Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
HardwarePertukangan Kayu

Jenis Rel Laci, Harga Rel Laci Sliding, dan Cara Pemasangannya

Jenis rel laci dan cara pemasangannya. Salah satu hardware furniture yang sangat penting dalam fungsionalnya adalah rel runne laci. Seiring berkembangnya waktu sistem rel semakin berkembang, dulu secara tradisional laci tidak menggunakan alat bantu karena terbuat dari kayu, atau sistem bukaan yang di buat pas antara lubang laci dengan lacinya. Namun seiring waktu saat ini terdapat beberapa model hardwer, yaitu yang menggunakan ball bearing full extension, standar extension, dan juga under mount atau dikenal sebagai rel tandem.

 

Rel Laci Kayu Tradisional

Rel ini adalah jenis paling tua, bahkan sistem ini bisa diaplikasikan tanpa tambahan perlengkapan apapun. Namun jika hasil pekerjaannya dangat rapi, rel laci model ini sangat kuat dan tahan lama. Selain itu, kesan klasik dan tradisionalnya terjaga.

Selain model laci tanpa rel, ada juga yang berinovasi dengan membuat profil pada sisi laci atau pada sisi body laci, sehingga ketika ditarik keluar masuk laci dalam posisi fix dan tidak sampai lepas.

rel laci dari kayu

Beberapa keuntungan rel dari kayu

  • Rel laci dari kayu sangat kuat dan awet tidak berkarat dan tidak aus.
  • Menghemat biaya karena tidak ada hardware tambahan.
  • Jika dibuat dengan pas dan rapi rel laci dari kayu juga mudah ditarik masukkan.
Baca Juga:  Underlayer Lantai Kayu, Fungsi Underlayer Polyfoam untuk Parket Kayu

Kekurangan rel dari kayu

  • Secara penampilan kurang modern.
  • Laci tidak bisa di buka secara full extension karena ada stopper agar laci tidak lepas ketika dibuka.
  • Dibutuhkan pelicin atau wax agar laci mudah dibuka dan ditutup.
  • Membutuhkan ketelitian dalam pengerjaan agar hasilnya pas dan mudah digunakan.

 

Rel Laci Sliding Model Samping

Rel sliding model samping paling banyak diaplikasikan karena harganya relatif murah dan terdapat beragam pilihan. Rel sliding model samping terdapat dua jenis, yaitu yang menggunakan ball beraring full extension dan yang menggunakan roda.

  • Rel Laci low profile bukaan 3/4

Merupakan rel sistem laci yang menggunakan roda berukuran kecil. Rel model ini banyak ditemui di berbagai model furniture modern dan minimalis. Namun rel laci jenis ini tidak bisa membuka secara penuh (hanya 3/4 dari keseluruhan kaci) karena ada stoper pada bagian belakang supaya laci tidak terjatuh saat dibuka maksimal.

Cara memasangnya cukup mudah hanya perlu diberi jarak antara body dengan laci sekitar 1/2 inchi.

Baca Juga:  Memilih Handle Laci, Pintu Kabinet dan Cara Memasangnya

jenis rel laci yang banyak beredar

  • Rel Laci Full Extension Ball Bearing (dobel tarik)

Rel sistem laci ini saat ini paling banyak digunakan untuk furniture dan kitchen set. Rel laci ini memungkinkan laci dibuka secara penuh full extension. Di dalamnya terdapat sistem sliding yang terdiri dari bola-bola baja yang kecil sehingga terasa senyap dan mufah dikeluar masukkan.

Cara pemasangan rel full extension juga cukup simple, sebelum membuat laci harus diberi space dulu sekitar 1,2 cm atau sesuai ketebalan dari rel laci. Antara hardware yang menempel di laci dan body karkas bisa dipisah dengan mudah.

 

Rel Laci Sliding Model Bawah (Tandem)

Rel laci model yang lain dan banyak diaplikasikan pada furniture kelas atas karena rel lacinya tidak terlihat dan mempunyai kekuatan yang besar. Sistemnya hampir sama dengan rel laci sliding samping full extension tetapi letaknya di bawah. Selain itu bentuknya lebih besar dengan pelat body yang lebih tebal.

cara pasang rel laci tandem

Sistem pemasangannya sedikit berbeda dan harus ada space yang cukup pada area bawah laci. Biasanya laci ini dilengkapi dengan sistem penggerak slow motion sehingga laci bisa bergerak sendiri saat didorong.

Baca Juga:  Jenis Palu Atau Martil Dalam Pertukangan

Sementara itu, jika dilihat dari sistem penggeraknya sistem dari rel sliding yaitu:

  • Sistem slow motion, yaitu sistem penggerak lambat karena menggunakan piston penghambat sehingga ketika ditutup tidak mengeluarkan suara dan ketika didorong bisa menutup sendiri.
  • Sistem non slow motion, adalah sistem sliding tanpa dilengkapi piston penggerak sehingga tidak bisa menutup sendiri.
  • Siatem push open, ini merupakan sistem terbaru dan menggunakan sistek elektrik dimana cara membuka dan menutupnya cukup dengan menekan bagian depan laci maka laci akan membuka atau menutup sendiri.

Demikian uraian mengenai hardward furniture yaitu sistem laci yang memungkinkan kita bisa menarik dan menutup laci dengan mudah. Masing-masing sistem mempunyai kelebihan dan juga harga yang cukup berbeda tergantung merek dan kualitas.

Kata Kunci:

yhs-fullyhosted_003,rel laci,harga rel laci,harga slider untuk laci,jenis rel laci,cara membuat rel laci sendiri,cara pasang rel laci,cara membuat laci dengan rel,cara memasang rel meja extension,cara buat laci sleding dari kayu

Komentar

comments

Tags
Cara pasang rel laci full extension Cara pasang rel laci sliding Cara pasang rel laci slow motion Cara pasang rel laci tandem Harga rel laci jenis rel laci Rel laci rel laci dobel tarik Rel laci full extension Rel laci sliding Rel laci tandem Rel lacu bawah slow motion

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker