Pengetahuan kayuPertukangan Kayu

Mengenal Pola Gergajian Kayu Flat Sawn, Quarter Sawn, dan Rift Sawn

papan kayu yang diolah menjadi bahan jadi furniture merupakan materal yang berasal dari pohon atau kayu log. Untuk menghasilkan furniture atau kerajinan kayu diperlukan proses loging atau penggergajian di sawmill. Papan kayu yang dihasilkan melalui proses penggergajian biasanya mengikuti beberapa standar yang umum dilakukan yait:

  • Model Mendatar (Flat sawn)
  • Quarter Sawn (radial atau seperempat)
  • Rift Saw (semi radial)

Untuk mengetahui lebih deatil berikut adalah penjabarannya:

Pola Gergajian Kayu: Flat Sawn atau Plain Sawn

Flat Sawn atau juga disebuat plain sawn merupakan pola penggergajian secara mendatar baik vertikal maupun horisontal sehingga serat kayu kelihatan terekspose. Pola penggergajian ini paling umum dilakukan karena selain mudah juga menghasilkan rendemen (hasil akhir) yang maksimal sehingga lebih menguntungkan secara bisnis. Namun kelemahan dari kayu flat sawn atau plain sawn ini jika kayu diproses dalam keadaan kadar air tinggi bisa mengakibatkan cacat kayu melengkung seperti mangkok.

Baca Juga:  Mengenal Kompressor dan Tips Memilih Kompressor

 

Pola Gergajian Kayu: Quarter Sawn

Umumnya orang ingin menggergaji kayu log untuk mendapatkan sebanyak mungkin papan radial karena jenis papan ini paling stabil digunakan sebagai bahan bangunan (konstruksi). Akan tetapi sangatlah sulit untuk mencapainya karena hasil gergajiannya kecil, serta membutuhkan skill yang cukup. Kualitas dari kayu quarter sawn menampakkan serat yang indah dab biasanya digunakan untuk lantai kayu. Selain itu quarter sawn menghasilkan kayu yang lebih kuat dan stabil terhadap muai dan susut.

Diagram pola kayu gergajian
Diagram pola kayu gergajian

Pola Gergajian Kayu: Rift Sawn atau Semi radial

Hasil penggergajian kayu log akan menghasilkan juga papan semiradial. Lingkaran tahunnya mempunyai arah diagonal pada penampang papan. Papan Semiradial ini mempunyai arah penyusutan sesuai dengan arah lingkaran tahunnya serta letak kayu gubal dan kayu terasnya. Pola penggergajian ini sangat mahal dan jarang digunakan karena menghasilkan rendemen yang sangat sedikit.

Baca Juga:  Metode Pengawetan Kayu dengan Pencelupan dan Perendaman

Pola gergajian Rift sawn menghasilkan serat sangat indah dan biasanya digunakan untuk furniture kelas atas. kekuatan kayu yang di potong dengan pola riftsawn sangat kuat dan stabil.

Sebelum memilih beragam pola gergajian biasanya sanagt tergantung pada tujuan akhirnya apakan akan digunakan untuk furniture berkualitas tinggi dan serat kayu seperti apa yang hendak ditampilkan. Selain itu perhitungan ekonomis berdasarkan hasil rendemen akhir juga harus diperhatikan.

 

Kata Kunci:

tutorial pertukangan kayu,apa itu rift sawn pada gitar,cara potong quarter sawn,pengertian flat sawn quarter sawn,penggergajian rift sawn,perbedaan quarter sawn dan flat sawn,semi kuarter saw,semi quater sawn dlm kayu

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker