Pertukangan Kayu

Memilih Klem Kayu Atau Catok Kayu Sesuai dengan Kebutuhan Proyekmu

Klem kayu dan berbagai jenis klem kayu untuk proses woodworking. Saat kita melakukan pekerjaan perkayuan (woodworking) kita biasanya menggunakan paku, palu, bahkan bor, atau sekrup. Namun, ada salah satu alat bantu yang punya manfaat besar, yaitu klem, clamp, penjepit atau juga disebut alat press kayu.

Alat pres kayu ini ibarat tangan tambahan karena membantu proses agar antara 2 kayu atau lebih bisa melekat. Selain itu klem kayu juga membantu untuk menstabilkan, menahan benda yang akan kita padukan.

 

Memilih Klem Kayu

Ada banyak jenis klem kayu dipasaran. Berbagai jenis klem kayu ini hadir untuk memenuhi beragam kebutuhan, berikut ini jenis Klem kayu yang umum beredar:

 

Klem Panjang (Klem Pipa, Bar Clamp)

Klem kayu jenia ini untuk merekatkan area kayu dengan area kerja yang panjang. Klem panjang biasanya berbentuk pipa atau besi kotak). Klem pipa sangat bisa disesuaikan ukuran panjangnya tinggal kita potong panjang pipa sesuai kebutuhan.

Baca Juga:  Tips Pekerjaan Kayu untuk Pemula Agar Menjadi Pro Player

jenis-jenis klem kayu

Untuk proses sambungan papan klem pipa ini sangat kuat dan juga stabil dengan daya tekan tinggi.

 

Klem C

Klem C bekerja untuk area yang lebih kecil. Klem C sangat populer biasa disebut juga dengan catok C. Ukuran klem C sangat bervariasi dari yang terkecil 2 inchi hingga 10 inchi.

Jenis klem C untuk pres kayu

Klem C mempunyai siatem pengencang berbentuk ulir yang sangat kuat sangat menjepit. Klem C mudah ditemukan dan dibeli di berbagai toko bangunan.

 

Klem Jepit atau Spring Clamp

Klem jepit merupakan klem yang sangat mudah digunakan. Menggunakan mekanisme per yang berada didalam. Klem jepit bisa digunakan untuk mengamankan pekerjaan agar tidak bergeser.

Jenia klem untuk woodworking spring clamp

Klem jepit biasanya diperlukan untuk pekerjaan yang sifatnya ringan. Kekuatan jepitannya tidak di desain untuk melakukan penekanan kayu yang kuat, selain itu bidang kerjanya sangat kecil.

Baca Juga:  Cacat Pada Lantai Kayu dan Solusi Perbaikannya

 

Klem F atau Catok F

Disebut klem F atau populernya catok F sebab bentuknya menyerupai huruf f. Klem F mampu mengcover area kerja yang cukup panjang mulai 20 cm hingga 150 cm.

Klem f mudah disetting serta mempunya daya tekan yang cukup kuat. Sistem pengencangnya menggunakan baut berulir.

 

Klem Siku (Square Clamp)

Klem siku berfungsi untuk merekatkan ujung kayu atau sambungan kayu yang membentuk suduk 90 derajat. Klem siku bisa digunakan untuk mendeteksi akurasi sambungan adu manis agar akurat dan presisi.

 

Klem Quick Grip (One hand clamp)

Klem kayu quick grip sangat efisien dan cepat dalam proses penggunaanya. Bahkan bisa dioperasikan hanyak dengan satu tangan sehingga disebut juga one hand clamp.

Baca Juga:  Mesin Moulding Kayu, Jenis dan Fungsi Mesin Moulding Kayu

Klem quick grip mempunyai mekanisme pengencang dengan menekan pistol pegas. Proses pengencangannya sangat cepat. Kekuatan dalam proses menjepit termasuk menengah, lebih kuat klem C dan Klem pipa.

Kata Kunci:

jenis jenis clamp kayu,cara membuat clamp kayu,macam macam klem kayu,cara catok kayu,ukuran clam kayu dan harganya,cara membuat clamp bar,Cara membuat pres sambung kayu,cara membuat siku kayu,cara mengetahui ukuran f clam kayu,Catok kayu

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker