Pertukangan Bangunan

Waspada Membeli Gypsum Grade B atau Gipsum Afkir, Perhatikan Ini

Waspada membeli gypsum grade b atau gipsum afkir. Saat ini terkadang ditawarkan berbagai bahan bangunan dengan kualitas grade B atau afkir produksi. Misalnya ada bata ringan grade b atau keramik grade b, bahkan juga gypsum grade B atau afkir.

Untuk gypsum grade b atau afkir harus diperhatikan beberapa faktor sebab material gypsum relatif lebih rapuh dan didesain tipis dengan ketebalan 9mm atau 12mm.

Papan gypsum grade b atau gypsum afkir biasanya terjadi dalam proses produksi karena tekanan kurang sehingga menjadi kurang padat atau bergelombang. Jika gipsum grade B hanya mengalami cacat pinggir tentu tidak masalah, namun seringkali konsumen tidak tahu detil riwayat afkirnya sehingga lebih baik dihindari.

Biasanya Gipsum grade B atau afkir digunakan untuk oplosan dalam berbagai proyek. Ini tentu bisa riskan dan berpotensi merugikan klien, karena pasti akan terjadi kegagalan struktur jika kepadatannya tidak sesuai spesifikasi.

Baca Juga:  Finishing Dinding, Teknik Plesteran dan Acian Pada Tembok

Namun, jika terpaksa ingin membeli gipsum grade b atau gipsum afkir perhatikan hal ini dulu:

  • Pastikan bahwa kecacatannya hanya pada cacat pinggir misalkan pecah pinggir atau gupil.
  • Lihat kelurusan gipsum tidak bergelombang dan lurus.
  • Perhatikan kepadatan gipsum grade B, jika dirasa terlalu rapuh jangan di beli karena sudah pasti fatal akibatnya.
  • Perhatikan berat, gypsum biasanya mempunyai berat standar jika diangkat terlalu ringan maka lupakan dan jangan dibeli.

 

Cara Merawat Papan Gipsum

Papan gypsum kini sudah mulai banyak digunakan di Indonesia tidak hanya sebagai plafon, namun juga dinding. Itu dikarenakan bahannya yang cukup ringan dan juga mudah dalam hal merawatnya.

papan gypsum tidak memerlukan perawatan khusus, baik secara rutin ataupun berkala. Perawatan papan gypsum sama seperti halnya dinding biasa yang terbuat dari bata.

Baca Juga:  Jenis dan Proses Pembentukan Baja Struktural (Hot and Cold Forming)

Gypsum itu sendiri sebenarnya tidak perlu maintenance yang spesifik ataupun yang khusus. Sama halnya seperti dinding biasa, pasang, ya sudah. Paling kalau hanya mau ganti warna dicat ulang, seperti itu saja.

Disarankan menggunakan cat anti jamur saat mengecat papan gipsum karena ada beberapa kasus dinding gypsum yang berjamur.

Hemat Biaya dengan Dinding Gypsum

Penggunaan papan gypsum pada bangunan-bangunan tinggi atau high rise building saja misalnya bisa menekan biaya konstruksi hingga 11%. Sebab, struktur bangunan menjadi lebih ringan berkat gypsum.

Kelebihan gypsum itu material-nya ringan. Struktur bangunan yang digunakan untuk sebuah bangunan bisa menjadi lebih ringan, sehingga pada high rise building itu sangat mengurangi biaya konstruksinya sekitar 10-11%

Baca Juga:  Memotong Granit dengan Gerinda? Bisa Kok, Begini Caranya

Selain itu, papan gypsum juga bervariasi. Ada yang tahan api, lembab, anti jamur, hingga mampu meredam suara dalam suatu ruangan.

Papan gypsum lebih mudah di-treatment dibanding konvensional. Misalnya tergantung requirement berapa kekedapan suara yang diinginkan

Kata Kunci:

gyipsum bahan bangunan yang merugikan,harga papan gypsum Jaya biar afkir,jual gypsum afkir,jual gypsum afkiran,papan gypsum bs afkir surabaya,www crafter id tag jual papan gypsum rijek

Komentar

comments

Tags
Bahaya gypsum grade b Gypsum grade b surabaya Harga gypsum grade b Harga papan gypsum grade b jual gipsum afkir Jual gypsum grade b Jual gypsum grade b gresik Jual papan gypsum rijek Papan gipsum afkir Resiko gipsum grade b

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker