Arsitektur

Pintu Barn, Pintu Gaya Vintage yang Cocok untuk Villa dan Cafe

Pintu Barn, Pintu Gaya Vintage yang Cocok untuk Villa dan Cafe. Pintu barn atau pintu pergudangan yang ada di pedesaan, kini menjadi trend digunakan untuk hunian, cafe, dan villa bergaya rustic dan industrial. Pintu barn biasanya dibuat dengan sederhana dengan mengutamakan fungsi dan estetika.

Mengingat pada awalnya Pintu ini memang hanya digunakan utnuk pintu gudang dikawasan Amerika dan Eropa. Gudang disini adalah gudang di wilayah pertanian atau peternakan. biasanya Pintu ini berbentuk bukaan sliding namun pada perkembangannya saat ini mulai menggunakan sistem swing.

Bukaan swing tentu untuk menyesuaikan aplikasi dan kesederhanaan dalam hal membuka dan menutup. Pintu barn biasanya tidak terlalu difinishing dengan detil atau sangat halus, material kayunya biasanya dibiarkan terdapat cacat pada kayu sehingga menimbulkan kesan natural dan eksotik.

Baca Juga:  Chicago Architecture Biennial 2019 Membawa Tema Arsitektur yang Unik

Pada perkembangan arsitektur dan desain, Pintu barn mulai diterapkan pada hotel dan cottage yang bernuansa resort. Diperkotan pintu ini banyak diaplikasikan pada kafe dan coworking space bernuansa industrial.

Material kayu yangt umum digunakan dalah kayu ringan sejenis pinus, dan juga oak. Namun di Indonesia pintu ini bisa menggunakan kayu jati dan kayu jenis nyatoh.

 

Ciri-ciri Pintu Barn

  • Bukaan biasanya sliding.
  • Desain simple dan sederhana.
  • Finishing natural look.
  • Terbuat dari kayu kelas ringan dan medium (pinus, oak, nyatoh)
  • Cacat kayu dibiarkan terekspose (rustik)
  • Banyak digunakan hunian konsep industrial dan kontemporer.

 

Menurut salah satu produsen Pintu Yaitu Elite Door atau www.pintusolid.com. Pintu ini mulai banyak diminati seiring perkembangan konsep desain industrial. Kepala Marketing, Muhammad yatari menyatakan bahwa meski konsepnya tampil apa adanya dan natural, pintu Barn harus tetap menerapkan kaidah standar pintu yang benar.

Baca Juga:  Harga Curtain Wall 2022, Fasad Arsitektur Modern Multi Fungsi

Material pintu harus sudah di oven dengan tingkat kekeringan yang optimal 9-12%. Pengerjaan juga harus tetap teliti dan akurat dalam hal ukuran. Sementara finishing biasanya natural doff gunakan bahan yang tahan terhadap cuaca jika pintu terekspose di luar.

Harga Pintu ini cukup bervariasi mulai dari Rp. 800.000 Hingga Jutaan rupiah tergantung ukuran dan jenis kayu yang akan digunakan. tertarik untuk mecoba Pintu Ini?

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker