Pertukangan Kayu

Perbedaan Mesin Jointer dengan Planer (Single Planer dan Double Planer)

Perbedaan Mesin Jointer dengan Planer (Single Planer dan Double Planer). Investasi pada mesin kayu jenis planer dan jointer biasanya dilakukan oleh penghobi kayu yang sudah serius atau industri kayu baik UMK maupun industri menengah besar. Kedua jenis mesin ini hampir mempunyai fungsi yang sama yaitu mengetam dan membuat kayu lurus dan halus permukaannya.

Ketika kita membeli kayu dari suplier yang masih berupa kayu gergajian biasanya bentuk kayu masih twist (sedikit melintir) atau melengkung. Kayu yang masih dalam keadaan mentah seperti ini harus diluruskan dengan mesin jointer yang fungsinya untuk meluruskan kayu dengan mengetam  permukaan.

Jointer Biasanya berbentuk meja metal memanjang yang presisi, gunanya untuk menghasilkan permukaan yang lurus, siku, dan mulus. Proses jointer biasanya dilakukan secara berulang untuk memperoleh tingkat kelurusan dan ketebalan yang diinginkan. perhatikan gambar mesin jointer berikut ini:

Baca Juga:  Mata Gergaji Circular Saw, Jenis, Kegunaannya, dan Tipe Gergaji Sirkular

mesin jointer

 

Sedangkan fungsi planer adalah menyerut kayu secara otomatis sesuai ketebalan kayu yang diinginkan. Salah satu keunggulan mesin planer adalah bisa melakukan setting untuk ketebalan kayu yang akan dihasilkan. Ada 2 jenis mesin planner yang umum dipasaran, yaitu yang single head dan yang double head (double planer)

  • Single Planer: Berfungsi untuk mengetam satu sisi permukaan kayu saja. Biasanya sebelam masuk ke mesin single planer kayu dijointer dulu pada salah satu sisinya baru kemudian masuk ke mesin planer untuk mengasilkan 2 sisi yang mulus dan lurus.
  • Double Planer: berfungsi untuk mengetam dua sisi permukaan kayu. Pada proses ini kayu tidak memerlukan proses jointer, langsung dimasukkan pada mesin double planer maka kedua sisinya sudah halus dan ketebalannya sama.
Baca Juga:  Mengenal Table Saw (Meja Gergaji) dan Kegunaannya

Untuk lebih detilnya silahkan lihat gambar mesin planer dan double planer berikut:

mesin planer kayu

Secara umum Perbedaan Mesin Jointer dengan Planer lebih kearah fungsi dari masing-masing alat. untuk membuat kusen atau pintu cukup menggunakan mesin jointer, namun jika sudah mulai produksi secara massal maka menambah dengan mesin planer akan mempermudah pekerjaan.

Perbedaan Mesin Jointer dengan Planer: Mesin Kayu 2 in 1

Karena memiliki fungsi yang nyaris sama, ada beberapa perusahaan yang sangat inovatof dengan menggabungkan kedua mesin tersebut. Sehingga setelah melakukan jointing maka mesin bisa diubah menjadi mesin planer. Ini tentu cukup efisien, baik dari segi biaya maupun efisien dari segi tempat.

Salah satu merek yang beredar di Indonesia adalah Felder yang mempunyai beragam produk jointer dan planer maupun jenis Hibryd yang menggabungkan keduanya menjadi satu. Perhatikan gambar dibawah ini:

Baca Juga:  Jenis-jenis Alat Ukur untuk Pekerjaan Kayu

mesin jointer dan planer jadi satu

Untuk mengetaui lebih detil tentang mesin jointer dan cara menggunakan mesin jointer. Perhatikan foto berikut ini:

 

Video Cara menggunakan mesin Jointer:

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Non Aktifkan Adblocker untuk Bisa membaca Artikel Kami