Pertukangan Cat & FinishingProduk Cat dan Finishing

Finishing Melamine PU (Polyurethane), Cara Menggunakan Cat PU

Finishing Melamine PU (Polyurethane), Cara Menggunakan Cat PU. Sistem finishing kayu saat ini ada cukup banyak dan bervariasi. Pengguna terbanyak masih menggunakan melamine NC system dipasaran yang cukup banyak adalah merk Impra atau Mowilex Melamine. Sementara sistem waterbase juga mulai banyak diminati karena teknologinya sdh cukup maju saat ini pemimpin pasarnya mowilex woodstain waterbase, meskipun merek lain seperti propan dan nippon paint juga mengeluarkan produk sama.

Sistem finishing yang lain dengan kualitas lebih premium dengan keunggulannya adalah melamine PU atau polyurethane. Finishing PU memiliki banyak keunggulan dibanding finishing melamine NC lacquer. Hardener PU dibuat secara khusus bahkan sebagian besar menggunakan produk impor dari Bayer Jerman. Thinnernya juga khusus harus thinner PU untuk menghasilkan kekerasan hasil finishing yang optimal

 

Keunggulan Finishing Melamine PU:

  •  Non Yellowing / tidak menguning
  • Menghasilkanlapisan film yang keras dan flexible
  • Tahan Gores
  • Daya tahan yang baik terhadap bahan kimia rumah tangga
  • Dapatdigunakan untuk interior dan eksterior
  • Bebas Formaldehyde (klaim produsen hampir semua cat sekarang bebas formaldehyde)
Baca Juga:  Finishing Kayu , Perbedaan Finishing Kayu Wax, Melamine, dan PU

Saat ini di pasaran juga terdapat varian lain dari melamine PU, ada cat Melamine PU yang berbasis Acrylic dan Melamine PU. PU Acrilyc relatif baru di pasaran tapi mulai cukup banyak penggunanya, teknology PU Acrilyc diklaim lebih murah, ramah lingkungan dan tahan terhadap cuaca.

 

Cara Mengecat Finishing Melamine PU :

  1. Bila perlu gunakan Wood FILLER untuk mengisi pori-pori kayu. Kemudian amplas dengan kertas amplas no. 240. bersihkan dari debu amplas.
  2. Gunakan WOOD STAIN untuk pewarnaan dari kayu.
  3. Aplikasikan PU Sanding Sealer (Rasio pencampuran A : B : Thinner = 4 : 1 : 2-3) dengan coating amount 100-120 g/m2 (spray). Biarkan mengering selama 3-4 jam. Amplas dengan kertas amplas no.400. Ulangi lagi proses yang sama untuk lapisan kedua dan ketiga.
  4. Aplikasikan PU Lacquer (Rasio Pencampuran A : B : Thinner = 4 : 1 : 2-3) dengan coating amount 100-120 g/m2 (spray). Biarkan mengering selama sehari.
  5. Top coat tersedia dalam 3 tingkat kilap : Clear Gloss, Semi Gloss, dan Clear Dof.
Baca Juga:  Spiced Honey By Dulux Diperkenalkan Sebagai Trend Warna 2019

 

Saat mengecat menggunakan finishing Melamine PU perhatikan hal ini agar tidak terjadi masalah:

  • Paket finishing Melamine PU biasanya dijual 1 paket yang komposisi campurannya ssh diatur pabrik pastikan hardener dan bahan utamanya dicampur dengan komposisi yang sama. Mengurangi hardener akan sangat berpengaruh terhadap hasil akhir.
  • Jika perlu diencerkan Gunakan thinner yang memang khusus buat PU atau dari merek yang sama. Mengencerkan dengan sembarang thinner akan berdampak terhadap lama pengeringan atau justru tidak sesuai ekspektasi.
  • Melamine PU ada yang bisa di compon dan atau yang tidak pastikan membaca petunjuk penggunaan.

 

Harga bahan finishing melamine PU relatif lebih tinggi dibanding dengan melamine yang standar. Namun sangat sebanding dengan kualitas yang akan dihasilkan terutama untuk produk kelas premium.

Baca Juga:  Propan PU Acrylic, Cat Dua Komponen Berkualitas Tinggi

Tetap gunakan standar keamanan dan safety yang cukup jika bekerja dengan segala jenis bahan finishing karena beberapa riset menunjukkan ada yg bersifat carsinogen yang memicu kanker. Masker dengan carbon aktif wajib digunakan. Jangan sampai keuntungan proyek habis untuk pengobatan..

 

Kata Kunci:

sifat melamin pu impra,melamik piyu,keunggulan cat polyurethane,harga melamin pu,harga dan hasil finishing dengan Polyurethane,FINISHING POLYREUTAN,clear gloss piyu,cat pu sanding untuk,cat mowilex solid,cara menggunakan polyurethane

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker