Pertukangan Cat & Finishing

Cara Menguji Kualitas Pengecatan Mobil, Duco, dan Melamin

Cara menguji kualitas pengecatan, mobil, duco, dan plastik. Terkadang dalam dunia pengecatan baik otomotif atau furniture proses finishing ada yang tidak dilakukan sesuai prosedur sehingga hasilnya tidak maksimal bahkan merugikan konsumen.

Untuk mengetahui kualitas pengecatan yang sesuai standar dan berkualias baik diperlukan pengujian kualitas pengecatan. Umumnya, ada beberapa pengujian kualitas cat diantaranya:

 

Kualitas Pengecatan: Visual

yaitu untuk melihat visual lapisan film cat yang meliputi kerusakan pengecatan yang dapat diketahui secara visual, misalnya : popping, pin hole,orange peel, cratering (lubang kawah) motling, meler (sagging), dry spray , kotor, cat berbintik-bintik dan lain-lain.

 

Kualitas Pengecatan: Ketebalan (thickness)

untuk mengetahui ketebalan cat di permukaan plat atau benda yang dicat. Pengujian ketebalan cat hanya bisa dilakukan pada plat (metal).

Baca Juga:  Mengenal Jenis Rotan Sebagai Bahan Furniture Kelas Dunia

 

Kualitas Pengecatan: Gloss

pengujian untuk mengetahui tingkat mengkilapnya lapisan film cat. Dalam dunia pengecatan tingkat kilap biasanya dibagi menjadi 2 yaitu gloss dan doff.

kualitas cat mobil yang baik
Uji detail Kualitas Cat Mobil

Kualitas Pengecatan: Hiding power

untuk mengetahui kemampuan daya tutup cat, semakin tinggi hiding powernya maka semakin tipis lapisan film cat yang dibutuhkan untuk menutup permukaan plat yang dicat, demikian pula sebaliknya semakin rendah hiding powernya maka semakin tebal lapisan film cat yang dibutuhkan untuk menutup permukaan plat tang dicat.

 

Kualitas Pengecatan: Adhesion

yaitu untuk mengukur tingkat kerekatan cat pada benda kerja baik metal maupun plastk. Hal ini dimaksudkan untuk mencegah terjadinya pengelupasan pada part yang sudah dicat. Pengujian dilakukan dengan menggunakan metode cross cut.

Baca Juga:  Harga Thinner 2020 Berbagai Jenis, Merek dan Ukuran

Pengujian Total Solid/Non Volatile (N.V),pengujian ini bertujuan untuk mengetahui jumlah/berat bahan baku cat (coating weight).

Pengujian Coating weight, yaitu pengujian yang bertujuan untuk mengetahui jumlah/berat phosphate yang menempel pada plat pada proses phosphating.

Gasoline resistance, yaitu untuk mengetahui daya tahan cat terhadap rendaman bensin/premium.

Corrosion resistance, Pengujian ini disebut juga dengan “Salt spray” yaitu pengujian cat yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan cat menahan timbulnya karat. Tes ini khusus untuk test cat stoving (metal).

Blister test, Pengujian blister bertujuan untuk keadan korosi yang terjadi pada permukaan plat sebelum dicat. Blister test dilakukan pada temperatur 70-80oC.

Kekerasan, pengujian yang bertujuan untuk mengetahui tingkat kekerasan lapisan cat pada plat.

Rubbing, menguji ketahanan lapisan film cat terhadap bensin/premium. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari terjadinya luntur pada saat dilakukan pada pencucian atau terkena bensin pada part.

Baca Juga:  Membuat Wax Polish Mobil Alami High Quality, Poles Organik Carnauba

 

Pengujian Cat: Bending test

yaitu untuk mengetahui kemampuan cat terhadap daya lenturan. Tujuannya untuk mencegah agar part yang sudah dilapisi cat tidak terjadi keretakan/terkelupas apabila terjadi benturan yang berakibat penyok.

Parameter-parameter diatas adalah yang menjadi acuan kualitas pengecatan mobil dan duco. Jika ingin melakukan pengecatan ulang pada mobil ada baiknya mengunjungi vendor yang sudah terpercaya dan tanyakan secara detil tentang material dan juga garansi yang di berikan.

Kata Kunci:

ketahanan melamine impra,Milamine untuk mobil,pengujian gasoline rasistance pada cat,tebal lapisan melamine,Tingkat kekerasan Milamine,uji kualitas cat

Komentar

comments

Tags

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker