PLTS

Tesla Megapack, Sistem Penyimpanan Energi Listrik Bersih Revolusioner

Tesla Memperkenalkan Tesla Megapack, Baterai Lithium untuk Utilitas Energi

Tesla Megapack, Sistem Penyimpanan Energi Listrik Bersih Revolusioner dengan baterai lithium ion. Tesla memang selalu identik dengan inovasi dan energi bersih, upayanya untuk membuat dunia bebas dari polusi bahan bakar kotor tidak hanya diterapkan untuk mobil namun juga rumah tangga dan industri.

kurang dari dua tahun lalu, Tesla membangun dan memasang baterai lithium-ion terbesar di dunia di Hornsdale, Australia Selatan, menggunakan baterai Tesla Powerpack. Sejak itu, fasilitas ini menghemat hampir 400 Milyar pada tahun pertama saja dan membantu menstabilkan dan menyeimbangkan jaringan yang tidak dapat diandalkan di kawasan itu.

Penyimpanan baterai mengubah jaringan listrik global dan merupakan elemen yang semakin penting dari transisi dunia menuju energi berkelanjutan. Untuk menyamai permintaan global untuk proyek penyimpanan baterai besar-besaran seperti Hornsdale, Tesla merancang dan merekayasa produk baterai baru khusus untuk proyek skala utilitas: Megapack.

Baca Juga:  Harga Lampu Tenaga Surya - Lampu Taman, Jalan, dan Pagar

Tesla  megapack mengurangi kompleksitas penyimpanan baterai skala besar dan menyediakan proses pemasangan dan koneksi yang mudah. Setiap Megapack berasal dari pabrik yang sepenuhnya dirakit dengan penyimpanan hingga 3 megawatt (MWhs) dan kapasitas inverter 1,5 MW, membangun teknik Powerpack dengan antarmuka AC dan peningkatan kepadatan energi 60% untuk mencapai penghematan biaya dan waktu yang signifikan dibandingkan ke sistem baterai lain dan pembangkit listrik berbahan bakar fosil tradisional. Dengan menggunakan Megapack, Tesla dapat menggunakan pembangkit listrik 250 MW, 1 GWh yang bebas emisi dalam waktu kurang dari tiga bulan dengan tapak tiga hektar – empat kali lebih cepat daripada pembangkit listrik berbahan bakar fosil ukuran itu. Megapack juga dapat dihubungkan DC langsung ke surya, menciptakan pembangkit energi terbarukan tanpa batas.

Untuk instalasi ukuran utilitas seperti proyek Moss Landing yang akan datang di California dengan PG&E, Megapack akan bertindak sebagai alternatif berkelanjutan untuk pembangkit listrik “peaker” gas bumi. Pembangkit listrik Peaker menyala setiap kali jaringan utilitas lokal tidak dapat menyediakan daya yang cukup untuk memenuhi permintaan puncak. Harganya jutaan dolar per hari untuk beroperasi dan merupakan beberapa pabrik yang paling tidak efisien dan paling kotor di jaringan. Sebagai gantinya, instalasi Megapack dapat menggunakan energi matahari atau angin berlebih yang tersimpan untuk mendukung beban puncak grid.

Baca Juga:  Merangkai Panel Surya, Panduan Interkoneksi Modul Fotovoltaik

Tesla mengembangkan sendiri perangkat lunaknya untuk memantau, mengontrol, dan memonetisasi instalasi Megapack. Semua Megapack terhubung ke Powerhub, platform pemantauan dan kontrol canggih untuk proyek utilitas skala besar dan microgrid, dan juga dapat berintegrasi dengan Autobidder, platform pembelajaran mesin Tesla untuk perdagangan energi otomatis. Pelanggan Tesla telah menggunakan Autobidder untuk mengirimkan lebih dari 100 GWh energi di pasar listrik global. Dan, seperti halnya kendaraan Tesla mendapat manfaat dari pembaruan perangkat lunak yang berkelanjutan dari waktu ke waktu, Megapack terus meningkat melalui kombinasi pembaruan perangkat lunak berbasis-udara dan berbasis-server.

Seiring dengan transisi dunia menuju energi berkelanjutan yang semakin cepat, pasar untuk solusi penyimpanan baterai canggih berkembang pesat. Pada tahun lalu saja, kami telah menginstal lebih dari 1 GWh kapasitas penyimpanan global dengan produk penyimpanan kami saat ini, Powerwall dan Powerpack, menjadikan total jejak global kami menjadi lebih dari 2 GWh penyimpanan kumulatif. Dengan Megapack, angka ini akan terus meningkat secara eksponensial di tahun-tahun mendatang.

Baca Juga:  Kobalt, Harta yang Akan Jadikan Indonesia Pemasok Baterai Terbesar di Dunia

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang Megapack dan bagaimana solusi penyimpanan energi kami untuk utilitas dan pelanggan komersial mempercepat transisi ke energi berkelanjutan, kunjungi tesla.com/megapack.

Komentar

comments

Tags

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker