Mesin dan Power Tools

Fungsi Carbon Brush (Bostel) Pada Berbagai Power Tool

Mengenal Carbon Brush dan Fungsinya pada peralatan mesin

Fungsi Carbon Brush (Bostel) Pada Berbagai Power Tool. Saat kita membeli power tools baik itu circular saw, gerinda, mesin serut kayu, biasanya terdapat satu atau dua buah carbon brush. Carbon Brush merupakan suku cadang yang berfungsi untuk mengalirkan arus listrik dari bagian motor yang diam atau statis (stator) ke bagian motor yang bergerak ( rotor / armature).

Namun saat ini juga sudah terdapat beberapa peralatan powertools yang brushless (tanpa carbon brush) namun jumlahnya masih sedikit dan harganya relatif mahal.

Carbon brush terbuat dari bahan campuran antara tembaga lunak dengan carbon, terdiri dari bubuk carbon dengan komposisi campuran tertentu yang dipadatkan menggunakan tekanan tinggi sebagai pembentukan awal, dan kemudian diproses dengan suhu tinggi sekitar 1200 derajat celcius.

Baca Juga:  Sejarah Power Tools Baterai (Cordless) dan Perkembangannya

Carbon Brush biasanya disambung dengan sebuah kabel atau konektor lainnya untuk memastikan carbon brush tetap menempel dan menyentuh permukaan bagian yang berputar tanpa terjadi putusnya listrik sehingga peralatan dapat terus bekerja. Sumber listrik disini dialirkan melalui sebuah kabel listrik / tembaga yang dihubungkan ke inti dari carbon brush.

 

Carbon Brush mampu menyalurkan listrik tanpa menyebabkan kerusakan pada penghantar itu sendiri. Hal ini dikarenakan sifat bahan carbon yang tidak mudah mencair terhadap percikan api yang terjadi akibat perputaran permukaan listrik yang bersentuhan. Namun, Carbon Brush tetap memerlukan pergantian akibat aus / habis, karena gesekan terus menerus dapat menyebabkan hal tersebut terjadi.

Kapan Carbon Brush harus Diganti?

Karena Carbon brush memiliki kontak dengan armateur, maka gesekan yang terus menerus akan membuat carbon brush menipis. Hal ini cukup wajar apalagi jika mesin sering digunakan secara rutin. Ada beberapa penyebab kenapa carbon brush cepat habis, yaitu:

  • Kualitas bahan yang kurang baik sehingga cepat panas dan mudah terbakar akibat pergesekan ekstrim
  • Pemakaian mesin yang terlalu lama dan dipaksa serta cara pakai yang salah
  • Menggunakan bearing yang sudah rusak, sehingga putaran armature tidak stabil dan mengakibatkan proses pembakaran tidak normal sehingga mengakibatkan carbon brush habis tidak merata
Agar peralatan powertools selalu optimal carbon brush juga harus rutin diganti. Jika Carbon Brush tersisa 60% dari ukuran aslinya maka sebaiknya carbon brush diganti agar performa mesin tetap optimal. Ingat bahwa fungsi carbon brush ini cukup vital untuk powertools.

Fungsi Carbon Brush: Panduan membeli

Carbon brush didesain berbadsarkan kebutuhan armateur mesin power tools maka sangat disarankan membeli kcarbon brush dengan merek yang sama agar performa juga optimal. Carbon brus yang terlalu keras atau terlalu lunak juga akan mengakibatkan performa mesin tidak stabil.

Baca Juga:  Mata Gerinda, Berbagai Jenis Pisau Mata Gerinda yang Umum Digunakan

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker