Rencana Anggaran Biaya

RAB Rumah Type 45, Perhitungan Anggaran Rumah Type 45

Perencanaan Rumah Type 45

RAB Rumah Type 45, Perhitungan Anggaran Rumah Type 45. Rumah type 45 merupakan hunian yang cukup ideal untuk penghuni yang berjumlah 3-5 orang. Rumah type 45 biasanya untuk keluarga yang sedang tumbuh, luasnya pas bisa didesain untuk 2 kamar atau 3 kamar.

Untuk menambah kesan luas bisa ditambah void atau mezanin. Type rumah 45 biasanya mempunyai luas tanah 90m2 dan luas bangunan 45m2 sehingga disingkat dengan istilah rumah type 45/90.

 

Perhitungan Global RAB Rumah Type 45

Pada dasarnya, spesifikasi rumah sederhana tipe 45 dan Rab rumah type 36 tidak jauh berbeda, baik dari segi bahan-bahan yang digunakan atau jumlah ruangan. Perbedaannya akan terasa pada luas ruangan di masing-masing jenis rumah.

Namun, saat ini sudah ada pengembang yang menawarkan desain rumah sederhana tipe 45 dengan 3 kamar tidur, 1 ruang tamu, 1 kamar mandi, dan dapur.

Sama seperti rumah tipe 36, rumah tipe 45 yang ditawarkan pengembang biasanya juga dilengkapi dengan keterangan luas lahan. Berdasarkan besaran NJOP yang sama, maka harga jual/beli rumah sederhana tipe 45 dengan luas bangunan 45 meter persegi dan luas lahan 60 meter persegi bisa dijabarkan dalam RAB rumah type 45:

Baca Juga:  RAB Atap Baja Ringan, Perhitungan Harga Rangka Atap Baja Ringan

– Total harga tanah: Rp 3 Juta x 45 meter persegi = Rp 135 juta
– Total harga bangunan: Rp 2 juta x 45 meter persegi = Rp 90 juta
– Total harga tanah dan bangunan = Rp 225 juta.

 

Perspektif Penataan Rumah Tipe 45

Bila rumah merupakan bagian dari hunian town house dengan peraturan ketat terkait ekstensi rumah, maka beberapa langkah yang bisa diterapkan untuk menyiasati hal ini adalah:

1. Agar ruang tamu terasa luas, pemilihan furnitur perlu diperhatikan. Untuk menciptakan kesan lebih lapang, paduan yang ideal adalah sofa panjang dengan kain penutup yang menjuntai ke bawah dan meja kopi bentuk bundar atau persegi dengan kaki-kaki runcing dan ringan. Ukuran meja kopi sebaiknya tidak lebar, lebih baik lagi bila terbuat dari bahan yang tembus pandang. Jangan lupa tempatkan cermin sebagai hiasan dinding.

2. Bila area dapur cukup sempit, menempatkan meja makan mungkin akan menyita banyak tempat. Pertimbangkan untuk menggunakan meja lipat yang dipasang menempel di dinding. Meja bisa dibentangkan saat dibutuhkan dan diturunkan ketika aktivitas makan sudah selesai.

Baca Juga:  RAB Renovasi Rumah Per Meter dan Borongan

3. Membuat loft juga bisa jadi alternatif memperluas rumah tanpa mengubah bentuk bangunan asli. Cara ini juga tidak makan banyak biaya dan praktis, karena bahan yang digunakan adalah kayu. Loft bisa dibuat di bagian sudut dinding, bisa dimanfaatkan sebagai ruang duduk, ruang belajar, atau tempat penyimpanan tambahan. Disarankan agar menggunakan bantuan profesional untuk proyek renovasi kecil ini.

4. Lemari gantung sangat ideal sebagai tempat penyimpanan yang hemat tempat. Lemari gantung dengan pintu kaca lebih disarankan daripada lemari dengan pintu kayu solid, karena ini akan membantu menciptakan kesan luas dan terbuka di dapur.

5. Bila ingin menempatkan meja di samping tempat tidur (nakas), lebih baik pilih yang permukaannya berbentuk bulat atau setengah lingkaran. Meja dengan permukaan melingkar akan menciptakan kesan dinamis dan lapang daripada meja dengan sudut runcing. Sebaiknya tempatkan satu nakas saja, karena sepasang nakas akan menyita ruang di kamar tidur.

Baca Juga:  Biaya Mozaik Kitchen Set dan Backsplash Kitchen Set

 

Perencanaan RAB Rumah Type 45

Jika kita ingin membangun rumah type ini dan merencanakan RAB Rumah type 45 perhatikan dulu beberapa hal berikut ini:

  • Hubungi arsitek atau kenalan yang mengerti tentang desain bangunan. Arsitek ini penting untuk bisa menerjemahkan secara detail rumah yang ideal berdasarkan luas tanah dan kebutuhan spesifik tiap keluarga didalamnya. Arsitek juga akan menjadi advisor agar kita bisa mengendalikan keuangan sesuai rencana desain rumah.
  • Lakukan survey terhadap ketersediaan material, harga, serta agen dan toko bangunan yang memiliki harga bersaing.
  • Hubungi kontraktor atau tukang jika Anda ingin mengontrol pekerjaan sendiri tanpa melibatkan perusahaan kontraktor.
  • Diskusikan dengan tukang mengenai jadwal pekerjaan dan sistem pembayaran yang disepakati.
  • Sebisa mungkin menggunakan material lokal yang mudah ditemukan di lokasi setempat untuk menekan biaya transportasi.
  • Lakukan perencanaan interior yang tepat, menyewa jasa profesional seperti desainer interior akan membantu menetukan konsep interior yang nyaman dan pas.

 

Kata Kunci:

desain dan harga rumah minimalis type 21 2019,RAB rumah 36 Sederhana,rab rumah tipe 45,Rumah minimalis hook

Komentar

comments

Tags

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker