% kadar airnya agar tidak mengalami masalah saat dikerjakan menjadi furniture. Kayu yang tidak kering dengan benar akan mengakibatkan muai susut tinggi sehingga kayu akan bengkok, mangkuk (bow), dan juga mudah terserah hama dan jamur.

Berikut ini adalah alasan kenapa harus membeli kayu yang sudah kering oven:

  • Mengeringkan kayu secara alami membutuhkan waktu yang lama untuk mecapai kadar air yang di syaratakan.
  • Anda tidak bisa menjasakan pengeringan kayu dengan jumlah yang sedikit, sebagai gambaran 1 camber mesin oven kayu harus menampung hingga 40 kubik kayu agar efisien.
  • Kayu yang tidak di oven akan mengalami masalah melengkung, twist, bow, dan juga rentan terhadap serangan hama dan jamur.
  • Kayu yang sudah di keringkan dengan mesin oven mudah difinishing dan menghasilkan warna yang menarik.
  • Kayu kering oven mudah dikerjakan, dipotong, diserut, dan diamplas sehingga efisien waktu kerja.
Baca Juga:  Bahan Pengawet Kayu yang Sering Digunakan di Industri Perkayuan

Mengerjakan kayu yang masih basah apalagi untuk membuat pintu akan mengalami resiko tinggi. Pintu kayu yang basah mudah susut sehingga pintu tidak bisa ditutup sempurna.

Kata Kunci:

kayu oven,kayu oven adalah,kayu openan,kayu yang sudah di oven,Oven kering kayu,pengertian kayu kering oven

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan. Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker