NewsPLTS dan Turbin Angin

iROSA, Panel Surya Tercanggih dari NASA untuk Stasiun Angkasa ISS

ISS Roll-out Solar Array Panel Surya Canggih untuk Misi Luar Angkasa

iROSA, Tipe Panel Surya Terbaru dari NASA untuk Stasiun Angkasa ISS. Inovasi pengembangan panel surya terus digencarkan bukan hanya untuk energi hijau di bumi, namun juga untuk kepentingan eksplorasi ruang angkasa.

Pesawat ruang angkasa pemasok SpaceX Dragon terbaru meninggalkan Kennedy Space Center NASA di Florida pada 3 Juni, membawa lebih dari 7.300 pon eksperimen sains serta susunan surya baru untuk Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Misi pasokan akan mengirimkan ISS Roll-out Solar Array (iROSA) baru, yang diproduksi oleh Redwire, ke stasiun ruang angkasa di bagasi pesawat ruang angkasa Dragon. Setelah Dragon merapat ke modul Harmony stasiun ruang angkasa, robot Canadarm2 akan mengekstrak dua array, yang pertama dari enam array yang akan dikirim ke stasiun. Astronot akan memasangnya selama perjalanan luar angkasa yang direncanakan pada 16 dan 20 Juni. Biaya upgrade daya sekitar $100 juta.

Baca Juga:  Waskita Beton Precast Raih Kontrak Luar dan Dalam Negeri

Menggunakan sel surya dari anak perusahaan Boeing, Spectrolab, setiap perakitan iROSA akan menyediakan daya lebih dari 28 kW di awal masa pakai. Gabungan, enam array baru akan menghasilkan lebih dari 120 kW, meningkatkan kemampuan pembangkit listrik stasiun ruang angkasa sebesar 20-30%

Teknologi iROSA didasarkan pada demonstrasi panel roll-out sebelumnya yang dilakukan di stasiun pada tahun 2017. Redwire mengatakan desain array menggunakan boom komposit untuk berfungsi sebagai elemen struktural utama dan aktuator penyebaran. Ini dipasangkan dengan rakitan selimut fotovoltaik modular.

Alih-alih menggunakan motor untuk penempatan, iROSA menggunakan energi yang tersimpan dari boom serat karbon yang dipotong dan digulung kembali ke bentuk aslinya untuk penyimpanan. Ketika tiba waktunya untuk dikerahkan, energi regangan yang tersimpan dari boom memaksa aktuasi penyebaran yang tidak bergulir. Saat dikerahkan sepenuhnya, boom yang sekarang kaku memberikan kekakuan dan kekuatan struktural susunan surya.

Baca Juga:  Memasang PLTS dengan Biaya 1 Juta Rupiah Bisa Kok

Susunan surya baru akan dipasang sedikit miring ke set tempel dari susunan yang ada di lab untuk memberikan daya tambahan, membantu menebus degradasi terkait usia. Sementara panel baru lebih kecil dari aslinya, mereka menghasilkan lebih banyak tenaga.

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker