Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Mesin dan Power Tools

Heat Gun, Fungsi Heat Gun Power Tool dan Kisaran Harganya

Manfaat Heat Gun (Pistol pemanas) dalam Berbagai Proyek

Heat Gun atau Pistol pemanas merupakan blower yang mengeluarkan udara panas dengan sangat fokus dan temperatus sangat tinggi. Heat Gun sebenarnya adalah alat yang menyerupai pengering rambut. Senapan panas berguna untuk semua jenis perbaikan rumah, dari melunakkan cat tua atau dempul untuk dihapus. Pistol pemanas juga bagus untuk menghilangkan semua jenis perekat, termasuk stiker bemper mobil yang ingin diganti.

Salah satu keuntungan dimiliki Pistol Pemanas dibandingkan alat penghasil panas lainnya adalah tidak bisa terbakar. Sementara api dapat merusak permukaan yang Anda coba panaskan dan bahkan menyebabkan kebakaran, udara panas dari pistol panas adalah sumber panas yang lebih aman untuk proyek perbaikan rumahan.

 

Fungsi Heat Gun

Pistol Pemanas mampu menghasilkan panas yang cukup tinggi bahkan sampai ratusan derajat celsius. Berikut ini fungsi Pistol panas:

  • Efektif Membengkokkan Besi

Karena begitu panasnya, mesin heat gun bisa digunakan untuk membengkokkan besi. Karena udara yang dihembuskan oleh mesin ini mencapai 550° Celcius atau sekitar 1000° F. Bahkan ada beberapa yang mencapai 1.400° F.

Baca Juga:  Black and Decker GoPak Combo Kit Mulai Dijual di Indonesia

Karena panas itulah, mesin Pistol Pemanas bisa digunakan untuk membengkokkan besi. Caranya adalah dengan menyemprotkan besi dengan udara dari mesin heat gun sampai besi menjadi sangat panas, lalu proses pembengkokan atau pembentukkan pun dapat dikerjakan dengan menarik ujung besi

  • Mengupas Stiker dan Wallpaper

Fungsi lain dari mesin Pistol Pemanas yakni melepaskan stiker ataupun wallpaper yang menempel di kaca dan dinding. Untuk melepaskannya dengan mudah, Anda bisa menyemprotkan mesin hot gun ke stiker tersebut. Setelah disemprotkan dalam waktu yang tidak begitu lama, nantinya stiker tersebut akan terlepas dengan sendirinya akibat perekat yang menguap sehingga dapat dengan mudah dilepas.

Sebaliknya, selain dapat digunakan untuk melepas stiker, ternyata mesin Pistol Pemanas juga bisa digunakan untuk memperkuat rekatan lem. Cara yang digunakan adalah dengan memanaskan rekatan tersebut hingga lebih cepat kering sehingga dapat merekat lebih cepat dan kuat.

Baca Juga:  Mesin Sawmill Portable, Mesin Potong Kayu yang Praktis dan Efisien

Caranya adalah dengan menyeprotkan Pistol Pemanas ke perekat secara merata. Namun perlu diperhatikan agar udara yang dialirkan pada suatu titik tidak terlalu lama, sehingga perlu disesuaikan kira-kira apakah daya rekatnya sudah cukup kuat atau belum.

  • Efektif Melepas Cat 

Mesin heat gun juga bisa digunakan untuk mengelupaskan cat lama. Cocok bagi Anda yang ingin mengganti cat dan harus melepas cat sebelumnya. Mesin heat gun pun sering digunakan untuk memudahkan pengelupasan cat ini.

Dengan mesin heat gun, tentunya cat dinding lama akan mengelupas lebih cepat. Tapi, tentunya penyemprotan udara panas perlu merata, agar terkelupasnya cat juga lebih merata dan meminimalisir gelombang.

  • Melepas Baut yang Berkarat
Baca Juga:  Gergaji Stihl, Rajanya Gergaji Chainsaw Sejak 1926

Kelebihan lain dari mesin heat gun ini adalah dapat membantu membuka baut atau mur yang sudah berkarat. Tentunya, baut berkarat akan jauh lebih sulit dilepas bila hanya menggunakan hand tool saja. Oleh karena itu, untuk memudahkan pelepasan baut dan mur tersebut, Anda perlu menyemprotkan baut tersebut dengan mesin heat gun agar besi menjadi lebih lunak sehingga membantu proses pelepasan tersebut.

 

Harga Pistol pemanas

Mesin Pistol Pemanas Harganya sangat bervariasi tergantung pada merek dan kapasitas panasnya serta fitur unggulannya. berikut ini Harga pistol pemanas yang umum beredar:

  • Pistol Pemanas Selery Rp. 145.000
  • Pistol Pemanas Heatgun Ryu Rp. 350.000
  • Pistol Pemanas Black & Decker Rp. 280.000
  • Pistol Pemanas Makita Rp. 650.000
  • Pistol Pemanas Stanley Rp. 350.000
  • Pistol Pemanas Hitachi Rp. 1.050.000
  • Pistol Pemanas NRT Rp. 195.000

 

Komentar

comments

Tags
cara menggunakan Heat gun fungsi Heat gun harga Heat gun Heat gun Heat gun makita Heat gun terbaik Heat gun termurah jual Heat gun manfaat Heat gun tips Heat gun

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan. Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker