Mesin dan Power Tools

Mata Gerinda, Berbagai Jenis Pisau Mata Gerinda yang Umum Digunakan

Mata Gerinda, Berbagai Jenis Pisau Gerinda yang Umum Digunakan. Gerinda merupakan powertools yang paling sering digunakan untuk beragam proyek dan pekerjaan pertukangan. berbagai jenis pisau gerinda beredar dipasaran sesuai dengan fungsinya. Sehingga terdapat beragam jenis pisau gerinda. Berikut ini jenis pisau gerinda beserta fungsinya:

 

Mata Gerinda Flexible

Mata gerinda jenis ini berfungsi sebagai alat pemotong atau pengikis bahan logam dengan permukaan yang relatif sempit. Dengan desain khusus, mata gerinda jenis ini sangat cocok untuk mengikis benda logam yang membutuhkan ketelitian lebih pada permukaan sempit.

Mata Gerinda Fleksibel

Namun di sisi lain, pisau gerinda fleksibel ini kurang efisien untuk memotong benda logam karena hasil potongan akan lebih lebar dan sedikit tidak rapi. Disarankan untuk kebutuhan memotong, maka gunakanlah mata gerinda potong.

 

Baca Juga:  Mesin Belt Sander, Fungsi dan Cara Menggunakan Amplas Belt Sander

Diamond Grinding Wheel

Gerinda berlian memiliki lapisan berlian / diamond pada permukaannya. Hal tersebut bertujuan agar dapat memotong / mengikis benda yang umumnya memiliki tingkat kekerasan yang lebih keras daripada besi. Jenis ini cocok untuk pekerjaan grinding pada batu, semen, marbel / granit, dan sebagainya.

Mengapa diperlukan adanya diamond? Karena diamond memiliki tingkat kekerasan paling tinggi diantara yang lainnya. Diamond digabungkan ke permukaan mata gerinda, sehingga pemotongan terhadap benda keras akan jauh lebih mudah dilakukan dan rapi.

mata gerinda diamond

Namun jangan panik dulu karena mendengar nama diamond / berlian ini, karena harga yang ditawarkan tidak setinggi yang dibayangkan lho. Harga tergantung seberapa banyak komposisi diamond pada mata gerinda tersebut.

 

Mata gerinda potong berfungsi sebagai alat pemotong bahan yang keras maupun lembut. Benda–benda yang dapat dipotong antara lain:

  1. Baja
  2. Besi midsteel
  3. Stainlees steel
Baca Juga:  Jack Hammer, Fungsi & Kegunaan Jack Hammer

Hasil potongan dari metal-cutting disc ini cukup rapi dan tipis, sehingga cocok untuk kebutuhan pemotongan logam.

 

Mata Gerinda Asah (Grinding Wheel Disc)

Sesuai dengan namanya, mata gerinda jenis ini sangat umum digunakan untuk keperluan mengasah. Selain itu, jenis ini juga berfungsi sebagai alat pengikis permukaan logam , baik pada permukaan besi, baja, maupun stainless steel.

mata gerinda asah

Ampelas gerinda terbagi menjadi dua macam, yakni:

  1. Flap Disc
  2. Fibre Disc

Fungsi dari alat ini adalah untuk mengikis / memoles permukaan logam maupun permukaan kayu. Ampelas ini juga berperan penting bagi Anda yang bekerja sebagai pengrajin kayu dan mebel. Hal tersebut dikarenakan ampelas gerinda cocok digunakan sebagai finishing pada permukaan yang Anda buat agar lebih rapi dan mulus.

Baca Juga:  Liitokala Lii-500 Engineer Series, Review dan Cara Menggunakannya

 

 

Sikat Gerinda

Fungsi dari  sikat  gerinda  ini adalah sebagai  pembersih permukaan kayu maupun logam yang telah dikikis ataupun dipotong. Alat ini sangat cocok untuk membersihkan serbuk-serbuk halus yang menempel pada permukaan.

mata gerinda sikat

Selain itu aplikasi sikat gerinda ini juga cocok untuk membersihkan karat maupun kerak yang diakibatkan oleh proses oksidasi pada permukaan logam.

 

 

Kata Kunci:

mata grinda untuk asah permukaan kayu leaar,beberapa jenis mata grenda,mata gerinda asah,macam pisau gurinda,jenis-jenis mata gerinda untuk kayu,jenis mata gerinda potong kayu,harga pisau gerinda,Harga Mata Gerinda Potong Besi WD,fungsi mata diamond gerinda,mata pisau gerinda

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker