PLTS dan Turbin Angin

Kerusakan Panel Surya Biasanya Disebabkan Oleh Hal Ini

Cacat yang Umum Terjadi pada Solar Panel

Kerusakan Panel Surya Biasanya Disebabkan Oleh Hal Ini. Panel surya terkadang tidak mampu mencapai top perform karena beberapa masalah diantaranya, Hot Spot, Snail Track, PID, Micro Crack.

Hot Spot Pada Panel Surya

Titik panas (hot spot) adalah tempat di panel yang kelebihan beban dan karenanya menjadi hangat. Titik panas pada panel sebagian besar disebabkan oleh sambungan yang disolder dengan buruk, atau merupakan akibat dari kerusakan struktural pada sel surya.

Sambungan yang disolder dengan buruk menyebabkan resistansi rendah di bagian panel yang menerima daya yang dihasilkan oleh sel. Akibatnya, tegangan bisa naik, yang mengarah ke hotspot di titik solder dan / atau sel.

Fenomena ini pada akhirnya dapat menyebabkan korsleting, serta mengurangi kinerja dan umur panel PV. Kami telah mengidentifikasi titik panas di beberapa taman surya, yang menyebabkan penggantian panel surya, sehingga menambah biaya Opex yang signifikan untuk proyek tersebut.

Retakan mikro (Micro Crack)

Salah satu fenomena yang sering kita temui adalah ‘retakan mikro’ pada panel PV kristal. Ini adalah robekan mikroskopis yang hampir tidak terlihat di sel surya. Retakan mikro dapat terjadi selama produksi modul PV, tetapi juga selama pengiriman atau karena praktik penanganan yang ceroboh selama pemasangan.

Baca Juga:  Suntech Launching Panel Surya PV Ultra X 600 Watt Series

Retakan mikro tidak selalu mengakibatkan hilangnya produksi secara langsung, tetapi dapat tumbuh seiring waktu, misalnya karena ketegangan termal, atau di bawah pengaruh kondisi musiman dan cuaca. Retakan mikro yang lebih besar akan merusak sel surya, dan ini akan menyebabkan hilangnya produksi.

Kerusakan pada titik kontak sel surya akan memiliki pengaruh yang sangat signifikan pada produksi energi sel. Karena sel-sel di panel dihubungkan secara seri, ini juga akan berdampak pada keluaran daya di seluruh panel. Akibatnya, kinerja panel menurun dalam korelasi langsung dengan jumlah sel yang rusak.

Beberapa busbar sering kali dipasang di panel yang lebih mahal untuk mengurangi masalah ini. Rata-rata, retakan mikro memengaruhi persentase yang tinggi dari modul, mengakibatkan hilangnya produksi yang signifikan (kami telah melihat kekurangan kinerja 2-3% terkait dengan retakan mikro ).

Baca Juga:  Manfaat Drone untuk Instalasi Listrik Tenaga Surya dan Turbin Angin

 

Snail Track (Jejak Siput) pada Kerusakan Panel Surya

Jejak siput adalah perubahan warna panel yang biasanya hanya muncul setelah beberapa tahun produksi. Jejak siput memiliki banyak penyebab, tetapi satu penyebab dapat dikaitkan dengan penggunaan pasta perak metalisasi depan yang rusak, dalam proses pembuatan sel surya.

kerusakan panel surya karena snail track

Pasta perak yang rusak dapat menyebabkan kelembapan pada panel, dan sebagai akibat dari kelembapan ini, oksidasi dapat terjadi antara pasta perak dan bahan enkapsulasi yang disebut EVA (ethylene vinyl acetate).

Proses yang tidak diinginkan ini melepaskan oksida perak, asam asetat (cuka) dan hidrogen. Efek dari reaksi ini diumpankan dari bagian belakang panel ke bagian depan panel, dan menyebabkan kerusakan bahan kimia di bagian depan panel. Ini menjadi terlihat sebagai ‘jejak siput’, yang mengakibatkan penurunan kinerja panel. Jejak siput juga bisa muncul akibat retakan mikroskopis pada panel.

Baca Juga:  Kobalt, Harta yang Akan Jadikan Indonesia Pemasok Baterai Terbesar di Dunia

Kerusakan Panel Surya: Efek PID

PID adalah singkatan dari ‘Potential Induced Degradation’. Masalah ini dapat muncul ketika terjadi perbedaan tegangan antara panel dan pembumian. Untuk alasan keamanan, panel surya dibumikan, yang dapat menyebabkan perbedaan potensial yang berbahaya antara pembumian dan tegangan yang dihasilkan oleh panel.

Dalam beberapa kasus, ini menghasilkan tegangan yang sebagian dilepaskan di rangkaian daya primer. Konsekuensi dari efek ini adalah penurunan kinerja yang terus-menerus dan penuaan panel PV yang dipercepat. Kami telah melihat PID mempengaruhi pembangkit listrik tenaga surya dan menyebabkan hilangnya kinerja hingga 10%. Kami sedang menyelidiki beberapa cara untuk mengurangi – atau bahkan mengembalikan – efek PID.

Kata Kunci:

Ciri ciri panel surya rusak,Cara perbaiki tenaga surya yg rusak,memperbaiki panel surya rusak

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker