PLTS dan Turbin Angin

Grid Tie Inverter, Sistem PLTS Langsung Terkoneksi dengan PLN

Sistem Grid Tie Inverter Tanpa Back Up baterai atau Aki

Grid Tie Inverter, Sistem PLTS Tanpa Baterai Back Up. Grid tie Inverter (GTI) adalah inverter yang bekerja secara langsung dari panel surya tanpa melalui sumber backup, selain itu juga dapat digunakan secara bersama dengan penyedia jaringan listrik utama Perusahaan Listrik Negara (PLN).

Untuk mendapatkan kinerja Grid Tie (GTI) yang baik diperlukan daya keluaran dari panel surya yang maksimum dan gelombang keluaran dari Grid Tie (GTI) harus berbentuk gelombang sinusoidal murni.

Panel surya memiliki kelemahan dimana daya keluarannya tergantung kepada kondisi radiasi matahari. Ketika cahaya matahari redup, arus keluaran modul surya bisa drop secara drastis, sehingga daya keluarannya tidak digunakan secara maksimal.

Untuk mendapatkan daya keluaran inverter digunakan Maximum Power Point Tracker (MPPT) dengan topologi Buck-Boost Converter dimana rangkaian tersebut akan memaksa modul surya mengeluarkan daya maksimalnya ketika radiasi matahari tidak maksimal (Amri, 2015) (Utami, 2018) (Utami,S, 2017) (Setyabudy, 2012)

Tugas lain yang harus dilakukan grid tie inverter adalah proses metering bersih. Metode metering bersih ini akan memungkinkan Anda untuk meyimpan sedikit energi pada listrik.

Pemeliharaan menjadi lebih mudah karena tidak menggunakan baterai. GTIs akan dimatikan otomatis jika tidak ada saat diindentifikasi. Grid-tie inverter dirancang untuk memutuskan sambungan dari kotak jika grid utilitas turun. Jika terjadi pemadaman, maka grid-tie inverter akan mencegah energi yang dihasilkan yang dapat merugikan pekerja.

GTIs yang digunakan dengan baterai disebut inverter multi fungsi. Grid energi terbarukan terdiri dari banyak bagian penting yang berbeda tetapi bagian yang jauh lebih penting dan mutlak bagi sistem adalah grid tie invertr. Tanpa grid tie sistem tidak dapat bekerja dengan baik.

Grid-tie yang tersedia di pasaraan saat ini menggunakan teknologi yang berbeda, yaitu menggunakan frekuensi yang lebih tinggi – transformator, konvensional frekuensi rendah transformator, transformator atau tidak. Grid-tieĀ  termasuk tracker titik maksimum power pada sisi input yang memungkinkan inverter untuk mengambil jumlah yang optimal dari sumber daya listrik tertentu.

Keuntungan Penggunaan Sistem Grid Tie atau Sistem On Grid

  • Pemasangan mudah di atap rumah / rooftop, tanpa mengubah kontruksi atap
  • Energi / cahaya matahari langsung digunakan sebagai sumber listrik
  • tanpa penyimpanan ke baterai / aki / accu
  • Ramah lingkungan, tanpa emisi dan polusi udara
  • Hemat, cocok untuk investasi dan mengurangi biaya tagihan listrik

 

Cara Kerja Sistem Grid Tie / Sistem On Grid

  • Panel surya menyerap dan mengubah cahaya matahari menjadi listrik DC
  • Inverter Grid Tie atau On Grid mengubah listrik DC menjadi listrik AC yang sinkron dengan jaringan listrik (PLN)
  • Listrik AC disalurkan ke panel listrik utama yang sudah terhubung langsung oleh inverter Grid Tie atau On Grid
  • Net Metering (Wajib) menghitung konsumsi bersih pemakaian listrik. Jika ada surplus energi yang dihasilkan oleh sistem Grid Tie atau On Grid, maka kelebihan tersebut akan dikirim kembali ke jaringan PLN.

Grid Tie Inverter Sinkron dan Terkoneksi PLN

Penerapan sistem atau prinsip kerja PLTS Grid Tie System ini dapat dijalankan dengan sistem kelistrikan PLN. Dalam sistem ini, jaringan listrik PLN berperan sebagai penyalur atau penghubung arus listrik yang berasal dari panel surya yang dialirkan pada beban.

Grid Tie Inverter PLTS

Dengan begitu pada siang hari, penggunaan listrik dapat memanfaatkan energi listrik dari sinar matahar dan pada malam hari karena tidak ada sinar matahari menyebabkan tidak ada produksi listrik dari solar panel, maka dapat tetap menggunakan arus listrik yang berasal dari PLN.

Karena rancangannya bisa disinkronkan terhadap sistem kerja di dalam jaringan listrik PLN membuat pengguna tidak perlu merasa takut atau was-was akan terjadi suatu konflik arus listrik yang membahayakan atau dapat menimbulkan kerusakan pada perangkat elektronik.

 

Kata Kunci:

grid tie inverter adalah

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan. Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker