Pertukangan Kayu

Mengenal Mesin Gergaji Miter Saw dan Kegunaanya

Mengenal Mesin Gergaji Miter Saw dan Kegunaanya. Mesin gergaji mitersaw sangat efektif untuk melakukan pemotongan pendek dengan beragam sudut kemiringan. Pemotongan kayu atau besi dengan mitersaw biasanya untuk memotong material dengan sudut 45 derajat dan 90 Derajat.

Pada bahasa umum mitersaw biasa disebut dengan gergaji siku karena sangat efektif untuk membuat sudut siku seperti pigura atau kotak kayu. Miter saw juga efektif dan sangat cepat untuk pemotongan croscut, kedalaman potong biasanya mencapai 5 cm dan lebar bidang potong hingga 18 cm.

Ukuran mitersaw cukup bervariatif, umumnya mengikuti ukuran pisau gergaji (saw blade) yang paling umum ukuran 10″ meskipun ada juga yang 8″. Beragam merk yang beredar seperti makita, Dewalt, Bosch, Modern, Pigeon, Ryu dll.

bagian mitersaw

Sliding Miter Saw, Memotong Bidang Lebih Luas

Mitersaw yang standar pada umumnya mempunyai keterbatasan dalam bidang pemotongan kayu sehingga untuk kayu yang lebar harus dibalik dan dipotong sisi lainnya. Hal ini tentu membuat pekerjaan tidak efektif dan bisa membuat pemotongan jadi tidak presisi.

Mengatasi hal itu beberapa produsen memberi opsi pilihan produk dengan memproduksi sliting mitersaw, sliding mitersaw bisa ditarik sehingga mampu memotong bidang lebih luas hingga 30 cm.

Harga sliding mitersaw hampir 2 kali lipat dibanding mitersaw yang standar dengan merk yang sama. Untuk merk bosch misalnya sliding mitersaw dibanderol hingga 9 Juta rupiah.

Fitur Gergaji Miter Saw

  • Ampere mengukur kekuatan motor gergaji. Ampere yang lebih tinggi berarti lebih banyak daya potong. Perhatikan juga daya wattnya daya yang tinggi tentu lebih efektif memotong kayu, biasnya daya gergaji miter saw mulai 800 Watt Hingga 2200 watt.
  • Ukuran Mata Gergaji merupakan pertimbangan penting dalam memilih gergaji miter. Ukuran mata gergaji yang paling umum adalah 8, 10 dan 12 inci. Perlu diingat bahwa bilah berdiameter lebih besar mampu membuat potongan lebih panjang.
  • Akurasi sudut, perhatikan benar-benar akurasi sudut pemotongan mitersaw, bisa perlu gunakan siku atau busur derajat untuk memastikan akurasi stopper pemotongan sudutnya.
  • Kedalaman potong, Pada gergaji sliding miter saw, kedalaman potong bisa diatur naik turun sehingga bisa digunakan untuk membuat cuakan pada sambungan kayu.
  • Rem listrik, pada miter saw yang lebih modern terdapat fitur stop yang efektif, ketinka tombol dilepas gergaji langsung berhenti, ini membuat gergaji lebih aman.
  • Kunci as atau poros untuk mempermudah mengganti bilah pisau.
Baca Juga:  Harga Gergaji Miter Saw dan Sliding Miter Saw Berbagai Merek

Jadi sebelum kalian membeli sebuah mesin mitter saw idaman kalian. Kalian harus ngerti dulu tips memilih mitter saw yang bagus buat kalian. Agar nantinya kalian ga akan nyesel setelah membeli mesin mitter saw idaman kalian itu. Dan berikut ini adalah beberapa hal yang perlu kalian perhatikan saat memilih mitter saw :

  • Pisau Potong

Mata pisau potong tentunya sangat mempengaruhi hasil pekerjaan yang kalian dapatkan. Mitter saw yang bagus tersedia untuk ukuran mata pisau 8, 10 dan 12 inch. Kenapa mata pisau potong merupakan hal penting untuk memilih sebuah mitter saw? Karena mata pisau potong dapat digunakan untuk melakukan pemotongan terhadap kayu, alumunium dan juga baja ringan. Jadi jika ukuran mata pisau yang kalian miliki bisa masuk pada mitter saw kalian, tentunya kalian akan dapat memotong ketiga jenis objek potong yang sudah kami sebutkan tersebut.

  • Sliding Mitter Saw
Baca Juga:  MDF untuk Furniture, Kelemahan dan Kelebihan MDF

Mitter saw yang bagus harus memiliki keunggulan yaitu memiliki sistem sliding. Mungkin sistem sliding ini tidak terlalu berpengaruh untuk pemotongan terhadap kayu kecil seperti pembuatan pada piguran, dll. Tetapi lain halnya jika kalian akan memotong dengan objek yang lebih besar dan lebar, sehingga tidak mungkin anda menggeser terus objek potongnya saat akan mengganti sudut potong anda.

Dengan menggunakan fungsi sliding ini, jangkauan potong anda akan lebih luas dan flexible sehingga pekerjaan anda akan lebih cepat dan ringan. Lain halnya jika anda membeli mitter saw tanpa fungsi sliding. Fungsi dari mitter saw tersebut tentunya jadi hampir sama dengan circular saw biasa.

  • Bevel / Compound

Untuk fitur yang dimiliki mitter saw ini memang agak sulit untuk diterapkan, jika tidak anda rasakan sendiri. Jadi untuk memilih mitter saw yang bagus, kalian harus merasakan sendiri fitur bevelling yang terdapat pada mitter saw tersebut. Jika kalian masih awam dalam hal ini dan ingin belajar, carilah merk yang sudah terkenal yang memang sudah banyak diakui oleh user. Apalagi jika kalian mengikuti sebuah komunitas, maka kalian akan lebih mudah mendapatkan informasi terkait kenyamanan penggunaan fitur ini pada teman komunitas kalian.

Bagi kalian yang belum tau apa itu bevel / compound, maka kami akan memberikan penjelasannya. Jadi bevel atau compound ini adalah kemampuan yang dimiliki mitter saw untuk melakukan potongan miring kesamping dan juga memutar. fitur ini akan memungkinkan kalian memotong objek tanpa perlu menggerakkan objek tersebut saat ingin merubah sudut potongnya. Jadi fitur ini adalah pendukung dari fitur sliding diatas.

  • Fitur Tambahan

Mitter saw yang bagus seharusnya memiliki fitur tambahan. Tetapi biasanya satu mitter saw memiliki satu sampai dua fitur saja. Beberapa fitur tambahan yang biasa dimiliki mitter saw yaitu :

Baca Juga:  Mengenal Cacat Kayu dan Penyebab Cacat Kayu

Petunjuk sinar laser. Fungsinya adalah sebagai penanda untuk titik potong benda yang akan dipotong jika pencahayaan pada ruangan kurang.

Fitur yang kedua yaitu Pembatas belakang yang bisa disetel agar aman dan nyaman saat anda gunakan. Kelebihan Fitur ini yaitu dapat mengklem atau mengikat benda agar tidak bergerak banyak serta menopang kayu yang ingin anda potong.

Fitur yang ketiga ini agak jarang ada tetapi baru-baru ini mulai muncul pada mitter saw keluaran baru. Fitur ini yaitu Variable Speed atau pengatur kecepatan. Jadi kecepatan potong mitter saw kalian bisa kalian atur agar kalian bisa mendapatkan hasil yang lebih maksimal dan dapat bekerja dengan cepat.

  • Penyedot Debu / Pengontrol Debu

Mitter yang bagus tentunya harus memiliki pengelola debu yang baik. Untuk itu butuh adanya penyedot debu atau pengontrol debu ini. Tentunya kalian tau ya bahaya debu-debu kecil saat memotong kayu. Dan hal ini sangat diperhatikan oleh standard internasional dalam memproduksi mesin-mesin perkayuan. Dan salah satu inovasi yang dilakukan yaitu dengan menambahkan penyedot debu atau pengontrol debu ini.

Karena saat anda berada di ruang kerja yang kecil atau sempit, tentunya debu-debu kayu yang berterbangan akan sangat berbahaya bagi paru-paru anda. Dan karena ruangan yang sempit tersebut membuat kemungkinan debu tersebut terhisap hidung anda akan semakin besar pula. Untuk itu sangat penting memilih mitter saw yang memiliki penyedot atau pengontrol debu ini.

Kata Kunci:

kegunaan miter saw

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Non Aktifkan Adblocker untuk Bisa membaca Artikel Kami