Pertukangan Cat & Finishing

Overlapping Spray Gun, Pentingnya Overlapping Saat Mengecat dengan Spray Gun

Overlapping Spray Gun, Pentingnya Overlapping Saat Mengecat dengan Spray Gun. Mengecat secara tumpang tindih (Overlap) bagi seseorang yang berpengalaman terasa mudah. Namun bagi pemula akan terjadi beberapa kendala misalnya jarak pengecatan yang tidak konsisten dan kecepatan tangan saat mengecat.

Dibutuhkan waktu dan jam terbang yang cukup agar saat mengecat secara overlapping bisa konsisten ketebalan dan hasil pengecatannya. namun bukan tidak mungkin seorang pemula akan cepat belajar jika mau disiplindan berlatih berulang.

Overlapping merupakan proses penimpaan cat yang telah dilakukan sebelumnya dengan pengecatan berikutnya.

Tujuan overlapping spray gun adalah:

  • Menghindarkan terjadinya tipis
  • Menghindarkan adanya perbedaan warna
  • Untuk mendapatkan ketebalan lapisan cat yang merata
  • Mencegah tidak adanya cat pada lapisan pertama dan berikutnya.
    Overlapping Pada Bidang Vertical
    Overlapping Pada Bidang Horisontal
    Overlapping Pada Bidang Permukaan Sambungan
Baca Juga:  Cara Menguji Kualitas Pengecatan Mobil, Duco, dan Melamin

untuk lebih detilnya perhatikan ilustrasi berikut:

cara overlapping spray gun

Biasanya setiap pabrikan cat memberikan data teknis untuk sistem overlapping Spray Gun. Misalnya cat enamel (minyak) disarankan menggunakan overlapping 50%, Artinya cat yang ditimpa adalah separuh kebawah. Sementara cat berbahan dasar air (waterborne) disarankan menggunakan overlapping 75%, artinya cat yang ditimpa lebih dari separuh.

Agar memperoleh hasil yang merata saat overlapping Spray Gun diperlukan banyak praktek untuk melatih kestabilan otot tangan dan bahu saat mengecat. Berikut ini adalah posisi yang tepat saat mengecat:

  • Saat mengecat dengan spray gun, tubuh dalam kondisi tegak lurus namun fleksible.
  • Jangkaulah bidang pengecatan sesuai jangkauan tangan jangan terlalu jauh agar posisi dan jarak antara spray gun dengan bidang yang dicat tetap stabil.
  • Gunakan masker full face chemical use, bau cat yang masuk ke hidung bisa mengganggu konsentrasi dan membuat cepat lelah.
  • usahakan kecepatan tangan stabil saat menggerakkan spray gun, jangan terlalu cepat karena cat bisa menipis, namun jangan terlalu lambat karena cat bisa menebal bahkan meleleh.
  • Alangkah baiknya sedikit pemanasan dengan menggerakkan bahu dan tangan sebelum mengecat, ini penting untuk pengkondisian otot-otot.
  • Jarak antara mulut spray gun dengan bidang yang di cat idealnya berjarak antara 20-25 cm.
Baca Juga:  Harga Roller Cat 2020 Berbagai Ukuran dan Tipe - Tips membeli Roll Cat

 

Kata Kunci:

compresor elektrik utk sending dan finishing mebel kayu,catmilaminnipon,pinishing cat,teknik overlapping cat,tujuan pengecatan tumpang tindih,yg membuat cet meleleh saat mengecet spit gun

Komentar

comments

Tags

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker