PLTS dan Turbin Angin

Efisiensi panel Surya Penting Diperhatikan Saat Memilih Sistem PLTS

Apa Saja yang mempengaruhi efisiensi panel surya?

Efisiensi panel surya adalah ukuran seberapa banyak energi matahari yang dapat diubah oleh panel menjadi listrik yang dapat digunakan. Hal ini dilakukan dengan menangkap arus listrik yang dihasilkan ketika sinar matahari berinteraksi dengan sel surya di panel dan ditransfer melalui kabel dan busbar untuk diubah menjadi energi AC (arus bolak-balik). Energi AC kemudian dikirim ke Panel Utama dan didistribusikan ke seluruh rumah.

Mengukur efisiensi cukup sederhana. Jika panel surya memiliki efisiensi 20 persen, itu berarti ia mampu mengubah 20 persen sinar matahari yang mengenainya menjadi listrik. Panel surya dengan efisiensi tertinggi yang ada di pasaran saat ini dapat mencapai efisiensi hampir 23 persen. Efisiensi rata-rata panel surya berada di antara kisaran efisiensi 17 hingga 19 persen.

Faktor-faktor yang mempengaruhi efisiensi panel surya

Panel surya telah meningkat secara konsisten dalam efisiensi sekitar 0,5% per tahun sejak 2010. Banyak faktor ilmiah berperan dalam persamaan efisiensi sel surya. Tiga komponen utama adalah

  • Komponen bahan panel surya
  • Efisiensi reflektansi
  • Efisiensi termodinamika
Baca Juga:  Mengenal Micro-inverter untuk Panel Surya

Monokristalin vs. polikristalin mengacu pada susunan sel surya di setiap jenis panel. Monocrystalline mengacu pada sel surya yang dipotong dari satu sumber silikon sebagai lawan dari sel surya polikristalin yang terdiri dari banyak kristal silikon yang dilebur bersama.

Panel monokristalin cenderung lebih efisien karena komposisinya yang seragam. Selain itu, mereka cenderung mencapai kinerja yang unggul dalam kondisi yang kurang optimal seperti panas tinggi dan cahaya rendah. Hampir semua panel perumahan saat ini adalah monokristalin. Panel polikristalin biasanya kurang efisien karena komposisinya yang lebih terfragmentasi. Akibatnya, panel ini cenderung lebih murah daripada panel monokristalin yang lebih efisien.

Efisiensi reflektansi ditentukan oleh seberapa banyak sinar matahari yang dipantulkan kembali bukannya diserap dan dimanfaatkan. Semakin sedikit refleksi dalam sel surya, semakin baik. Kaca, salah satu komponen terpenting dari panel surya, memantulkan sebagian kecil cahaya yang jatuh di atasnya.

Baca Juga:  Solar charge controller (SCC), Dasar-dasar Battery charge regulator (BCR)

Ada cara untuk mengurangi reflektansi, seperti pelapis anti-reflektif yang digunakan hampir semua panel surya di pasaran saat ini.

Efisiensi termodinamika adalah efisiensi maksimum yang mungkin. Ini adalah ketinggian di mana energi matahari dapat diubah menjadi listrik. Angka ini tepat sekitar 86 persen, batas efisiensi termodinamika.

Cara foton berinteraksi dengan sel surya, mereka hanya dapat menghasilkan listrik dari energi matahari sampai titik tertentu. Setelah titik itu (86 persen) energi panas, atau panas, tercipta.

Salah satu cara untuk meningkatkan efisiensi termodinamika adalah dengan membangun sel surya multi-junction atau tandem. Ini meningkatkan efisiensi dengan membagi spektrum matahari menjadi area yang lebih kecil, yang meningkatkan batas efisiensi untuk setiap bagian.

 

Faktor Lingkungan yang Mempengaruhi Efisiensi Solar Cell

Naungan dari bangunan dan pohon terdekat adalah salah satu faktor terbesar yang mempengaruhi efisiensi panel surya. Jika Anda berurusan dengan naungan dari bangunan terdekat, Anda mungkin memiliki pilihan untuk memasang kanopi surya untuk memposisikan ulang panel untuk menerima lebih banyak sinar matahari langsung.

Baca Juga:  Mengenal Hybrid sistem panel surya, solusi listrik murah untuk rumah tangga.

Pohon seringkali dapat dipangkas atau bahkan dihilangkan untuk meningkatkan radiasi dari susunan surya. Meskipun menebang pohon mungkin tampak berlawanan dengan dampak positif lingkungan dari memasang solar, ingatlah bahwa penyeimbangan CO2 yang akan dicapai tata surya Anda akan jauh melebihi kemampuan menyerap karbon dari satu pohon itu!

Penting ketika menggunakan Solar untuk memastikan bahwa siapa pun yang merancang sistem Anda menggunakan perangkat lunak yang memadai atau metode lain untuk memodelkan dan mengukur bayangan secara akurat. Aurora, misalnya, adalah perangkat lunak pemodelan premium yang secara akurat memperhitungkan semua faktor lingkungan yang relevan saat merancang sistem.

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker