Pertukangan Cat & FinishingPertukangan Kayu

Mengenal Kompressor dan Tips Memilih Kompressor

Mengenal Kompressor dan Tips Memilih Kompressor. Kompressor merupakan mesin yang berfungsi menghisap udara kemudian memampatkan kedalam tangki udara bertekanan tinggi sehingga bisa dikontrol pengeluaran udaranya. Kompresor banyak kita temukan bahkan pada perlengkapan sehari hari seperti AC dan lemari es yang membutuhkan semburan tekanan udara. Namun kali ini kita akan membahas unit mesin komresor yang banyak digunakan pada kegiatan teknik dan juga finishing.

Secara umum kompressor saat ini terbagi menjadi dua yaitu kompressor yang menggunakan pelumas dan yang tanpa menggunakan pelumas. Saat ini perkembangan kompressor mulai banyak menggunakan yang tanpa oli, sebab dengan menggunakan dinamo listrik suara menjadi sangat halus sehingga tidak berisik. Suara kompresor yang halus juga membuat kita lebih konsentrasi dalam bekerja, misalnya mengecat.

Baca Juga:  Mengenal Pola Gergajian Kayu Flat Sawn, Quarter Sawn, dan Rift Sawn

Dalam memilih kompressor ada beberapa yang harus diperhatikan, diantaranya:

  • Memilih Kompressor: Analisis Kebutuhan

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah analisis kebutuhan kita, apakah kita akan menggunakan kompressor untuk mengecat benda kecil atau panel lebar. Apakah untuk digunakan pada paku tembak, untuk mengisi ban mobil atau ban sepeda sehingga kita bisa menyesuaikan dengan kebutuhan. jika kita ingin menggunakan untuk mengecat pintu atau panel mobil yang luas tentu kita memerlukan kompresor yang berkapasitar besar agar angin tidak cepat habis dan tangki angin cepat terisi.

kompresor tabung kecil untuk pekerjaan ringan
kompresor tabung kecil untuk pekerjaan ringan

Ada banyak pilihan kompresor yang biasanya ditentukan dari kapasitas tangki, mulai paling kecil 6 liter hingga yang sedang 60 liter. Untuk pekerjaan berat dan kontinyu tentu memerlukan kompresor dengan kapasitas tangki yang besar.

Baca Juga:  Merawat Kompresor Agar Awet dan Selalu Top Perform

 

  • Memilih Kompresor: Mengukur kapasistas Listrik

Memilih kompresor harus memperhatikan kapasitas listrik, biasanya kompresor dimulai dengan daya terkecil 750 watt. Jangan sampai ketika membeli kompresor kemudian tidak sesuai dengan kapasitas listrik di rumah atau di tempat kerja, misalnya kompresor 2200 watt padahal daya listrik di rumah 1300 watt. Atau kompresor dengan daya besar hanya digunakan untuk pekerjaan ringan seperti paku tembak atau air brush tentu pemborosan biaya.

 

  • Memilih Kompresor: Tanpa Oli (Oiless) Vs Pakai Oli

Kompresor tanpa oli lebih mempunyai kelebihan yaitu lebih bersih sehingga tangki bebas tercemar oli yang berpengaruh terhadap hasil finishing jika digunakan untuk mengecat. Selain itu kompresor tanpa oli atau oiless bersuara sangat halus sehingga mengurangi polusi suara. Kompresor tanpa oli juga relatif lebih bersih dan bebas perawatan.

Baca Juga:  Mengenal Jenis-jenis Sambungan Kayu, Kekurangan dan Kelebihannya

 

 

Kompresor tanpa oli bebas perawatan
Kompresor tanpa oli bebas perawatan dan tidak bising

 

  • Memilih Kompresor: Garansi

Kompresor sebagai salah satu alat teknis jika terus digunakan juga bisa mengalami kerusakan atau trouble. Pilihlah kompresor yang memberikan garansi 1 tahun atau lebih. Selain itu pastikan bahwa servis centernya tersedia dan mudah dihubungi ketika terjadi masalah.

Demikian gambaran ringkas tentang kompresor dan cara memilihnya semoga bermanfaat.

Kata Kunci:

memilih kompresor untuk mengecat,tips memilih kompresor untuk cat,kompresor kecil,kompresor serbaguna,compresor serba guna,kompresor untuk cat,power tools dan fungsinya,Cara memasang instalasi listrik kompressor angin,bikin las pake gas dan angin kompresor,alat perkakas yang digunakan untuk menghaluskan

Komentar

comments

Tags

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker