Pertukangan Cat & FinishingProduk Cat dan Finishing

Cat Powder Coating, Cara Aplikasi Powder Coating dan Kelebihannya

Cat Powder Coating, Cara Aplikasi Powder Coating dan Kelebihannya. Powder coating adalah proses finishing kering yang telah menjadi sangat populer sejak diperkenalkan di Amerika Utara pada tahun 1960-an. Lebih dari 15% dari total pasar finishing industri menerapkan metode ini, bubuk powder ini juga sudah digunakan pada beragam produk.

Semakin banyak perusahaan mengambil keputusan menggunakan powder coating untuk hasil akhir berkualitas tinggi, tahan lama, memungkinkan produksi yang maksimal, peningkatan efisiensi, dan ramah lingkungan.

PowderPcoating selama ini digunakan sebagai pelapis fungsional (pelindung) dan dekoratif, pelapis bubuk tersedia dalam kisaran warna dan tekstur yang hampir tak terbatas, dan kemajuan teknologi telah menghasilkan sifat kinerja yang sangat baik.

 

Cara Kerja Cat Powder Coating

Pelapis bubuk didasarkan pada sistem resin polimer, dikombinasikan dengan kuratif, pigmen, agen leveling, pengubah aliran, dan aditif lainnya. Bahan-bahan ini dicampur lebur, didinginkan, dan ditumbuk menjadi bubuk seragam mirip dengan tepung terigu.

Suatu proses yang disebut pengendapan semprotan elektrostatik (ESD) biasanya digunakan untuk mencapai penerapan lapisan serbuk pada substrat logam. Metode aplikasi ini menggunakan pistol semprot, yang menerapkan muatan elektrostatik ke partikel bubuk, yang kemudian tertarik ke bagian yang digrounding.

Setelah penerapan lapisan bubuk, bahan yg sudah dilapis dimasukkan pengering oven. Penambahan panas oven secara kimia bereaksi untuk menghasilkan rantai molekul panjang, menghasilkan kepadatan cross-link yang tinggi. Rantai molekuler ini sangat tahan terhadap kerusakan. Jenis aplikasi ini adalah metode yang paling umum dalam menerapkan sistem pengecatan powdercoating. Pelapis bubuk juga dapat diterapkan pada substrat non-logam seperti plastik dan papan serat kepadatan menengah (MDF).

Baca Juga:  Nippon Momento, Membuat Cat Dinding keren dan Eksotik Seperti Wallpaper

Kadang-kadang powdercoating diterapkan dengan aplikasi terfluidisasi. Bagian yang dipanaskan terlebih dahulu dicelupkan ke dalam corong bubuk fluidisasi lalu lapisan meleleh, dan mengalir keluar pada bagian tersebut.

Pengeringan diperlukan tergantung pada massa dan suhu bagian dan jenis bubuk yang digunakan. Apa pun proses aplikasi yang digunakan, powder coating mudah digunakan, ramah lingkungan, hemat biaya, dan tangguh!

 

Daya Tahan Cat Powder Coating

Powder coating merupakan metode finishing berkualitas tinggi yang ditemukan pada ribuan produk yang kita temukan tiap hari. Powder coating melindungi mesin yang paling luar, paling sulit, serta barang-barang rumah tangga yang Anda andalkan setiap hari.

Cat Powder coating memberikan hasil akhir yang lebih tahan lama daripada yang ditawarkan cat cair, sambil tetap memberikan hasil akhir yang menarik.

Produk yang dilapisi powder lebih tahan terhadap bahan kimia, sinar ultraviolet, dan kondisi cuaca ekstrem lainnya. Mampu mengurangi risiko goresan, goresan, lecet, korosi, fading, dan masalah keausan lainnya.

 

Kelebihan Cat Powder Coating

  • Rough and Tough – Cat Powder coating melindungi mesin yang paling kasar, paling sulit, serta barang-barang rumah tangga yang Anda andalkan setiap hari seperti peralatan, perlengkapan kamar mandi, dan bahkan furnitur. Ini memberikan hasil akhir yang lebih tahan lama daripada yang ditawarkan cat cair, namun tetap memberikan hasil akhir yang menarik.
  • Tahan Lama – Produk yang dilapisi powder coating lebih tahan terhadap kualitas lapisan yang berkurang sebagai akibat dari dampak, kelembaban, bahan kimia, sinar ultraviolet, panas dan kondisi cuaca ekstrem lainnya. Itu sebabnya powder coating digunakan pada produk yang terpapar pada kondisi ekstrem seperti pelek kendaraan, furnitur luar ruangan, dan pemanggang.
  • Anti Gores – Finishing yang dilapisi bubuk memberikan daya tahan yang mengurangi risiko goresan, chipping, lecet, korosi, fading, dan masalah keausan lainnya.
  • Breathe Easier – Tidak seperti cat cair, pelapis bubuk tidak mengandung pelarut dan melepaskan sedikit atau tidak ada jumlah Volatile Organic Compounds (VOC) ke atmosfer. Dengan demikian, tidak ada lagi kebutuhan bagi finishers untuk membeli peralatan pengendalian polusi yang mahal. Perusahaan dapat mematuhi dengan lebih mudah dan ekonomis dengan peraturan Badan Perlindungan Lingkungan.
  • Ramah Lingkungan – Tidak seperti banyak cat cair, lapisan bubuk menawarkan jejak karbon yang lebih kecil yang mengurangi efek buruk pada lingkungan.
  • Bisa di Daur Ulang – Perusahaan yang menggunakan cat cair menghasilkan limbah berbahaya yang tidak diinginkan yang harus dibuang dengan benar. Pelapis bubuk dapat didaur ulang dan digunakan kembali dan menghasilkan nol limbah berbahaya.

 

Harga Cat Powder Coating

Harga pengerjaan Powder Coating cukup bervariasi. Biasanya Powdercoating dihitung berdasarkan jasa pengerjaan per item atau per luasan material. Beberapa peralatan Cat Powder coating cukup mahal sehingga cukup jarang perorangan atau pengguna rumahan yang memakai cat ini. Di indonesia bahkan masih terbatas sekali aplikatornya, kecuali untuk industri dengan skala yang besar untuk penggunaan sendiri. Namun tidak ada salahnya jika Anda mulai mengumpulkan referensi tentang alat dan harga powder coating.

Kata Kunci:

apa itu powder coating,Operator Powder Coating,lebih baik dari powder coating,cat fouder coating,cat coating,cara proses powder coating,cara powder coating,Cara kerja powde,cara aplikasi powder coating yang benar,cara aplikasi podercoating

Baca Juga:  Durogloss Klarkote, Cat Mobil Terbaru dari Propan Tahan Ultra Violet

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan. Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker