HardwarePertukangan Kayu

Baut Knock Down Furniture dan Cara Memasang Sekrup Knock Down

Aneka Jenis Baut Knock Down Furniture dan Cara Memasang Sekrup Knock Down. Berbagai furniture modern saat ini hampir semua menggunakan sistem knock down. Sistem knock down adalah adalah sebuah sistem yang memungkinkan furniture bisa dibongkar dan dipasang dengan mudah. Ada beberapa alasan kenapa banyak maufaktur dan perusahaan furniture menggunakan sistem knock down, diantaranya:

  • Sistem knock down memungkinkan produksi massal dengan lebih cepat karena setting ukuran dan model sudah ditentukan.
  • Furniture siatem knock down memudahkan proses finishing, baik menggunakna laqcuer maupun menggunakan sistem pelapis laminasi.
  • Furniture knock down mempermudah sistem distribusi barang karena bisa dikemas dengan sangat ringkas dan tidak memakan tempat. Di era penjyalan online seperti ini, sistem knock down adalah yang paling efisien.
Baca Juga:  Mengenal Gergaji Jigsaw, Kegunaanya, dan Panduan Membeli Jigsaw

Membuat furniture knock down diperlukan sistem jointing dengan menggunakan beragan alat pendukung baik berupa sekrup knick down, baut knock down, maupun perangkat inovasi yang lain. Berikut ini adalah jenis baut knock down yang sering digunakan di pasaran:

 

Baut Knock Down: Plastic corner block (fixit blocks)

Model knock down ini biasanya menggunakan clamp atau pengait yang menghubungkan dua sisi bidang yang akan dipasang. Biasanya terbuat dari block plastik namun bisa juga menggunakan material kayu buatan sendiri. Keuntungan sistem knock down seperti ini adalah mudah dibongkar pasang dengan mudah dan cepat.

Baut knock down sistem blok

Jika hendak membuat sendiri dari kayu pastikan benar-benar siku agar bidang yang di rekatkan juga presisi. Sesuaikan panjang sekrup yang digunakan agar tidak menembus keluar papan.

Baca Juga:  Engsel Pintu, Berbagai Jenis Engsel, Cara Pasang dan Perawatannya

 

Baut Knock Down: Two block fitting (lok-joints)

Sistem knock down ini menggunakan dua bloc plastik, pada blok pertama sudah ditanam baut sementara pada blok satunya terdapat sekrup untuk mengencangkan. Biasanya untuk menjaga agar presisi dan tidak bergeser pada salah satu blok diberi dowel dan blok satunya di bor lubang dowel.

sekrup knock down furniture

 

Baut Knock Down: Rigid joint (Klem Siku)

Sistem knock down ini menggunakan material plastik ataupun logam yang dibentuk 90 derajat sehingga membentuk siku yang presisi. Cara menggunaknnya sangat mudah hanya perlu menyekrup lubang-lubang yang tersedia.

Model knock down klem siku

 

Baut Knock Down: Scan fittings (Silinder Tanam)

Model knock down ini cukup kuat dan tidak terlihat sehingga nampak rapi. Silinder dimasukkan ke sisi pertama kabinet di dalam lubang yang sudah dibor. Sekrup kemudian didorong melalui lubang di sisi kedua hingga memenuhi silinder. Kemudian dapat dikencangkan dengan penggerak sekrup sampai kedua sisi kabinet saling tarik menarik.

sistem knock down dengan silinder

 

Baca Juga:  Tahapan dan Proses Pengeringan Kayu

Baut Knock Down: Cam locks

Model knock down ini banyak digunakan pada furniture merek terkenal seperti ikea, baut knock down ini mudah di setting pada kedua sisinya sehingga lebih presisi.

sekrup knock down camlock

 

 

Kata Kunci:

Baut Knock Down,cara pasang baut knock down,jenis baut furniture,Cara memasang baud baud di lemari belajar yang di rakit,pasang baut knockdown,cara memasang baud di meja,cara bongkar meja camlock,Baut lemari olimpic knokdown,sekrup lemari,baut buat sambungan papan

Komentar

comments

Tags

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

One Comment

Leave a Reply

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker