Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Pertukangan Kayu

Mengenal Mesin Gergaji Miter Saw dan Kegunaanya

Mengenal Mesin Gergaji Miter Saw dan Kegunaanya. Mesin gergaji mitersaw sangat efektif untuk melakukan pemotongan pendek dengan beragam sudut kemiringan. Pemotongan kayu atau besi dengan mitersaw biasanya untuk memotong material dengan sudut 45 derajat dan 90 Derajat.

Pada bahasa umum mitersaw biasa disebut dengan gergaji siku karena sangat efektif untuk membuat sudut siku seperti pigura atau kotak kayu. Miter saw juga efektif dan sangat cepat untuk pemotongan croscut, kedalaman potong biasanya mencapai 5 cm dan lebar bidang potong hingga 18 cm.jenis gergaji miter saw

Ukuran mitersaw cukup bervariatif, umumnya mengikuti ukuran pisau gergaji (saw blade) yang paling umum ukuran 10″ meskipun ada juga yang 8″. Beragam merk yang beredar seperti makita, Dewalt, Bosch, Modern, Pigeon, Ryu dll.

Baca Juga:  Mengenal Table Saw (Meja Gergaji) dan Kegunaannya

 

Sliding Miter Saw, Memotong Bidang Lebih Luas

Mitersaw yang standar pada umumnya mempunyai keterbatasan dalam bidang pemotongan kayu sehingga untuk kayu yang lebar harus dibalik dan dipotong sisi lainnya. Hal ini tentu membuat pekerjaan tidak efektif dan bisa membuat pemotongan jadi tidak presisi.

Mengatasi hal itu beberapa produsen memberi opsi pilihan produk dengan memproduksi sliting mitersaw, sliding mitersaw bisa ditarik sehingga mampu memotong bidang lebih luas hingga 30 cm.

 

Sliding Miter saw
Sliding miter saw bisa memotong bidang yang lebih luas

Harga sliding mitersaw hampir 2 kali lipat dibanding mitersaw yang standar dengan merk yang sama. Untuk merk bosch misalnya sliding mitersaw dibanderol hingga 9 Juta rupiah.

harga sliding miter saw

 

Fitur Gergaji Miter Saw

  • Ampere mengukur kekuatan motor gergaji. Ampere yang lebih tinggi berarti lebih banyak daya potong. Perhatikan juga daya wattnya daya yang tinggi tentu lebih efektif memotong kayu, biasnya daya gergaji miter saw mulai 800 Watt Hingga 2200 watt.
  • Ukuran Mata Gergaji merupakan pertimbangan penting dalam memilih gergaji miter. Ukuran mata gergaji yang paling umum adalah 8, 10 dan 12 inci. Perlu diingat bahwa bilah berdiameter lebih besar mampu membuat potongan lebih panjang.
  • Akurasi sudut, perhatikan benar-benar akurasi sudut pemotongan mitersaw, bisa perlu gunakan siku atau busur derajat untuk memastikan akurasi stopper pemotongan sudutnya.
  • Kedalaman potong, Pada gergaji sliding miter saw, kedalaman potong bisa diatur naik turun sehingga bisa digunakan untuk membuat cuakan pada sambungan kayu.
  • Rem listrik, pada miter saw yang lebih modern terdapat fitur stop yang efektif, ketinka tombol dilepas gergaji langsung berhenti, ini membuat gergaji lebih aman.
  • Kunci as atau poros untuk mempermudah mengganti bilah pisau.
Baca Juga:  Aneka Jenis Sarung Tangan Keamanan ( Safety Gloves) yang Wajib Diketahui

Kata Kunci:

kegunaan miter saw,fungsi miter saw,fungsi mesin miter saw,fungsi mitter saw,Cara penggunaan Miter saw e0247b,fungsi slide compound miter saw,miter saw murah,cara buat miter saw,cara kegunaa compound miter SAW,tutorial memakai miter saw

Komentar

comments

Tags
gergaji miter saw harga miter saw jual miter saw murah miter saw miter saw bekas miter saw makita miter saw maktek review miter saw

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker