Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Pertukangan Cat & FinishingTeknik Otomotif

Mengamplas Mobil untuk Cat Ulang, Begini Caranya!

Mengamplas Mobil untuk Cat Ulang, Begini Caranya!. Mengecat ulang bodi mobil memerlukan ketelitian mulai dari tahap pengamplasan. Mengamplas mobil diperlukan untuk menghilangkan lapisan clear yang keras atau bahkan mengupas cat hingga ke dasar permukaan body besi mobil. Jika lapisan clear belum diamplas, cat mobil yang baru akan melekat kurang sempurna.

Memilih Grit yang tepat untuk Mengamplas Mobil

Memilih amplas dengan grit yang tepat sangat penting untuk pengamplasan bodi mobil. Memilih grit yang salah dapat menyebabkan kerusakan pada permukaan mobil.

Amplas diklasifikasikan berdasarkan nomor gritnya. Secara umum, jumlah grit dapat berkisar dari sekitar 40 hingga 2000 grit. Semakin rendah angka grit, semakin kasar amplasnya. Amplas bernomor rendah harus digunakan untuk bagian-bagian kendaraan yang perlu pengamplasan setelah pendempulan.

Baca Juga:  Mengenal Jenis Bearing, Kode Bearing, dan Analisa Kerusakan Bearing

Amplas sedang, sekitar 600 grit, dapat digunakan untuk menghaluskan permukaan kendaraan sebelum lapisan dasar. Dan amplas halus dengan grit tinggi berkisar antara 1000 hingga 2000 grit harus digunakan untuk menghaluskan ketidaksempurnaan dan goresan kecil.

Gunakan Amplas Blok

Mengamplas mobil hanya dengan menggunakan tangan hasilnya tidak akan sempurna. Sebab pemukaan tangan tidak rata dan cenderung mengandalkan feeling atau perasaan. Gunakan blok atau semacam balok yang tidak terlalu keras untuk tatakan amplas. Hal ini membuat hasil pengamplasan lebih rata dan maksimal.

Dipasaran juga banyak dijual Blok amplas berkualitas tinggi seperti merek 3M atau merek kelas atas seperti Durablock. Ingat bahwa hasil finishing mobil sangat ditentukan oleh proses pengamplasan yang sempurna.

Baca Juga:  Cara Poles Mobil dan Auto Detailing Agar Hasil Optimal

 

Gunakan Amplas Waterproof

Amplas waterproof adalah amplas yang tahan digunakan dengan menggunakan air. Sistem pengamplasan basah diperlukan untuk menghasilkan permukaan mobil yang optimal. Gunakan kertas amplas yang berkualitas dan tahan lama.

untuk mempermudah penggunaan sistem pengamplasan basah gunakan penyemprot air portable. Bentuknya seperti botol spray untuk membersihkan kaca atau memandikan burung. perhatikan gambar di bawah ini:

Mengamplas mobil dengan pengamplasan basah

Setelah selesai diamplas lap bodi mobil dengan kain kering yang lembut. Bila perlu tiup dengan pistol angin kompresor untuk memastikan permukaan mobil benar-benar kering dan siap untuk di cat.

Pengamplasan mobil juga bisa digunakan dengan menggunkan mesin amplas dual action baik yang menggunakan tenaga angin maupun yang menggunkan listrik. Pastikan gunakan mesin amplas yang berkualitas untuk hasil yang optimal.

Baca Juga:  Memilih Kompresor untuk Pengecatan dan Finishing

 

 

Komentar

comments

Tags
amplas mobil cara mengamplas mobil mengamplas bodi mobil mengamplas cat mobil tips mengamplas bodi mobil

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan. Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker