Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Pertukangan Bangunan

Manfaat Sistem Drainase untuk Rumah dan Bangunan

3 Manfaat Konstruksi Drainase yang Tepat untuk Rumah

Sistem konstruksi drainase yang baik menjadi kunci sebuah bangunan bertahan cukup lama. Hal tersebut dikarenakan dengan drainase yang tertata rapi, maka kelembapan dan kadar air pondasi bangunan akan tetap kering terjaga.

Sebagaimana diketahui air mempunyai kekuatan yang luar biasa untuk menghancurkan material sekeras apapun, itu karena sifat air yang cair(liquid). Jika semakin banyak pondasi bangunan terkena air dalam kurun waktu lama dan terus-menerus tanpa diketahui, maka berakibat pondasi bangunan retak dan akhirnya patah.

Dengan pergeseran tanah tiap tahun dapat mengakibatkan pondasi bangunan semakin rapuh. Pada akhirnya membuat tembok bangunan retak, dan umumnya jamur mulai muncul di tembok bangunan karena air yang menerobos pondasi akan meresap ke atas.

Baca Juga:  Kelas Pipa PVC Menurut Standar SNI

Untuk itulah sistem konstruksi drainase yang baik untuk rumah sangat membantu. Ada banyak manfaat yang diperolah jika sistem konstruksi bangunan cukup baik.

 

3 Manfaat Sistem Drainase

  • Mencegah Air berkubang di sekitar lingkungan rumah.

Jika banyak kubangan air di sekitar rumah serta cukup lama untuk mengering maka menyebabkan air tersebut meresap ke dalam tanah, jika tidak segera dialirkan ke selokan maka  berkibat fatal yaitu: merusak pondasi bangunan. Drainase yang tertata rapi di sekitar rumah mampu mengalirkan air ke selokan kecil yang terhubung dengan selokan utama di sekitar rumah.

  • Mengurangi erosi tanah dibawah dan disekitar rumah.

Sistem drainase yang tertata rapi juga memberikan manfaat untuk mengurangi erosi tanah bangunan. Sebagaimana di ketahui alam selalu bergerak karena rotasi bumi yang mengakibatkan tanah juga bergerak meski pergerakan pertahun sangat kecil dalam hitungan centimeter. Namun, ada kalanya pergerakan tersebut semakin cepat karena gempa ringan, atau aktivitas manusia di sekitar tanah bangunan rumah seperti: pembangunan, jalan raya, atau jalan yang sering dilewati oleh kendaraan berat.

Baca Juga:  Memilih Pipa Galvanis untuk Plambing Saluran Air

Jika drainase buruk, maka air akan cepat merembes ke dalam tanah disekitar rumah dan tentunya akan merusak pondasi bangunan. Untuk itulah, sistem konstruksi drainase yang baik dan tertata rapi akan memberikan manfaat yang besar untuk ketahanan bangunan dalam jangka waktu yang lama.

  • Menjaga kesehatan sanitasi di lingkungan rumah.

Menjaga kesehatan sanitasi sekitar rumah menjadi manfaat yang signifikan dan langsung terasa apabila sistem drainase tertata rapi. Bakteri, virus, dan hewan pembawa penyakit seperti: Tikus dan nyamuk akan sulit berkembang, hal tersebut karena kelembapan lingkungan terjaga dengan tidak banyak air berkubang. Dengan rajin memelihara drainase maka secara langsung dapat menjaga kesehatan. Sangat sesuai dengan slogan ‘mencegah lebih baik dari pada mengobati’.

Baca Juga:  Memilih Pipa Tembaga untuk Kebutuhan Properti dan Ledeng

 

 

 

 

 

 

Komentar

comments

Tags
manfaat drainase manfaat sistem drainase sistem drainase yang tepat tujuan sistem drainase

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan. Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker