3D Printing & CNC

Driver Stepper A4988, Si Mungil yang tangguh dan Bisa Diandalkan

Spesifikasi A4988, Keunggulan dan Pin Out Wiring

Driver Steeper A4988 merupakan driver motor yang snagat ringkas, mudah digunakan dan berbiaya sangat rendah. Meskipun kecil namun cukup handal untuk menangani beban kontinyu.

Karena kesederhanaan kontrol motor langkah dan beragam step mode yang disediakan oleh driver A4988, ini merupakan solusi ideal untuk aplikasi yang memerlukan kontrol motor stepper yang presisi dan andal, seperti kontrol mesin atm, mesin kasir, CNC, Milling, dan 3D Printer.

Fakta bahwa hanya memerlukan dua pin untuk mengontrol kecepatan dan arah motor stepper bipolar seperti NEMA 17 dan Nema 23 juga cukup menarik.

Inti dari modul ini adalah driver microstepping dari Allegro – A4988. Meskipun bertubuh kecil (0,8″x0,6″), ia cukup kuat.

Driver motor stepper A4988 memiliki kapasitas penggerak output hingga 35V dan ±2A. Hal ini memungkinkan Anda untuk mengontrol motor stepper bipolar, seperti NEMA 17, dengan arus keluaran hingga 2A per koil.

Selain itu, arus keluaran bisa diatur, memungkinkan pengoperasian motor stepper tanpa suara dan menghilangkan resonansi atau dering yang umum terjadi pada desain driver stepper yang tidak diatur.

Baca Juga:  CNC GRBL Arduino Cara Merakit dan Setting untuk Mesin CNC

Driver memiliki penerjemah bawaan untuk pengoperasian yang mudah. Hal ini mengurangi jumlah pin kontrol menjadi hanya dua, satu untuk mengontrol langkah dan yang lainnya untuk mengontrol arah putaran.

A4988 menawarkan lima resolusi langkah yang berbeda: langkah penuh, setengah langkah, seperempat langkah, langkah kedelapan, dan langkah keenam belas.

Untuk memastikan pengoperasian yang andal, pengemudi memiliki fitur tambahan seperti tegangan rendah, tembus pandang, korsleting, arus berlebih, dan perlindungan termal.

Technical Specifications

Motor output voltage8V – 35V
Logic input voltage3V – 5.5V
Continuous current per phase1A
Maximum current per phase2A
Microstep resolutionfull, 1/2, 1/4, 1/8 and 1/16

 

Baca Juga:  3D Printer: Masa Depan Dunia Konstruksi dan Manufaktur

Pinout Driver Motor A4988

Driver A4988 memiliki total 16 pin yang menghubungkannya dengan dunia luar. Pinoutnya adalah sebagai berikut:

Driver A4988 memiliki tiga input pemilih ukuran langkah (resolusi): MS1, MS2 & MS3. Dengan mengatur level logika yang sesuai untuk pin ini, kita dapat mengatur motor ke salah satu dari lima resolusi langkah.

MS1MS2MS3Microstep Resolution
LowLowLowFull step
HighLowLowHalf step
LowHighLowQuarter step
HighHighLowEighth step
HighHighHighSixteenth step

Ketiga pin pilihan mikrostep ini ditarik RENDAH oleh resistor pull-down internal, jadi jika Anda membiarkannya tidak terhubung, motor akan beroperasi dalam mode langkah penuh.

Baca Juga:  Jenis-Jenis Filamen 3D Printer: Perbandingan dan Kegunaannya

 

Sistem Pendingin – Heatsink

Pembuangan daya yang berlebihan pada IC driver A4988 menyebabkan kenaikan suhu yang berpotensi merusak IC jika melebihi kapasitasnya.

Meskipun memiliki rating arus maksimum 2A per koil, IC driver A4988 hanya dapat mensuplai sekitar 1A per koil tanpa terlalu panas. Untuk mencapai lebih dari 1A per koil, diperlukan heat sink atau metode pendinginan lainnya.

Biasanya driver A4988 dilengkapi dengan heatsink. Disarankan agar Anda memasang heatsink sebelum menggunakan driver.

 

 

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Non Aktifkan Adblocker untuk Bisa membaca Artikel Kami