Pertukangan Kayu

Mengenal Table Saw (Meja Gergaji) dan Kegunaannya

Panduan Membeli Table Saw dan Cara menggunakan Table Saw

Mengenal Table Saw (Meja Gergaji) dan Kegunaannya. Table Saw merupakan mesin pemotong kayu yang berbentuk meja, dimana pada bagian tengan terdapat piringan pisau bergerigi. Pisau bergerigi berbentuk circular dengan bilah baja (gigi) yang digerakkan oleh dinamo elektrik.

Selain itu tablesaw terdapat pembatas (fence) untuk mengatur ketebalan pemotongan kayu. Table saw ada beragam jenis, mulai dari jenis kontraktor saw, dan portable saw.

table saw kontraktor
Table saw jenis kontraktor heavy duty sulit untuk dipindah tapi performa tinggi

Kontraktor saw biasanya berbentuk bsar dan digunakan untuk pekerjaan besar seperti industri. Sementara portable saw bisa dipindah dengan mudah sehingga bisa dipakai pada beragam jenis proyek.

table saw portabel
Table saw portabel bisa dipidah dengan mudah bahkan ke lokasi proyek sekalipun

Dari sisi penggeraknya table saw dibagi dua yaitu yang langsung digerakkan melalui As dinamo dan ada juga yang melalui vanbelt, atau pita penghubung.

Sliding Table Saw

Table saw yang standar seringkali kesulitan jika digunakan untuk memotong papan yang lebar misalnya plywood yang utuh. Sehingga diproduksi mesin table saw model sliding, Table saw sliding menempatkan material yang akan dipotong diatas papan peluncur yang akan mengantarkan ke pisau potong. Hasil potongnya sangat akurat dan juga meringankan beban tenaga manusia.

sliding table saw
Table saw sliding digunakan untuk memotong papan lebar semacam plywood dengan hasi; akurat

 

Merek-merek table saw yang beredar juga sangat bervariasi, umumnya merek-merek besar yang menguasai pasar misalnya Bosch, makita, stanley, dan dewalt mereka ini menguasai pasar jenis table saw portable. Sementara untuk kontraktor saw dan sliding table saw dikuasai merek-merek industri heavy duty misalnya SCM, Weinig, Primultini. Meskipun begitu ragam merek china juga banyak beredar dengan harga yang lebih terjangkau.

yang harus diperhatikan dalam memilih table saw adalah akurasinya dalam memotong serta kestabilan motor penggeraknya.

 

Panduan Membeli Table Saw

Sebelum membeli Table Saw, ada beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu:

  • Reputasi merek, Ini sangat penting karena merek yang bagus cenderung sangat peduli dengan after salesnya dan mudah untuk melakukan klaim atau perbaikan.
  • Daya dan Kapasitas Power, Idealnya semakin besar daya table saw akan semakin power full untuk mengerjakan kayu. Namun harus disesuaikan dengan pasokan listrik di workshop atau rumah. Umumnya Table saw dengan kualitas yang cukup mumpuni mempunyai daya 1500-1800 watt.
  • Fitur, Fitur ini cukup penting dan yang harus diperhatikan adalah kemudahan operasional dalam membentuk sudut potong, akurasi fence, fitur safety dll.
  • Akurasi dan Kalibrasi, Akurasi pemotongan table saw cukup penting agar hasilnya presisi dan tidak banyak repair pasca proses pemotongan.
  • Garansi, Garansi ini cukup penting karena power tools mempunyai batas umur pakai dan juga bisa terjadi kerusakan yang tidak terduga. Memastikan garansi dan kemudahan servis center sangat penting.

Kata Kunci:

cara membuat table saw dengan dinamo,dinamo untuk table saw,dinamo table saw,table saw terbaik,fungsi table saw,bagian bagian table saw,dinamo untuk table saw sliding,www jelaskan kegunaanmesin gergaji meja statis,bagian tablesaw,dimensi mesin table saw

Komentar

comments

Tags

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker