Teknik Otomotif

Cara Poles Mobil dan Auto Detailing Agar Hasil Optimal

Cara Poles Mobil dan Auto Detailing Agar Hasil Optimal. Bisnis auto detailing atau make up dan poles mobil sedang booming. Sayangnya antusiasme dan menggeliatnya bisnis ini tidak diikuti oleh peningkatan skill SDM yang mumpuni. Bahkan seringkali masih ada beberapa jasa poles mobil yang masih menggunakan sistem trial dan eror. menggunakan material yang dibawah standar atau peralatan yang tidak kompeten.

Memoles mobil memerlukan pleatihan yang cukup bagi SDMnya, selain itu harus juga ditunjang oleh peralatan dan bahan yang terstandar agar mobil tidak semakin kusam.

Seperti diungkapkan Jason Rose – Rupes Global Training Director and Product Development, untuk memoles bidang yang memiliki banyak kontur, Anda disarankan untuk lebih memiringkan mesin poles ketika menggunakannya. Hal itu ditujukan agar mesin tersebut dapat lebih masuk dan mengisi setiap ruang di medannya. Agar tidak terhenti putarannya ketika bertemu dengan kontur yang tidak rata, maka kecepatan mesin musti ditambah menjadi lebih cepat.

Baca Juga:  Mengenal Jenis Baut dan Mur (Bolt & Nut) Serta Klasifikainya

Obat poles juga menjadi faktor dalam car detailing. Jangan tergiur harga terjangkau, pastikan keaslian dari produk tersebut serta rekomendasi dari teman-teman Anda. Ingat, kesalahan memoles akan meninggalkan bercak-bercak berbentuk seperti hologram pada cat mobil.

Jenis dan ukuran foam pad untuk panel yang bersentuhan pun perlu diperhatikan. Untuk ukuran permukaan panel yang lebar, maka gunakan foam pad berukuran besar, begitu juga untuk panel berukuran medium hingga kecil, maka sesuaikan penggunaan foam pad mengikuti permukaan panel.

Untuk permukaan datar atau minim kontur, maka metode poles  harus benar-benar lurus. Hal tersebut ditujukan agar proses pemolesan dapat lebih merata.

 

Cara Poles Mobil yang tepat

Sebagai tambahan, Training Manager Rupes dari Italia, Fabrizio Gagliardi memberikan tips cara poles mobil detailing  agar lebih sempurna:

  • Pertama-tama sebelum dilakukan pemolesan, bersihkan dulu seluruh bagian luar mobil dengan menggunakan sampo mobil khusus. Hal itu ditujukan untuk melepas dan menghilangkan residu, kontaminan dan lain-lain.
  • Tips selanjutnya, tandai body kendaraan yang memerlukan perawatan khusus, seperti baret halus, warna cat kusam, dan sebagainya. Hal ini bertujuan agar penggunaan degreaser dan obat poles lainnya dapat diaplikasikan secara tepat. Perhatikan juga SOP dan alur car detailing terutama bagi Anda yang melakukan franchise. Ikuti staging / tahap pemolesan sesuai prosedur. Dan apabila Anda perlu improvisasi, maka sebaiknya disempurnakan terlebih dahulu, tentunya dengan peralatan poles yang mumpuni.
  • Usahakan mesin poles yang Anda gunakan memiliki getaran yang lebih stabil dan minim agar lebih memudahkan. Sebab beberapa jenis mesin poles lain memiliki getaran yang kuat dan beban yang lebih berat sehingga menyulitkan pekerjaan poles tersebut.
Baca Juga:  Jenis Cat Mobil untuk Body Repair Atau Pengecatan Ulang Mobil

 

Hal hal harus diperhatikan tentang cara poles mobil yang benar adalah mesin poles mobil yang digunakan. Ada rentang harga yang cukup bervariasi dari mesin poles mobil. Mulai harga Rp. 400.000 hingga Rp. 12.000.000 pun ada sehingga harus disesuaikan dengan target market jika Anda ingin membuka bisnis poles mobil dan auto detailing.

Kata Kunci:

alur poles mobil,cara finishing salon mobil,memoles permukaan panel,mesin poles untuk detailing pemula,peralatan poles mobil dan kegunaannya

Komentar

comments

Tags

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker