Pengetahuan kayu

Kayu Kumea, Karakter dan Harga Kayu Kumea di Pasar Ekspor

Kayu Kumea, Karakter dan Harga Kayu Kumea di Pasar Ekspor.Indonesia memiliki potensi hutan sekitar 4.000 jenis kayu,dandiperkirakan400 jenis
diduga akan memegang peranan penting dikemudian hari. Dari 400 jenis tersebut 258 jenis yang diperdagangkan, paling tidak secara lokal.

Kecenderungan pemakaian kayu akan terus meningkat, baik untuk keperluan struktural maupun industri. Hal ini perlu diimbangi dengan pengetahuan jenis kayu, sifat dan cara pengolahan kayu agar kayu tersebut dapat digunakan secara efektif dan efisien. Untuk memenuhi kebutuhan kayu yang semakin meningkat di masa yang akan datang dan untuk memperoleh nilai manfaat kayu yang sebesar-besarnya dari hutan saat ini tidak dapat lagi
dipisahkan dari perhatian terhadap pemanfaatan jenis kayu dari jenis pohon kurang dikenal.

Baca Juga:  Cara Beli Kayu Perhutani Jaman Now Cukup Pakai Smartphone

Salah satu jenis kayu yang saat ini cukup banyak diperdagangkan untuk pasar internasional adalah kayu Kumea. Berasal dari sulawesi dan cukup keras serta berat. kayu Kumea banyak digunakan untuk Decking dan flooring. Selain kayunya keras dan cukup kuat, kumea juga memiliki corak yang indah.

 

Ciri umum Kayu Kumea

kayu teras berwarna coklat kemerahan, dapat dibedakan dengan kayu gubal yang berwarna coklat muda kemerahan. Kayu gubal lebarnya mencapai 3,4 cm dengan proporsi kayu teras hanya sekitar 50% berdasarkan volume. Rendahnya persentase kayu teras kumea batu mungkin disebabkan oleh karena pohon yang ditebang masih berada pada tahap pertumbuhan yang cepat.

Serat kayu cukup padat namun mudah retak sehingga ketika dilakukan pengeringan dengan cara di oven harus benar-benar hati-hati. Kayu ini mempunyai berat jenis yang cukup tinggi hampir mirip dengan berat kayu merbau. Peruntukannya paling banyak untuk decking dan flooring, sebab jika digunakan untuk mebel pengerjaannya cukup sulit dan mudah retak.

Baca Juga:  Mengenal Jenis Rotan Sebagai Bahan Furniture Kelas Dunia

 

Harga dan Produk Kayu Kumea

Harga kayu mempunyai rentang harga yang bervariasi khususnya pada rentang produk yang dihasilkan. Harga kayu yang masih berbentuk square log 10x10x400 cm atau 20x20x400 cm dari suplier berkisar antara 4,5 Juta – 5,5 Juta per m3. Sementara harga untuk produk jadi seperti decking dan flooring harga mencapai USD 1000/m3 – hingga USD 1200/m3 atau sekitar 15-18 Juta/m3.

Pasar ekspor yang banyak menyerap produk kayu kumea adalah China dan Korea. namun saat ini beberapa eksportir juga mulai mengapalkan kayu ini ke Eropa karena dianggap potensial dan mempunyai market yang cukup bagus.

 

Kata Kunci:

kayu kumea,harga kayu kumea sulawesi,kayu komea,Ketahanan kayu kumiah,pohon kayu kumea

Komentar

comments

Tags
harga kayu kumea jenis kayu kumea kayu kumea sulawesi kekuatan kayu kumea kelebihan kayu kumea kualitas kayu kumea nama lain kayu kumea pohon kayu kumea

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan. Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker