3D Printing & CNC

Stepper Motor Nema 17, Spesifikasi dan Aplikasi Penggunaannya

Keunggulan dan kelebihan Stepper Motor Nema 17 untuk CNC dan Robotika

Stepper motor atau motor langkah adalah jenis motor listrik yang dapat melakukan gerakan rotasi dengan cara menggerakan rotor melalui langkah-langkah atau tahapan tertentu. Stepper motor dapat melakukan rotasi dengan kecepatan yang dapat diatur dan memiliki kontrol gerakan yang sangat presisi.

Stepper motor terdiri dari rotor dan stator yang terdiri dari beberapa kumpulan elektromagnet yang dapat diatur dengan cara memberikan sinyal listrik sesuai dengan langkah-langkah tertentu. Setiap kali sinyal listrik diberikan ke elektromagnet, rotor akan bergerak dengan satu langkah atau tahapan, dan gerakan rotasi dapat diatur dengan cara memberikan sinyal pulsa pada setiap tahapan tersebut.

Keuntungan dari stepper motor adalah kemampuannya untuk menghasilkan gerakan rotasi yang presisi dan dapat dikontrol dengan sangat baik, sehingga stepper motor banyak digunakan pada aplikasi yang memerlukan gerakan yang tepat dan terkontrol seperti pada mesin CNC, printer 3D, dan robotika. Namun, kekurangan dari stepper motor adalah memiliki noise (suara) yang lebih besar dan biaya yang lebih mahal dibandingkan dengan motor listrik konvensional.

Stepper Motor Nema 17

NEMA 17 adalah standar ukuran untuk motor stepper (motor langkah) dengan lempeng depan berukuran 1,7 inci atau sekitar 42,3 mm. NEMA 17 adalah salah satu jenis motor stepper yang paling populer dan sering digunakan pada berbagai macam aplikasi, termasuk di dalam industri elektronik, robotika, dan mesin CNC.

Baca Juga:  Teknologi Mesin Cetak Logam 3D, Era Manufaktur Printer 3D Dimulai

Keuntungan utama dari motor stepper NEMA 17 adalah kemampuannya untuk mengontrol gerakan motor dengan akurasi tinggi dan memiliki kontrol yang tepat. Motor stepper NEMA 17 dapat menghasilkan torsi yang besar dan dapat digerakkan dengan kontrol yang sangat presisi dan halus, membuatnya menjadi pilihan populer pada aplikasi yang memerlukan pergerakan yang tepat dan terkontrol.

NEMA 17 memiliki empat kabel yang terhubung ke driver motor yang mengontrol sinyal pulsa untuk menggerakkan motor. Dalam penggunaan pada mesin CNC, motor stepper NEMA 17 sering digunakan sebagai motor penggerak pada sumbu X, Y, dan Z serta motor penggerak meja mesin.

Selain itu, NEMA 17 juga memiliki beberapa kekurangan, seperti harganya yang lebih mahal dibandingkan dengan motor DC biasa dan memiliki noise (suara) yang cukup besar selama operasinya.

Baca Juga:  4 Fungsi Mesin CNC dalam Proses Manufaktur Industri

Namun, dengan keunggulan dan kelebihannya yang dapat menghasilkan gerakan presisi dan terkontrol, NEMA 17 tetap menjadi pilihan yang sering digunakan pada berbagai aplikasi yang memerlukan kontrol gerakan yang akurat.

Spesifikasi Nema 17

Berikut adalah beberapa spesifikasi umum dari NEMA 17:

  • Ukuran lempeng depan (faceplate): 1,7 inci atau sekitar 42,3 mm
  • Jumlah tahap (step): 200 tahap per putaran
  • Torsi (torque): berkisar antara 0,3 hingga 0,6 Nm
  • Arus nominal: berkisar antara 0,5 hingga 1,5 A
  • Tegangan nominal: berkisar antara 2 hingga 4 VDC
  • Tahanan: berkisar antara 1 hingga 5 ohm
  • Kecepatan rotasi: berkisar antara 500 hingga 3000 RPM (tergantung pada arus dan tegangan yang diberikan)

Perlu diingat bahwa spesifikasi NEMA 17 dapat berbeda-beda tergantung pada produsen dan modelnya.

Merek dan Brand Stepper Nema 17

Ada banyak merek NEMA 17 yang tersedia di pasar, beberapa di antaranya adalah:

  1. StepperOnline: Merek motor stepper ini menawarkan berbagai macam pilihan motor stepper NEMA 17 dengan berbagai spesifikasi, seperti torsi dan kecepatan rotasi yang berbeda-beda. Produk ini biasanya banyak digunakan pada mesin CNC, robotika, dan aplikasi lain yang memerlukan gerakan presisi.
  2. Adafruit: Merek ini menawarkan NEMA 17 yang dirancang untuk dipasangkan dengan driver motor TB6612, sehingga mudah untuk dikontrol dan digunakan pada berbagai macam proyek elektronik.
  3. Kysan: Merek ini menawarkan NEMA 17 dengan berbagai spesifikasi yang berbeda, seperti torsi dan kecepatan rotasi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.
  4. Wantai: Merek motor stepper ini menawarkan NEMA 17 dengan berbagai spesifikasi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan, dan biasanya digunakan pada mesin CNC dan aplikasi lain yang memerlukan gerakan presisi.
  5. Oriental Motor: Merek motor stepper ini menawarkan NEMA 17 yang memiliki kemampuan pengendalian gerakan yang presisi dan dilengkapi dengan driver motor yang dapat disesuaikan dengan berbagai macam kebutuhan aplikasi.
  6. Merek lain ada Hanpose, Denky, dll
Baca Juga:  Macam-Macam Material yang Cocok Digunakan untuk Laser Cutting

Perlu diingat bahwa merek-merek tersebut hanya merupakan beberapa contoh, dan masih banyak merek lainnya yang menawarkan NEMA 17 dengan berbagai macam spesifikasi dan harga yang berbeda-beda. Oleh karena itu, sebaiknya lakukan riset terlebih dahulu sebelum membeli NEMA 17 untuk memastikan bahwa produk yang dibeli sesuai dengan kebutuhan dan anggaran yang tersedia.

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Non Aktifkan Adblocker untuk Bisa membaca Artikel Kami