Mesin dan Power ToolsPertukangan Bangunan

Meteran Laser, Mengukur Lebih Cepat,Tepat, dan Akurat

Meteran Laser, Mengukur Lebih Tepat dan Akurat. Perkembangan dunia konstruksi dan bangunan ikut meningkatkan inovasi teknologi perlatan yang menyertainya, salah satunya adalah meteran laser. Materan laser sangat cocok untuk mengukur ruangan yang luas dan besar, akurasi meteran laser juga mencapai titik kesalahan 1mm. Meteran laser menjadi solusi yang praktis apalagi jika kita mengukur ruangan seorang diri.

Meteran laser digital ini memiliki fungsi yang powerful serta interaktif. Alat ini sangat berguna saat dalam kondisi tak adanya papan pemantul, alat ini bisa mengukur hingga 100m ( 328ft ) dengan mudahnya karena mempunyai presisi yang tinggi (tingginya ± 1. 5mm akurasi ) juga termasuk teknologi yang bebas interferensi atau kendala.

Meteran Laser Digital menggunakan teori pythagoras ketika mengukur jarak atau penjang secara tidak langsung apabila pengukuran dengan langsung cukup mustahil.

Peralatan ukur manual atau meteran manual memang harganya lebih murah, namun lebih cocok untuk mengukur ruangan kecil dan bidang kerja yang kecil. Itupun harus membutuhkan 2 orang agar presisi. Sementara meteran laser saat ini juga dibekali software pemroses yang bisa menyimpan hasil pengukuran dan juga mengkalkulasi panjang atau luas ruangan.

Namun, seperti setiap alat lainnya, ada beberapa kelebihan dan kekurangan. Meskipun meteran Laser adalah alat yang luar biasa, namun tidak ada yang sempurna.

 

Kelebihan Meteran Laser:

  • Ukurannya pas untuk orang yang lebih memilih alat yang ringkas dan membutuhkan alternatif yang ramah-kantong untuk pita bulkier.
  • Bisa mengukur dengan cepat dan akuran dalam waktu singkat
  • Mampu mengukur dalam jarak yang cukup jauh.

 

Kekurangan dari pita pengukur laser:

  • Harga Meteranlaser lebih mahal daripada meteran biasa.
  • MeteranLaser membutuhkan baterai untuk beroperasi.
  • Tidak ideal mengukur jarak yang kecil

 

Fungsi Meteran Laser:

  • Mengukur tidak secara langsung menggunakan tilt sensor terintegrasi, seseorang bisa dengan cepat & mudah mengukur kemiringan hingga ± 45 ° apalagi kecenderungan diatas tanah. hal ini sangat bermanfaat ketika memastikan kemiringan atap.
  • Mengukur jarak horizontal dan selebihnya ketika objek tidak dapat ditargetkan dengan langsung, pagar atau dinding yang berdiri di garis pandang akan sangat bermanfaat ketika pengukuran.
  • Mengukur sudut & fungsi stake out.
  • mengukur jarak seseorang, lokasi serta luas dengan pas kurun waktu sekejap serta alat perkiraan untuk mengukur jarak jauh dan juga tempat yang sulit dijangkau.

 

Cara Menggunakan Meteran Laser:

  • Langkah pertama, pasang baterai 9 volt. Setelah itu, tekan tombol on, meteran elektronik pun siap digunakan. Alat ini bisa mengukur jarak sekitar 0,45 cm hingga 18 meter.
  • Tentukan bidang sasaran tembak. Ini dibutuhkan karena sasaran tembak itulah yang nantinya dapat menangkap sinar laser. Sinar laser kemudian dapat memantulkan radiasi ke meteran elektronik. Dari situ, meteran elektronik akan membaca panjang-lebar bidang yang diukur.
  • Gunakan meteran elektronik di dalam ruangan. Ketika di luar ruangan, meteran tersebut kurang bekerja maksimal akibat dari sinar matahari yang mengganggu hasil baca alat itu.
  • Jangan menggunakan kaca sebagai bidang sasaran tembak. karena, kaca dapat ditembus sinar laser sehingga radiasi pantulan tidak akan memantul. Gunakan benda yang tak tembus sinar laser seperti dinding, kayu, besi, dan lain-lain.
  • Jika digunakan tepat dan benar, akurasi meteran digital terbilang tinggi. Dari 1 m jarak yang diukur, yang tak tepat kemungkinan hanya 0,05 mm—kemungkinan ketidaktepatan ini pun juga sangat minim.
  • Perhatikan daya baterei meteran digital. Bila daya tersebut berkurang, hasil pengukuran tak akurat.
  • Perhatikan kelurusan garis saat pengukuran dilakukan. Meteran digital dilengkapi dengan fitur waterpas. Bila pengukuran ternyata miring, waterpas akan menuntun pengguna agar pengukuran itu lurus. Setelah posisi benar-benar lurus, lakukan lagi penembakan.
  • Jangan banyak bergerak ketika mengukur.
  • Saat mengukur, upayakan agar sensor alat pembaca tiada terhalang benda apapun.

Panduan Membeli Meteran Laser

Ada beberapa faktor yang harus diperhatikan saat membeli meteran laser, yaitu harga, fitur, dan kualitas. Ada banyak sekali merek yang beredar dipasaran diantaranya Bosch, Stanley, Dewalt, Makita, dan berbagai merek lain.

Pastikan membeli meteran lases sesuai budget yang tersedia, mungkin jika dana minimal Anda bisa mempertimbangkan fitur apa saja yang harus dikorbankan. Atau kita bisa menghindari merek yang mahal namun mempunyai fungsi dan akurasi yang sama.

Kualitas Meteran laser biasanya dibuktikan dengan garansi dan ketersediaan sparepart jika terjadi kerusakan. Tanyakan secara detil kepada pembeli termasuk kemana harus melakukan servis saat terjadi kerusakan.

 

Harga Meteran Laser

Harga meteran laser mempunyai rentang harga yang cukup bervariasi di pasaran Mulai ratusan Ribu hingga diatas Rp. 10.000.000. Di marketplace memberi kita kemudahan untuk membandingkan harga, fitur dan kualitas. Tetaplah rasional dalam membeli peralatan, sesuaikan dengan standar fungsi yang diperlukan.

Kata Kunci:

kelemahan meteran laser,membeli meteran laser

Komentar

comments

Tags

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker