Mesin dan Power Tools

Jack Hammer, Fungsi & Kegunaan Jack Hammer

Tips memilih Jack Hammer Sesuai Kebutuhan Proyek

Jack hammer adalah alat yang digunakan untuk menghancurkan media keras seperti aspal, beton, bebatuan dan pekerjaan sipil lainnya. Selain itu jack hammer sendiri biasa digunakan untuk pekerjaan pembongkaran beberapa proyek kontruksi seperti pemeliharaan jalan toll dan perawatan jalur kereta api atau chipping rel kereta api.

Mesin Ini banyak dijual di pasaran dengan berbagai merek dan spesifikasi. Pastikan kalian memilih Toko peralatan mesin yang berkualitas dan memberikan aftersales yang bagus.

Selain itu mesin bobok ini juga sering digunakan untuk kebutuhan pembongkaran proyek gedung maupun perbaikan rumah. Jenis jack hammer sendiri ada yang menggunakan pneumatic yang didukung udara terkompresi dari angin kompresor dan ada juga yang menggunakan elektro mekanis yang menggunakan motor listrik sebagai penggeraknya.

Cara kerjanya mirip seperti palu dan pahat yang bekerja bersamaan dengan metode rotary percussion drill yaitu gearbox yang menggunakan system hidrolik pada mesin, mendorong mata bobok maju mundur dengan hentakan yang sangat keras.

Oleh karena itu media keras seperti beton, aspal, batu dan lainya sangat mudah untuk dihancurkan dengan mesin bobok ini tanpa perlu menggunakan tenaga ekstra.

Jenis Jenis Jack hammer

Dalam dunia kontruksi dan pekerjaan sipil, kebutuhan akan alat bobok tentunya berbeda-beda sesuai dengan bidang kontruksi, tempat dan jenis pekerjaan. Oleh sebab itu disini akan kami uraikan berbagai macam jenis jack hammer yang diproduksi khusus untuk kategori bobok yang berbeda-beda, antara lain:

  • Jack hamer Listrik
Baca Juga:  Fungsi Carbon Brush (Bostel) Pada Berbagai Power Tool

Jack hammer jenis ini cocok digunakan untuk proyek kontruksi kecil yang tidak terlalu membutuhkan kekuatan pukulan yang besar. Tidak seperti jenis lainnya untuk jack hammer yang satu ini banyak digunakan dirumah atau tempat yang hanya terdapat sumber listrik. Tidak seperti jack hammer yang menggunakan kompresor, alat ini hanya membutuhkan satu unit (jack hammer) tanpa bantuan unit lainnya (kompresor).

Hanya saja jenis jackhammer listrik ini dalam pemakaiannya tidak bisa jauh dari socket listrik atau sumber listrik. Mesin bobok listrik ini lebih sering digunakan untuk membuat lubang pada permukaan, memecahkan beton dan pekerjaan ringan lainnya. Dalam hal ini kalian juga harus berpengalaman untuk dapat mengoperasikannya. Dan jangan lupa sebelum membeli jackhammer listrik pastikan kalian sudah memeriksa watt, ampere dan spesifikasi lainnya.

  • Jack hammer Pneumatik

Jenis jack hammer berikutnya yaitu jenis pneumatic, dimana mesi penggerak hammer dibantu oleh dorongan angin sehingga membuat alat ini berfungsi. Sama halnya dengan mesin bor pneumatic yang menggunakan kompresor sebagai alat bantu mekanis. Jackhammer pneumatic pun memerlukan bantuan kompresor, baik jenis kompresor listrik maupun jenis kompresor bensin. Dan untuk kebanyakan pada pengoprasian jackhammer ini menggunakan kompresor bensin agar bisa dipakai bekerja kapanpun dan dimanapun.

Fungsi jackhammer sendiri selain digunakan untuk mengkancurkan beton dan lantai pada proyek pembongkaran dan pemeliharaan gedung seperti penggantian keramik dan lainnya. Juga banyak digunakan di pertambangan dan penggalian juga penghancuran trotoar beton dan jalan yang biasanya jauh dari sumber listrik. Untuk yang tidak mau repot membawa kompresor untuk menggunakan jenis pneumatic. Kini sudah ada yang menggunakan bahan bakar bensin.

  • Jack hammer Gasoline Breaker
Baca Juga:  Mesin Moulding Kayu, Jenis dan Fungsi Mesin Moulding Kayu

Seiring perkembangan jaman dan kebutuhan proyek pekerjaan yang jauh dari sumber listrik dan memerlukan alat yang simple dan praktis. Oleh karena itu sekarang di Indonesia sudah banyak yang menggunakan jack hammer bensin. Jackhamer gasoline breaker ini banyak digunakan di pertambangan dan penggalian serta dalam proyek proyek kontruksi.

Jackhamer yang menggunakan bahan bakar bensin ini memungkinkan untuk melakukan pekerjaan dimanapun dan kapanpun tanpa tergantung pada tenaga listrik atau kompresor. Keunggulan lainnya untuk jenis jackhammer atau sering juga disebut demolution hammer gasoline breaker ini adalah rata-rata untuk konsumsi bahan bakarnya relatif lebih efisien.

Faktanya untuk konsumsi rata-rata penggunaan bahan bakar bensin pada jackhammer gasoline breaker ini yaitu 0.5 Liter/jam. Berbanding terbalik dengan konsumsi bahan bakar untuk kompresor yang rata-rata mencapai 18 Liter/jam. Selain itu kelebihan lainnya untuk jenis jack hammer ini hanya menggunakan 1 mesin.

Berbeda dengan yang menggunakan jenis pneumatic yang menggunakan 2 mesin dalam pemakaiannya (Jackhammer dan Kompresor). Hanya saja untuk tipe jackhammer ini kalian harus merogoh kocek yang dalam untuk memilikinya karena harga jackhammer gasoline breaker ini relatif lebih mahal disbanding jenis pneumatic, elektrik dan baterai.

Baca Juga:  Mata Gerinda, Berbagai Jenis Pisau Mata Gerinda yang Umum Digunakan

 

Fakta Penting Tentang Jack Hammer

Sesuai dengan fungsinya alat ini sering digunakan dalam berbagai proyek kontruksi yang umumnya digunakan untuk penghancuran maupun pembongkaran struktur pondasi. Dan juga sering digunakan dalam pengalian dan penambangan. Menggunakan mesin bobok jack hammer akan lebih menghemat waktu pengerjaan dan lebih efisien.

Dibanding menggunakan pahat dan palu konvensional, menggunakan jackhamer  yang tentunya disini hanya akan membutuhkan sedikit waktu untuk menyelesaikan pekerjaan. Mesin Bobok ini akan lebih efektif jika kalian menggunakannya pada bidang datar, dikarnakan bobot pada mesin relatif memiliki bobot yang lebih berat dibandingkan rotary hammer.

Untuk keselamatan memang menggunakan jackhammer mempunyai banyak resiko kerja. Namun jika penggunaanya sesuai dengan intruksi keamanan, kalian hanya harus mempelajari cara penggunaan demolution hammer atau jackhammer dengan benar. Jika kalian sudah mengetahui cara pengoperasian yang benar, kalian akan lebih mudah dalam memahami dan mengikuti protocol keselamatan.

Gunakanlah perlengkapan pelindung sebelum menggunakan jackhammer. Seperti masker, penutup telinga, sarung tangan, sepatu safety dan lainnya. Meskipun pelindung lengkap tidak dapat menjamin penuh keselamatan, dalam mengikuti petunjuk tentang pengunaan yang aman tetap disarankan. Setidaknya bisa meminimalkan resiko dalam pekerjaan.

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker