Pertukangan Kayu

Menghitung Biaya Pembuatan Pintu Plywood Atau Pintu Triplek

Menghitung Biaya Pembuatan Pintu Plywood Atau Pintu Triplek. Jika kita ingin membuat pintu interior dengan harga ekonomis, pintu plywood bisa menjadi pilihan, apalagi bila difinishing dengan bagus. Pintu plywood walaupun murah dari segi pembuatan namun memiliki berbagai keunggulan, diantaranya lebih stabil dari muai susut, ringan, sehingga tidak membebani konstruksi.

Selain itu, Pintu plywood juga memiliki banyak variasi tampilan yang bisa diginakan, misalnya tampilan serat meranti, Serat kayu jati (teakwood), Serat sungkai, atau serat oak. Kelemahan dari pintu plywood adalah durabilitasnya yang rendah terutama jika ditempatkan pada area basah veenernya mudah mengelupas.

Jika tertarik untuk menghitung biaya pembuatan pintu plywood berikut ini adalah asumsi biayanya:

  • Pintu plywood membutuhkan rangka kayu didalamnya. Rangka kayu ini menjadi tempat untuk meletakkan lapisan plywood pada kedua sisinya.
  • Rangka pintu plywood biasanya terbuat dari kayu ukuran ukuran finis 3cm x 5cm jadi kita harus membeli kayu ukuran 4×6 cm sebagai bahan baku.
  • Jika diasumsikan kita akan membuat pintu kayu ukuran lebar 80 dan tinggi 210 cm maka kita memerlukan kayu ukuran 4x6x210=2 batang, ukuran 4x6x80=4 batang untuk rangka atau secara gampang kita memerluka kayu dengan total ukuran 4x6x740 cm.
  • 4x6x740 cm jika dikubikasi maka hasilnya adalah 0,0168 m3, Jika harga kayu Rp. 3.500.000/m3 (kayu ukuran 4×6 termasuk jenis kayu afkir pabrik sehingga lebih murah) maka biaya untuk Rangka kayu adalah 0,0168 x Rp. 3.500.000 = Rp. 58.800/pintu
  • Harga Plywood Meranti 4mm ukuran pintu dipasaran dengan 90×220 Rp. 50.000, untuk membuat pintu kita membutuhkan plywood 2 lembar Sehingga biaya plywood Rp. 100.000/Pintu
  • Ongkos produksi tukang, Lem, Sekrup dll Rp. 75.000/Pintu
  • Total Biaya Pembuatan Pintu Plywood Meranti Adalah Rp. 58.800 + Rp. 100.000 + Rp. 75.000 = Rp. 233.800/Pintu Plywood
Baca Juga:  Mesin Jointer, Cara Menggunakan dan Memilih Mesin Jointer

Estimasi diatas adalah untuk pintu dari plywood meranti yang sudah dicetak untuk ukuran pintu dengan dimensi 90×220 cm. Jika kita ingin membuat pintu plywood dari teakwood, Plywood oak, Sungkai, atau Jati maka perhitunganya berbeda. Jenis plywood tersebut dijual dengan ukuran 122×244 dengan asumsi harga sekitar 100.000/Lembar maka untuk membuat 1 pintu harus membeli 2 lembar atau Sekitar Rp. 200.000/pintu, tinggal dijumlahkan dengan baiaya rangka kayu dan ongkos produksi.

Perhitungan diatas untuk pintu dengan rangka kosong didalamnya artinya tidak menggunakan honeycomb untuk bahan pengisi, dan tidak menggunkan material kaca.

Kata Kunci:

biaya membuat pintu dari triplek,cara membuat pintu dari triplek,cara membuat pintu triplek sederhana,pintu dari triplek,pintu triplek,cara buat pintu dari triplek,membuat pintu dari triplek,Cara bikin pintu triplek,cara bikin ointu kamar daro triplek,biaya pembuatan pintu kamar

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan. Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker