Pertukangan Kayu

Meja Router untuk Pertukangan Kayu, Fungsi dan Cara Kerjanya

Apa Itu Router Table? Bagaimana cara menggunakannya?

Meja router adalah jenis Meja khusus di mana mesin router genggam yang sesuai dapat dipasang, terbalik, ke bagian bawah meja. Mata Pisau router, atau bit, akan menonjol melalui lubang di permukaan meja.

Bahan kayu atau mdf bisa diumpankan di sepanjang meja, menghadap pemotong yang berputar, untuk dipotong atau dibentuk. Router table dilengkapi dengan berbagai aksesori, untuk membantu berbagai tugas pemotongan dan pembentukan, dan berfungsi untuk meningkatkan keserbagunaan router Anda.

Jenis Meja Router

Dua jenis Router table yang populer adalah:

  • Router table Free Standing
  • Router table benchtop (diletakkan diatas meja kerja).

Router table Free standing biasanya adalah meja yang lebih besar yang dapat digunakan sebagai meja mandiri, tetapi seringkali juga memiliki kaki yang dapat dilepas sehingga dapat juga digunakan sebagai meja benchtop.

Baca Juga:  Mesin Jointer, Cara Menggunakan dan Memilih Mesin Jointer

meja router free standing dan bench top

Router table Benchtop biasanya lebih kecil dan lebih ringan, sehingga lebih mudah untuk diangkut. Mereka dirancang untuk digunakan di atas meja atau meja kerja lain dan biasanya dilengkapi dengan tanda kurung sehingga dapat dipasang dengan aman ke atas meja.

 

Fungsi Meja Router

Router table memungkinkan Kita menggunakan router dalam waktu yang lama dan hasil lebih akurat dan presisi. Sebab mesin terkunci di meja dan kita bisa melakukan pekerjaan secara terus menerus.

Berikut ini adalah pekerjaan yang bisa dilakukan dengan mesin Router table.

  • Membuat Profile dan berbagai bentuk motif kayu.
  • Membuat isian pintu kayu. Dengan menggunakan Router table membuat isian pintu kayu atau rise panel door menjadi lebih mudah, cepat dan akurat.
  • Membuat spooneng kusen pintu dan jendela. membuat spooneng kusen akan menjadi lebih mudah dengan Router table.
  • Membuat Alur, Lubang, dan Purusan kayu.
Baca Juga:  Memilih Dinamo untuk Table Saw

 

Memilih Router Table DIY Atau Pabrikan?

DI Indonesia Router table yang dijual masih sangat terbatas. Merek-merek berkualitas seperti Bosch dan makita belum banyak beredar di pasaran.

Namun bagi yang ingin membuat sendiri bisa membeli router plate untuk digunakan pada mesin router. Namun dari beberapa pengalaman, router plate diy kurang presisi saat digunakan untuk bekerja dalam jangka lama.

diy router table
Router table DIY

Sementara jika membeli Router table yang pabrikan lebih akurat dan mudah karena memang di desain dengan teliti dan durabilitasnya tinngi.

Baca Juga:  Jenis Kayu untuk Plafon, Kenali Karakter dan Kelebihan Ragam Jenis Kayu

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan. Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker